AntroUnairDotNet
ISSN 2303-3053
Vol. 5 / No. 3 / Published : 2016-03
Order : 18, and page :611 - 621
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Fungsi perkumpulan pemuda jong situbondo dalam mengenalkan dunia perguruan tinggi pada siswa-siswi sma/smk/ma di kabupaten situbondo
Author :
- Husnul Khotimah*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Abstrak Salah satu masalah pendidikan di Kabupaten Situbondo adalah rendahnya lulusan Sekolah Menengah Atas dan sederajat yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hal tersebut menjadi salah pendorong Jong Situbondo untuk memberikan informasi mengenai dunia perguruan tinggi dan meningkatkan minat siswa SMA di Siubondo supaya melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.Artikel ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan fungsi Perkumpulan Pemuda Jong Situbondo dalam mengenalkan dunia perguruan tinggi kepada siswa-siswi SMA/SMK/MA di Kabupaten Situbondo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan teknik observasi (pengamatan), wawancara dan bahan dokumen dan dokumentasi pada subyek penelitian dengan teori fungsional dari Malinowski. Hasil penelitian adalah tiga fungsi Perkumpulan Pemuda Jong Situbondo dalam mengenalkan dunia perguruan tinggi pada siswa-siswi SMA/SMK/MA di Kabupaten Situbondo, yaitu a) fungsi partisipasi, b) fungsi sosialisasi, c) fungsi motivasi. Perkumpulan Pemuda Jong Situbondo melakukan empat jenis bentuk kegiatan yang dikemas dalam acara Festival Pendidikan Situbondo dalam memberikan informasi pendidikan tinggi di kalangan siswa-siswi SMA/SMK/MA di Kabupaten Situbondo diantaranya yaitu a) Simulasi SBMPTN, b) Pameran Universitas, c) Seminar Pendidikan, dan d) Roadshow Universitas. Seluruh rangkaian kegiatan tersebut memiliki fungsi untuk mengenalkan dan memberikan informasi tentang dunia perguruan tinggi kepada siswa-siswi SMA/SMK/MA, guru, maupun orang tua. Kata kunci: Jong Situbondo, motivasi, partisipasi, sosialisasi Abstract One of the problems of education in Situbondo regency is still a lot of high school students in Situbondo who do not continue their education to pursue higher education. The purpose of this study was to description the form of function and hinder participation activities undertaken by Jong Situbondo to introduce the world's universities to the students of SMA / SMK / MA in Situbondo. To achieve the desired goal, researchers used multiple phases by using descriptive qualitative approach method. The data was collected by using three techniques respectievely observation, interviews, and material documents and documentation. The last step was analyzing the forms of participation of youth associations in introducing the world Jong Situbondo Higher Education to students of SMA / SMK / MA in Situbondo with Functional Theory of Malinowski.This study found that the three functions of the Association of Youth Jong Situbondo in introducing the world's universities among students of SMA / SMK / MA in Situbondo among which hold participation function, socialization function, and motivation function. Youth Association Jong Situbondo have four kinds of forms of participation in providing information on higher education among students of SMA / SMK / MA in Situbondo among which hold SBMPTN Simulation, University Exhibition, Seminar of Education, and the University Roadshow. The entire series have a function to introduce and provide information about the world of higher education to students of SMA / SMK / MA, teachers, and parents. Keywords: Jong Situbondo, motivation, partisipation, socialization
Keyword :
Jong Situbondo, motivasi, partisipasi, , sosialisasi,
References :
Adi, Isbandi Rukminto,(2007) Perencanaan Partisipatoris Berbasis Aset Komunitas: Dari Pemikiran Menuju Penerapan. AntroUnairdotNet, Vol.V/No.3/Oktober 2016, hal 621 : Depok: FISIP UI Press
Koentjaraningrat,(1987) Sejarah Teori Antropologi I. AntroUnairdotNet, Vol.V/No.3/Oktober 2016, hal 621 : Jakarta: UI-Press
Moleong, Lexy J.,(2004) Metodelogi Penelitian Kualitatif. AntroUnairdotNet, Vol.V/No.3/Oktober 2016, hal 621 : Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sardiman, A.,(2006) Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar AntroUnairdotNet, Vol.V/No.3/Oktober 2016, hal 621 : Jakarta: Grafindo
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 5 / No. : 3 / Pub. : 2016-03 |
|