UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

AntroUnairDotNet

ISSN 2303-3053

Vol. 5 / No. 3 / Published : 2016-03

Order : 15, and page :576 - 587

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Hubungan antara kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar siswa sdn sawahan i/340 surabaya

Author :

  1. Fahrul Rahma*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Abstrak Belajar merupakan unsur yang sangat mendasar dalam proses belajar mengajar, dan dalam belajar tersebut mutlak dibutuhkan konsentrasi belajar. Konsentrasi belajar ikut serta dalam menentukan prestasi belajar. Pada usia sekolah banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, salah satunya adalah masalah kecukupan gizi. Cara memperbaiki masalah kecukupan gizi anak sekolah agar prestasi belajar tidak terganggu, dapat dilakukan dengan cara memperbaiki  pola makan di keluarga. Salah satunya dengan menekankan kebiasaan sarapan pagi. Sarapan pagi memberikan 13 % kontribusi pada gizi seimbang, sehingga dapat membantu  meningkatkan kinerja otak dalam  mengingat dan menangkap materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan dan menjelaskan ada tidaknya hubungan antara sarapan pagi dengan prestasi belajar siswa-siswi kelas IV , SDN Sawahan I/340 Surabaya. Penelitian ini bersifat penjelasan dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan analisis nutrisi survey. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara dengan menggunakan kuesioner. Sampel pada penelitian  ini berjumlah  66, terdiri dari 36 laki-laki dan 30 perempuan yang nantinya akan dibedakan berdasarkan jenis kelamin. Analisis data pada penelitian  ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan antara (i) ekonomi keluarga dengan kebiasaan sarapan pagi dan (2) kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar. Kata kunci : ekonomi keluarga, sarapan pagi, prestasi belajar, anak sekolah dasar.     Abstract Learning is a fundamental element in the learning process, and it absolutely requires learning concentration. Learning concentration takes part in determining the learning achievement. At school age, many factors influence learning achievement, one of which is nutritional adequacy issues. In order to fix the nutritional adequacy issue of the students that learning achievement is not disturbed, it can be carried out by improving the dietary habit in the family. One of them is by emphasizing the habit of breakfast. Breakfast provides 13% contribution to a balanced nutrition, as a result it is able to assist the performance of the brain in memorizing and comprehending the course materials. The purpose of this study was to demonstrate and elucidate the relationship between breakfast and students’ academic achievement of class IV, SDN Sawahan I / 340 Surabaya. This study was an explanation by using descriptive statistics method and analysis of nutrition survey. The data collection in this study was conducted by observing and interviewing by using questionnaires. The samples in this study were 66, they consisted of 36 men and 30 women who would be segregated by sex. The data analysis in this study was descriptive analysis. The result indicated that there was a significant relationship between (1) family economics with breakfast habit and (2) breakfast habit with academic achievement.   Keywords: academic achievement, breakfast, elementary school students, family economics.

Keyword :

ekonomi keluarga, sarapan pagi, prestasi belajar, anak sekolah dasar,


References :

Khomsan, A., ,(2010) Pangan dan Gizi untuk Kesehatan AntroUnairdotNet, Vol.V/No.3/Oktober 2016, hal 587 : Gramedia Pusaka Utama

Purwanto, M.N.,(2007) Psikologi Pendidikan. AntroUnairdotNet, Vol.V/No.3/Oktober 2016, hal 587 : Bandung: Remaja Rosda Karya

Slameto,(2003) Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. AntroUnairdotNet, Vol.V/No.3/Oktober 2016, hal 587 : Jakarta: Rineka Cipta

Soekanto, S.,(2001) Sosiologi : Suatu Pengantar. AntroUnairdotNet, Vol.V/No.3/Oktober 2016, hal 587 : Jakarta : Grafindo Persada

Sugiyono,(2010) Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. AntroUnairdotNet, Vol.V/No.3/Oktober 2016, hal 587 : Bandung: Alfabeta

Tirtaharardja, U. & Sulo,,(2000) Pengantar Pendidikan AntroUnairdotNet, Vol.V/No.3/Oktober 2016, hal 587 : Jakarta: Rineka Cipta





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 3 / Pub. : 2016-03
  1. Makna Kesenian Sandur Ronggo Budoyo Bagi Masyarakat Tuban
  2. Dinamika Adaptif Masyarakat Wonorejo Terkait Ekowisata Mangrove Wonorejo Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya
  3. Distribusi Golongan Darah Ab0 Pada Masyarakat Tengger
  4. Penerapan Tata Tertib Sebagai Pendidikan Karakter Pada Santriwati Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Sukoharjo
  5. Makna Sendang Made Bagi Masyarakat Desa Made Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang
  6. Kegiatan Pendidikan Anak Nelayan Kelas 5 Dan 6 Di Mi Kh. Romly Tamim
  7. Peran Perempuan Anggota Kampung Unggulan Kue Penjaringansari, Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Di Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya
  8. Transformasi Produk Seni Visual Pada Komunitas Visual Jalanan Di Kota Surabaya
  9. Dinamika Adaptif Penggunaan Smartphone Mahasiswa Fisip Universitas Airlangga Di Kota Surabaya
  10. Konstruksi Cara Kerja Konsultan Di Kota Surabaya
  11. Pengelolaan Partisipasi, Potensi, Dan City Branding Sebagai Upaya Pengembangan Industri Pariwisata Di Kota Surabaya
  12. Adaptasi Pemuda Petani Tembakau Pada Musim Kemarau Dan Hujan Di Dusun Tattat, Desa Patarongan, Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang
  13. Makna Pada Bangunan Pagoda Tian Ti Di Kenpark, Surabaya
  14. Fungsi Perkumpulan Marga Simatupang Di Surabaya Bagi Para Anggotanya
  15. Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Prestasi Belajar Siswa Sdn Sawahan I/340 Surabaya
  16. Upaya Pelestarian Bangunan Cagar Budaya Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya
  17. Pola Kerja Pedagang Nasi Boran Di Kabupaten Lamongan Dalam Perspektif Ekonomi Moral Dan Rasional
  18. Fungsi Perkumpulan Pemuda Jong Situbondo Dalam Mengenalkan Dunia Perguruan Tinggi Pada Siswa-siswi Sma/smk/ma Di Kabupaten Situbondo
  19. Derajat Erupsi Gigi Anak Usia 7 Tahun Pada Etnis Arab Di Sd Al Irsyad Surabaya