AntroUnairDotNet
ISSN 2303-3053
Vol. 8 / No. 2 / Published : 2019-07
Order : 7, and page :208 - 218
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Konsep kecantikan dan pemanfaatan produk kosmetik wajah pada mahasiswi surabaya
Author :
- Julinar Cherish Wiharsari *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Penelitian ini menguraikan tentang konsep kecantikan pada mahasiswi Surabaya terkait denganpemanfaatan produk kosmetik wajah, yang dimaknai sebagai usaha untuk menjadi cantik. Penelitimenggunakan teori Mitos Kecantikan yang dikemukakan oleh Naomi Wolf (1990) untukmenganalisis hasil temuan data. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipedeskriptif. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan obeservasi.Peneliti memilih 8 informan dari universitas yang berbeda-beda dengan kriteria: (1) mahasiswiSurabaya, (2) berusia 20 – 26 tahun, (3) memanfaatkan produk kosmetik wajah pada saat berkuliahmaupun saat melakukan aktivitas lain di luar perkuliahan. Penelitian ini dilakukan di Surabaya. Hasiltemuan data menunjukkan bahwa untuk mendapatkan kecantikan yang didambakan, mahasiswiSurabaya melakukan perawatan wajah dengan memanfaatkan produk kosmetik wajah. Mahasiswijuga melihat dan meniru inspirator kecantikan sebagai panutan dalam menunjang penampilannya.Dari hasil temuan data, dapat disimpulkan bahwa konsep kecantikan tidak dapat lepas daripemanfaatan produk kosmetik wajah. Mahasiswi memaknai konsep kecantikan dengan melihatinspirator kecantikan. Inspirator tersebut menjadi representasi mitos kecantikan bagi mahasiswi.Usaha yang dilakukan mahasiswi Surabaya untuk mendapatkan kecantikan yang dianggap sempurnaadalah meniru apa yang dilakukan inspirator kecantikan dan memanfaatkan produk kosmetik wajah.
Keyword :
Konsep Kecantikan, Produk Kosmetik Wajah,
References :
L. Ayu Saraswati,(2013) Putih: Warna Kulit, Ras, dan Kecantikan di Indonesia Transnasional. - : Tangerang Selatan: CV. Marjin Kiri
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 8 / No. : 2 / Pub. : 2019-07 |
|