UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Allusion

ISSN 2301-5829

Vol. 7 / No. 5 / Published : 2018-10

Order : 6, and page :71 - 78

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Hubungan antara persepsi terhadap peer pressure dengan perundungan remaja awal di sekolah

Author :

  1. Dewi Catur Winarni*1
  2. Primatia Yogi Wulandari*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Salah satu tugas perkembangan remaja terkait aspek sosioemosional adalah keinginan yang tinggi untuk bersama teman sebayanya (peers). Intensitas tinggi bersama peers memunculkan peer group. Interaksi dalam peer group tidak jarang memberikan pressure kepada individu. Peer pressure yang diterima individu membuat remaja akan melakukan perilaku sesuai dengan norma kelompok. Perilaku yang muncul dari peer pressure didominasi oleh perilaku negatif, antara lain perundungan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap peer pressure dengan perundungan remaja awal di sekolah. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 104 remaja berusia 12-15 tahun. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Perception of Peer Pressure Scale (PPPS) dan skala perundungan yang disusun oleh peneliti. Hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik Pearson Correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi terhadap peer pressure dengan perundungan pada remaja awal dengan taraf signifikansi sebesar 0,00 dan koefisien korelasi sebesar 0,732 yang berarti hubungan yang ada bersifat positif dan kuat.

Keyword :

perundungan, remaja awal, tekanan kelompok teman sebaya,


References :

Thornberg, R. (2010). SchoolChildren's social representations on bullying causes. Journal of Department of Behavioral Sciences and Learning : Psychology in the School, Vol. 47.





Archive Article

Cover Media Content

Volume : / No. : / Pub. :