UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

AntroUnairDotNet

ISSN 2303-3053

Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-02

Order : 3, and page :137 - 146

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Aktivitas game online siswa sd (kelas 3-6) (studi deskriptif di warnet kelurahan gunung anyar kota surabaya)

Author :

  1. Khikmiyah Hanum*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Abstrak Game online merupakan salah satu jenis permainan yang memiliki pemain dari kalangan anak-anak dengan jumlah cukup besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan dan aktivitas apa saja yang dilakukan siswa SD kelas 3 sampai 6 di kelurahan Gunung Anyar, Kota Surabaya, Jawa Timur,selama bermain game online. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan 10 informan, terdiri dari 6 orang siswa SD kelas 3 sampai 6, 2 orang tua siswa SD yang bermain game online, dan 2 orang penjaga warnet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak Sekolah dasar  di Kelurahan Gunung Anyar yang memiliki kebiasaan bermain game online mengenal game online dari teman dan media sosial. Sementara itu pilihan waktu dalam bermain game onlineadalah ketika ada waktu luang dan jika ada teman yang mengajak dengan frekuensi bermain antara dua hingga tujuh hari dalam seminggu dan durasi antara satu hingga tiga jam. Aktivitas lain yang dilakukan oleh anak-anak selama bermain game online adalah chatting. Biaya yang dikeluarkan untuk bermain game online antara lain biaya untuk akses internet di warnet dan biaya untuk nge-case.   Kata kunci: game online, alasan bermain, aktivitas online, siswa SD     Abstract Online Games is one of the games which have players from among the children with aquite large amount. This study aims to determine there a sons and what activities are carried out elementary school students in grades 3 through in the Gunung Anyar village, Surabaya, East Java, during playing online games. This study used a qualitative research type with observation and interviews. This study uses 10 informants, consisting of 6 elementary school students in grades 3 through 6, 2  parents of elementary school students who play online games, and 2 guards cafe. The results of this study showed that primary school children in the village of Mount Anyar who have a habit of playing online games online games know from friends and social media. While the choice of time in playing online games is when there is free time and if there are friends who invite the frequency of play between two and seven days a week and duration of between one to three hours. Other activities which done by the children during playing online games is the chat. Costs incurred to play online games, among others charge for internet access in the café and the cost for jamming case.   Keywords: online games, reasons for play, online activities, elementary students

Keyword :

game online, alasan bermain, aktivitas online, siswa SD,


References :

Nuryanti, Lusi,(2008) Psikologi Anak Vol.IV/No.2/Juli 2015, hal 146 : PT Indeks





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-02
  1. Antropologi Dunia Maya Studi Deskriptif Mengenai Fungsi Forum Jual Beli (fjb) Kaskus Bagi Pengguna
  2. Konstruksi Sosial Tentang Lesbian (studi Deskriptif Eksistensi Lesbian Di Royal Plaza)
  3. Aktivitas Game Online Siswa Sd (kelas 3-6) (studi Deskriptif Di Warnet Kelurahan Gunung Anyar Kota Surabaya)
  4. Sengketa Warga Plumpang Pasca Keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara (ptun) Surabaya Di Dusun Plumpang Desa Penambangan Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo
  5. Game Online Sebagai Pola Perilaku (studi Deskriptif Tentang Interaksi Sosial Gamers Clash Of Clans Pada Clan Indo Spirit)
  6. Jengges (studi Deskriptif Praktik Dukun Santet Di Desa Pojok Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung)
  7. Eksistensi Wayang Orang (studi Deskriptif Eksistensi Kelompok Wayang Orang Sriwedari Surakarta, Di Surakarta)
  8. Pedagang Kaki Lima Di Lingkungan Masjid Al Akbar Surabaya (strategi Adaptasi Pkl Anggota Paguyuban Pkl Makmur Pagesangan Untuk Tetap Berjualan Di Lingkungan Masjid Al Akbar Surabaya)
  9. Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga