Catalog :




Detail Article

AntroUnairDotNet

ISSN 2303-3053

Vol. 5 / No. 2 / Published : 2016-02

TOC : 10, and page :278 - 287

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Pembelajaran bahasa jawa dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari pada murid sekolah dasar kelas satu dan kelas dua dari suku bangsa madura di sekolah dasar negeri pegirian i/47, jl. wonosari i/16, kecamatan semampir, kota surabaya

Author :

  1. Eliana*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Abstrak Pembelajaran Bahasa Jawa di SD Negeri Pegirian I/47 menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, dan Bahasa Madura, karena latar belakang murid berasal dari Suku Bangsa Madura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Bahasa Jawa dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari pada murid SD kelas satu dan dua dari Suku Bangsa Madura. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui: (1) observasi, mengamati proses pembelajaran Bahasa Jawa yang berlangsung di kelas satu dan kelas dua, serta implementasi dari pembelajaran Bahasa Jawa di lingkungan sekolah dan keluarga, (2) wawancara mendalam. Data dianalisis dengan menggunakan teori belajar. Hasil yang diperoleh dari pembelajaran Bahasa Jawa antara lain model belajar pengenalan bahasa, santai, serius, tegas, berpedoman pada buku di perpustakaan, teknik ceramah, diskusi, menulis, dan fleksibel. Implementasi pembelajaran Bahasa Jawa antara murid satu dengan yang lainnya berbeda, karena dipengaruhi oleh faktor latar belakang keluarga dan lingkungan masyarakat setempat. Hambatan guru ketika mengajar Bahasa Jawa adalah terkendala oleh dialek Bahasa Madura, hambatan yang dialami murid adalah kesulitan membaca, menulis, ulangan, PR dalam bahasa dan huruf Jawa. Buku teks Bahasa Jawa hanya dimiliki oleh guru, serta orangtua terkendala oleh biaya les. Pembelajaran Bahasa jawa hanya sekedar pengetahuan bagi murid kelas satu dan dua SD Negeri Pegirian I/47.   Kata Kunci: model pembelajaran Bahasa Jawa, guru, murid kelas 1 dan 2   Abstract Javanese Language Lesson in the Public Elementary School of Pegirian I/47 is delivered in Indonesian, Javanese and Maduranese language. This was done because the pupils are Maduranese. This study aims to find out about the learning process of Javanese lesson and its implementation in everyday life of the grade one and two elementary school students with Madura ethnicity. The method used is qualitative method. Data were collected using: (1) observation, observing the Javanese lesson learning process that took place in the first and second grade, as well as implementations of the Javanese learning in the school environment and the family, (2) in-depth interviews. Data were analyzed by using the theory of learning. Results obtained from the Javanese lesson, among others, are the introduction of language learning model which is casual, serious, firm, guided by the books in the library, lectures, discussions, writing, and flexible. Implementations of Javanese lesson among students are different from one another, because it is influenced by factors of family background and the local communities. Teachers’ difficulties when teaching the Javanese is the dialect constrained, while difficulties experienced by students is in reading, writing, doing quizzes, homework in the Javanese language. Javanese language textbooks are only owned by teachers, and parents are also constrained by the cost of tutoring. Therefore, Javanese language lesson is just knowledge enrichment for grade one and two students of Public Elementary School Pegirian I/47.   Keywords: Javanese Language learning model, teacher, grade 1 and 2

Keyword :

model pembelajaran Bahasa Jawa , murid kelas 1 dan 2, guru,


References :

  1. Bungin, Burhan , (2007). Penelitian kualitatif. AntroUnairdotNet, Vol.V/No.2/Juli 2016, hal 287 : Jakarta: Kencana
  2. Hasbullah , (2005). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. AntroUnairdotNet, Vol.V/No.2/Juli 2016, hal 287 : Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  3. Koentjaraningrat , (1990). Pengantar Ilmu Antropologi . AntroUnairdotNet, Vol.V/No.2/Juli 2016, hal 287 : Jakarta: Rineka Cipta
  4. Koentjaraningrat , (1990). Sejarah Teori Antropologi II. AntroUnairdotNet, Vol.V/No.2/Juli 2016, hal 287 : Jakarta: Universitas Indonesia
  5. Mudyahardjo, Redja , (2009). Pengantar Pendidikan. AntroUnairdotNet, Vol.V/No.2/Juli 2016, hal 287 : Jakarta: Rajawali Pers


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 2 / Pub. : 2016-02
  1. Strategi adaptasi kelompok pengawas konservasi penyu taman kili-kili, desa wonocoyo, kecamatan panggul, kabupaten trenggalek
  2. Kesesuaian ukuran helm open face merk ink dengan ukuran antropometri kepala
  3. Komparasi tumbuh kembang anak laki-laki petani dan nelayan umur 7 tahun berdasarkan ukuran antropometris
  4. Dampak perceraian orang tua bagi perilaku mahasiswa universitas airlangga
  5. Hubungan somatotype dengan kelincahan atlet sepak takraw upt sma negeri olahraga jawa timur
  6. Variasi soft tissue pada wajah laki-laki populasi batak toba di surabaya
  7. Hubungan perkawinan endogami dengan kelainan bawaan lahir
  8. Patologi gigi-geligi pada tengkorak manusia liang bua, manggarai, flores, nusa tenggara timur
  9. Efek endogami lokal terhadap tinggi badan anak di desa karangpatihan kec. balong kab. ponorogo
  10. Pembelajaran bahasa jawa dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari pada murid sekolah dasar kelas satu dan kelas dua dari suku bangsa madura di sekolah dasar negeri pegirian i/47, jl. wonosari i/16, kecamatan semampir, kota surabaya
  11. Korelasi umur ibu melahirkan dengan panjang lahir dan berat badan lahir bayi umur 0 hari di kecamatan genteng-kabupaten banyuwangi
  12. Legenda bajul njayan folklor lisan masyarakat desa senjayan, kecamatan gondang, kabupaten nganjuk
  13. Makna hijab atau jilbab di kalangan mahasiswa universitas airlangga
  14. Tradisi ta’ziran di pondok pesantren raudlatul muta’allimin desa datinawong, kecamatan babat, kabupaten lamongan-jawa timur
  15. Fungsi gabungan kelompok tani (gapoktan) bagi petani desa pojokkulon kecamatan kesamben kabupaten jombang
  16. Syawir pesantren sebagai metode pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren manbaul hikam desa putat, kecamatan tanggulangin, kabupaten sidoarjo- jawa timur
  17. Perbedaan karakteristik gigi pada etnis madura, etnis jawa, dan etnis madura-jawa di surabaya berdasarkan shovel-shaped, carabelli’s cusp, serta anterior fovea