UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

AntroUnairDotNet

ISSN 2303-3053

Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-02

Order : 5, and page :154 - 163

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Game online sebagai pola perilaku (studi deskriptif tentang interaksi sosial gamers clash of clans pada clan indo spirit)

Author :

  1. Syahrul Perdana Kusumawardani*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Abstrak Clash of Clans merupakan salah satu permainan yang saat ini popular dikalangan para pecinta gadget. Clan INDO SPIRIT merupakan bagian dari permainan Clash of Clans, yang mana dalam pembentukan clan ini, Ciesy Bima sebagai orang yang mendirikan clan INDO SPIRIT merasa tidak nyaman dengan clan sebelumnya. Dengan berdirinya clan INDO SPIRIT ini, Ciesy Bima berharap dapat membuat clan yang solid dan saling percaya antar anggotanya, sehingga pemilihan anggota dari teman terdekat dapat menigkatkan kepercayaan antar anggota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipasi dan wawancara. Peneliti melakukan analisa dengan menggunakan metode analisis kualitatif yang membahas tentang interaksi sosial gamers Clash of Clans pada clan INDO SPIRIT. Berdasarkan penelitian ini akhirnya dapat diketahui bagaimana interaksi sosial yang ada diantara anggota clan INDO SPIRIT. Pola perilaku yang timbul dari para pemain game Clash of Clans pada clan INDO SPIRIT adalah terjadinya perubahan gaya hidup. Penggunaan waktu untuk bermain game online dengan tidak mengenal waktu bahkan tempat dan hal tersebut dilakukan secara terus-menerus dan berulang. Sedangkan dalam hubungan antar anggota, proses kontak sosial atau yang bisa disebut dengan interaksi sosial memiliki dua jenis interaksi. Pertama interaksi bersifat asosiatif yang mana interaksi yang dilakukan pemain Clash of Clans pada kesatuan antar individu atau kelompok untuk mencapai tujuan tertentu. Kedua interaksi bersifat disosiatif yang menghasilkan hubungan sosial dalam bentuk persaingan (competion), kontravesi (contravention), dan pertikaian (conflict).   Kata Kunci: Clash of Clans, INDO SPIRIT, Pola Perilaku, Interaksi Sosial     Abstract Clash of the Clans is one kind of games that currently popular among gadget lovers. Clan INDO SPIRIT is part of Clash of Clans, when created by Ciesy Bima as founder this clan, he is feeling uncomfortable with the previous clan. In establishing this clan, Ciesy Burma hopes to create a solid clan and mutual trust among these members, the members could select from closest friends so that can increase trust between members. The method used in this study is participatory observation and interviews. this study analysis with qualitative analysis method that discusses social interaction gamers Clash of Clans at INDO clan SPIRIT. Based on this study could be known how social interaction among members of clan INDO SPIRIT. Patterns of behavior arise from the players Clash of Clans at INDO clan SPIRIT are a change of their lifestyle. Spend time playing online games with no time, even recognize the place and it is carried out continuously and repeatedly. the relationship between members, the process of social contact or can be called the social interaction has two types of interaction. The first interaction is associative interaction of players Clash of Clans on the unity between individuals or groups to achieve certain goals. The second interactions are dissociation that produces social relations in the form of competition, contravention, and contention.   Keywords: Clash of Clans, INDO SPIRIT, Pattern of Behavior, Social Interaction

Keyword :

Clash of Clans, INDO SPIRIT, Pola Perilaku, Interaksi Sosial,


References :

Chaney, David,(1996) Life Style: Sebuah Pengantar Komprehensif Vol.IV/No.2/Juli 2015, hal 163 : Jalasutra

Moleong, Lexy. J,(2001) Metodologi Penelitian Kualitatif Vol.IV/No.2/Juli 2015, hal 163 : Remaja Rosdakarya

Setiadi, M. Elly ,(2006) Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Vol.IV/No.2/Juli 2015, hal 163 : Kencana





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-02
  1. Antropologi Dunia Maya Studi Deskriptif Mengenai Fungsi Forum Jual Beli (fjb) Kaskus Bagi Pengguna
  2. Konstruksi Sosial Tentang Lesbian (studi Deskriptif Eksistensi Lesbian Di Royal Plaza)
  3. Aktivitas Game Online Siswa Sd (kelas 3-6) (studi Deskriptif Di Warnet Kelurahan Gunung Anyar Kota Surabaya)
  4. Sengketa Warga Plumpang Pasca Keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara (ptun) Surabaya Di Dusun Plumpang Desa Penambangan Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo
  5. Game Online Sebagai Pola Perilaku (studi Deskriptif Tentang Interaksi Sosial Gamers Clash Of Clans Pada Clan Indo Spirit)
  6. Jengges (studi Deskriptif Praktik Dukun Santet Di Desa Pojok Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung)
  7. Eksistensi Wayang Orang (studi Deskriptif Eksistensi Kelompok Wayang Orang Sriwedari Surakarta, Di Surakarta)
  8. Pedagang Kaki Lima Di Lingkungan Masjid Al Akbar Surabaya (strategi Adaptasi Pkl Anggota Paguyuban Pkl Makmur Pagesangan Untuk Tetap Berjualan Di Lingkungan Masjid Al Akbar Surabaya)
  9. Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga