AntroUnairDotNet
ISSN 2303-3053
Vol. 8 / No. 3 / Published : 2019-10
Order : 9, and page :422 - 433
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Belajar sambil lalu dan belajar formal lulusan cum laude fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas airlangga
Author :
- Muhammad Naufal Randhika Putra *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Proses belajar lulusan cum laude S1, S2 dan S3 merupakan fenomena yang menarikuntuk di teliti lebih mendalam, Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana prosesbelajar lulusan cum laude. Lokasi penelitian di FISIP UNAIR, lingkungan rumah dan kosanmahasiswa lulusan cum laude. Metode penelitian yang digunakan adalah metode danpendekatan etnografi. Informan yang diwawancarai ada 8 informan. Penggalian data jugadiperoleh dengan observasi aktivitas mahasiswa S1 ketika kuliah dan dokumentasi digunakansebagai pelengkap. Data kualitatif ditranskrip, dikategorikan dan dianalisis dengan teori.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses belajar formal lulusan cum laude S1, S2, S3ketika di kelas adalah disiplin dan aktif mendengar, mencatat, membaca materi, mengulangdan menghafal materi, bertanya, merekam, meminta PowerPoint, lebih memiliki nilaikesiapan ketika ujian. Lulusan cum laude S1 memiliki target IP/Indeks Prestasi danSKS/Sistem Kredit Semester, tetapi lulusan cum laude S2 dan S3 tidak memiliki target IP danSKS. Cara mengerjakan tugas lulusan cum laude ketika kuliah berbeda, ada yang mendekatideadline dan jauh dari deadline. Adanya Ruang Baca dan Galeri FISIP, PerpustakaanKampus B menunjang proses pembelajaran formal. Lingkungan FISIP memiliki jugapengaruh terhadap proses belajar formal lulusan cum laude ketika kuliah. Proses belajarformal dan sambil lalu yaitu keikutsertaan organisasi, diskusi, seminar dan konferensi.Lulusan cum laude juga mengalami proses belajar sambil lalu dari pengaruh lingkungankeluarga, teman dan penggunaan gadget.
Keyword :
Proses Belajar, Lulusan Cum Laude, Belajar Formal dan Sambil Lalu, Lingkungan Keluarga, Penggunaan Gadget,
References :
Wawan Wahyuddin,(2016) “Gaya Belajar Mahasiswa (Studi Lapangan di Program Pascasarjana IAIN ‘SMH’ Banten).” Vol.33 No.1 (Janiari-Juni 2016). : IAIN,
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
Volume : 8 / No. : 3 / Pub. : 2019-10 |
|