UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

AntroUnairDotNet

ISSN 2303-3053

Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-10

Order : 3, and page :26 - 36

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Bonek malang raya (studi deskriptif dalam perspektif strategi adaptasi)

Author :

  1. Fitra Wardhana*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Abstrak Perkembangan sepakbola di Indonesia sangat pesat, demikian juga dengan perkembangan supporter yang mengikuti tim-tim kesayangannya. Diantara begitu banyak supporter, kelompok supporter Bonek yang merupakan pendukung Persebaya dan Aremania yang merupakan pendukung Arema Indonesia sangat menarik perhatian peneliti. Perselisihan keduanya seakan-akan seperti air dan minyak yang tidak akan pernah dapat bersatu, dan akan selalu berlawanan. Kedua kelompok supporter ini memiliki fanatisme yang tinggi terhadap tim kesayangannya. Namun hal luar biasa terjadi, yaitu munculnya kelompok suporter Persebaya di Kota Malang, yaitu Bonek Malang Raya (BMR). Peneliti sangat tertarik untuk mengetahui latar belakang berdirinya BMR serta strategi yang mereka lakukan untuk dapat terus bertahan bahkan berkembang di kota lawan tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif yang menggunakan metode wawancara dan observasi sebagai metode utama. Data-data yang didapatkan akan dianalisis dengan menggunakan teori fanatisme, dan teori strategi adaptasi. Data yang diperoleh selama penelitian di lokasi akan diuraikan dengan teori tersebut. Dari hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa berdirinya BMR ini didasari oleh fanatisme yang ada pada bonek, bahkan oleh mereka yang berada atau tinggal di Kota Malang yang merupakan kota lawan abadi Persebaya. Selain itu, faktor sejarah juga menjadi penyebab mereka menjadi bonek, yaitu faktor dari keluarga. Penelitian juga mengemukaan bahwa BMR memiliki beberapa strategi adaptasi yaitu, selektif terhadap calon anggota, menggunakan pesan singkat dalam berkomunikasi, tidak bergerombol saat menyaksikan Persebaya bertanding, menutupi atribut yang dipakai saat berangkat menonton pertandingan, dan basecamp selalu berpindah-pindah tempat.   Kata Kunci : Bonek, Bonek Malang Raya, BMR, strategi adaptasi   Abstract Soccer in Indonesia developed very fast, also following with the development of the supporter group. among so many supporter group, Bonek which is Persebaya supporter and Aremania wich is Arema Indonesia supporter very interesting for researcher attention. the conflict between them just like water and oil that never be unite, and always be opposite. both supporter group have high fanaticism within their favorite group. but unusual thing, it was appearance of Persebaya supporter group in Malang, which is Bonek Malang Raya (BMR).  Researcher very interested to know the background of BMR appearance also the strategic that they do to keep survive even develop in their opponent city. This is a descriptive-qualitative research which use interview and observation as main method. collected data will be analyze using fanaticism theory, and adaptation strategy theory. collected data during the research in location will be explain with the following theory. From the result and analyzed data, could be conclude that the establishing of BMR was found by bonek fanaticism, even by them that live in Malang, which is Persebaya’s arch opponent. besides that the history also explain that BMR had many adaptation strategies which is selective on member recruitment, use short messages for communication, didn’t made crowd while watching Persebaya match, cover worn attribute when watching match and nomaden basecamp.   keywords: Bonek, Bonek Malang Raya, BMR, adaptation strategy       

Keyword :

Bonek , Bonek Malang Raya, BMR, strategi adaptasi,


References :

Ahimsa, Heddy Shri,(2003) Ekonomi Moral, Rasional dan Politik Dalam Industri Kecil di Jawa, Esei-esei Antropologi Ekonomi. Yogyakarta : Kepel Press.

Moleong, Lexy J,(2005) Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Simarmata, Rabanta,(2009) Strategi Adaptasi Petani Jeruk Pada Saat Pra Panen Raya dan saat Panen Raya, : Medan : Departemen Sosiologi FISIP USU.





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-10
  1. Gratifikasi Syahwat (studi Deskriptif Tentang Fenomena Sales Promotion Girls Sebagai Objek Gratifikasi Syahwat Di Surabaya)
  2. Profil Penderita Kusta: Studi Pengetahuan Dan Penyembuhan Penyakit Kusta Di Desa Curah Tatal Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo
  3. Bonek Malang Raya (studi Deskriptif Dalam Perspektif Strategi Adaptasi)
  4. Komunitas Motor Honda Cb (studi Deskriptif Di Kota Surabaya – Jawa Timur)
  5. Budaya Perusahaan Rumah Sakit Universitas Airlangga
  6. Tinggi Wajah, Panjang Dan Tinggi Kepala Berkorelasi Secara Positif Dengan Tinggi Badan Manusia
  7. Cara Pengasuhan Anak ( Studi Deskriptif Masyarakat Nelayan Di Kelurahan Kingking, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban)
  8. Variasi Ukuran Konstitusi Tubuh Atlet Renang Berdasarkan Gaya Berenang
  9. Perbandingan Morfologi Femur Populasi Prasejarah Pesisir Dan Pegunungan (studi Osteologi Femur Rangka Manusia Populasi Prasejarah Situs Plawangan, Gilimanuk, Lewoleba, Liang Bua, Liang Toge )
  10. Pengusaha Batik Tulis Kain Gedog Tuban (studi Deskriptif Strategi Adaptasi Pengusaha Dalam Mengembangkan Batik Tulis Kain Gedog Ud. Melati Mekar Mandiri Desa Margorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban)