AntroUnairDotNet
ISSN 2303-3053
Vol. 5 / No. 3 / Published : 2016-03
Order : 15, and page :576 - 587
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Hubungan antara kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar siswa sdn sawahan i/340 surabaya
Author :
- Fahrul Rahma*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Abstrak Belajar merupakan unsur yang sangat mendasar dalam proses belajar mengajar, dan dalam belajar tersebut mutlak dibutuhkan konsentrasi belajar. Konsentrasi belajar ikut serta dalam menentukan prestasi belajar. Pada usia sekolah banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, salah satunya adalah masalah kecukupan gizi. Cara memperbaiki masalah kecukupan gizi anak sekolah agar prestasi belajar tidak terganggu, dapat dilakukan dengan cara memperbaiki pola makan di keluarga. Salah satunya dengan menekankan kebiasaan sarapan pagi. Sarapan pagi memberikan 13 % kontribusi pada gizi seimbang, sehingga dapat membantu meningkatkan kinerja otak dalam mengingat dan menangkap materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan dan menjelaskan ada tidaknya hubungan antara sarapan pagi dengan prestasi belajar siswa-siswi kelas IV , SDN Sawahan I/340 Surabaya. Penelitian ini bersifat penjelasan dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan analisis nutrisi survey. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara dengan menggunakan kuesioner. Sampel pada penelitian ini berjumlah 66, terdiri dari 36 laki-laki dan 30 perempuan yang nantinya akan dibedakan berdasarkan jenis kelamin. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan antara (i) ekonomi keluarga dengan kebiasaan sarapan pagi dan (2) kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar. Kata kunci : ekonomi keluarga, sarapan pagi, prestasi belajar, anak sekolah dasar. Abstract Learning is a fundamental element in the learning process, and it absolutely requires learning concentration. Learning concentration takes part in determining the learning achievement. At school age, many factors influence learning achievement, one of which is nutritional adequacy issues. In order to fix the nutritional adequacy issue of the students that learning achievement is not disturbed, it can be carried out by improving the dietary habit in the family. One of them is by emphasizing the habit of breakfast. Breakfast provides 13% contribution to a balanced nutrition, as a result it is able to assist the performance of the brain in memorizing and comprehending the course materials. The purpose of this study was to demonstrate and elucidate the relationship between breakfast and students’ academic achievement of class IV, SDN Sawahan I / 340 Surabaya. This study was an explanation by using descriptive statistics method and analysis of nutrition survey. The data collection in this study was conducted by observing and interviewing by using questionnaires. The samples in this study were 66, they consisted of 36 men and 30 women who would be segregated by sex. The data analysis in this study was descriptive analysis. The result indicated that there was a significant relationship between (1) family economics with breakfast habit and (2) breakfast habit with academic achievement. Keywords: academic achievement, breakfast, elementary school students, family economics.
Keyword :
ekonomi keluarga, sarapan pagi, prestasi belajar, anak sekolah dasar,
References :
Khomsan, A., ,(2010) Pangan dan Gizi untuk Kesehatan AntroUnairdotNet, Vol.V/No.3/Oktober 2016, hal 587 : Gramedia Pusaka Utama
Purwanto, M.N.,(2007) Psikologi Pendidikan. AntroUnairdotNet, Vol.V/No.3/Oktober 2016, hal 587 : Bandung: Remaja Rosda Karya
Slameto,(2003) Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. AntroUnairdotNet, Vol.V/No.3/Oktober 2016, hal 587 : Jakarta: Rineka Cipta
Soekanto, S.,(2001) Sosiologi : Suatu Pengantar. AntroUnairdotNet, Vol.V/No.3/Oktober 2016, hal 587 : Jakarta : Grafindo Persada
Sugiyono,(2010) Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. AntroUnairdotNet, Vol.V/No.3/Oktober 2016, hal 587 : Bandung: Alfabeta
Tirtaharardja, U. & Sulo,,(2000) Pengantar Pendidikan AntroUnairdotNet, Vol.V/No.3/Oktober 2016, hal 587 : Jakarta: Rineka Cipta
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 5 / No. : 3 / Pub. : 2016-03 |
|