AntroUnairDotNet
ISSN 2303-3053
Vol. 5 / No. 2 / Published : 2016-02
Order : 10, and page :278 - 287
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Pembelajaran bahasa jawa dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari pada murid sekolah dasar kelas satu dan kelas dua dari suku bangsa madura di sekolah dasar negeri pegirian i/47, jl. wonosari i/16, kecamatan semampir, kota surabaya
Author :
- Eliana*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Abstrak Pembelajaran Bahasa Jawa di SD Negeri Pegirian I/47 menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, dan Bahasa Madura, karena latar belakang murid berasal dari Suku Bangsa Madura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Bahasa Jawa dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari pada murid SD kelas satu dan dua dari Suku Bangsa Madura. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui: (1) observasi, mengamati proses pembelajaran Bahasa Jawa yang berlangsung di kelas satu dan kelas dua, serta implementasi dari pembelajaran Bahasa Jawa di lingkungan sekolah dan keluarga, (2) wawancara mendalam. Data dianalisis dengan menggunakan teori belajar. Hasil yang diperoleh dari pembelajaran Bahasa Jawa antara lain model belajar pengenalan bahasa, santai, serius, tegas, berpedoman pada buku di perpustakaan, teknik ceramah, diskusi, menulis, dan fleksibel. Implementasi pembelajaran Bahasa Jawa antara murid satu dengan yang lainnya berbeda, karena dipengaruhi oleh faktor latar belakang keluarga dan lingkungan masyarakat setempat. Hambatan guru ketika mengajar Bahasa Jawa adalah terkendala oleh dialek Bahasa Madura, hambatan yang dialami murid adalah kesulitan membaca, menulis, ulangan, PR dalam bahasa dan huruf Jawa. Buku teks Bahasa Jawa hanya dimiliki oleh guru, serta orangtua terkendala oleh biaya les. Pembelajaran Bahasa jawa hanya sekedar pengetahuan bagi murid kelas satu dan dua SD Negeri Pegirian I/47. Kata Kunci: model pembelajaran Bahasa Jawa, guru, murid kelas 1 dan 2 Abstract Javanese Language Lesson in the Public Elementary School of Pegirian I/47 is delivered in Indonesian, Javanese and Maduranese language. This was done because the pupils are Maduranese. This study aims to find out about the learning process of Javanese lesson and its implementation in everyday life of the grade one and two elementary school students with Madura ethnicity. The method used is qualitative method. Data were collected using: (1) observation, observing the Javanese lesson learning process that took place in the first and second grade, as well as implementations of the Javanese learning in the school environment and the family, (2) in-depth interviews. Data were analyzed by using the theory of learning. Results obtained from the Javanese lesson, among others, are the introduction of language learning model which is casual, serious, firm, guided by the books in the library, lectures, discussions, writing, and flexible. Implementations of Javanese lesson among students are different from one another, because it is influenced by factors of family background and the local communities. Teachers’ difficulties when teaching the Javanese is the dialect constrained, while difficulties experienced by students is in reading, writing, doing quizzes, homework in the Javanese language. Javanese language textbooks are only owned by teachers, and parents are also constrained by the cost of tutoring. Therefore, Javanese language lesson is just knowledge enrichment for grade one and two students of Public Elementary School Pegirian I/47. Keywords: Javanese Language learning model, teacher, grade 1 and 2
Keyword :
model pembelajaran Bahasa Jawa , murid kelas 1 dan 2, guru,
References :
Bungin, Burhan ,(2007) Penelitian kualitatif AntroUnairdotNet, Vol.V/No.2/Juli 2016, hal 287 : Jakarta: Kencana
Hasbullah ,(2005) Dasar-dasar Ilmu Pendidikan AntroUnairdotNet, Vol.V/No.2/Juli 2016, hal 287 : Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Koentjaraningrat ,(1990) Pengantar Ilmu Antropologi AntroUnairdotNet, Vol.V/No.2/Juli 2016, hal 287 : Jakarta: Rineka Cipta
Koentjaraningrat ,(1990) Sejarah Teori Antropologi II AntroUnairdotNet, Vol.V/No.2/Juli 2016, hal 287 : Jakarta: Universitas Indonesia
Mudyahardjo, Redja ,(2009) Pengantar Pendidikan AntroUnairdotNet, Vol.V/No.2/Juli 2016, hal 287 : Jakarta: Rajawali Pers
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 5 / No. : 2 / Pub. : 2016-02 |
|