UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

AntroUnairDotNet

ISSN 2303-3053

Vol. 8 / No. 1 / Published : 2019-01

Order : 9, and page :103 - 114

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Pengguna kosmetik preloved di kalangan mahasiswi kampus b unair

Author :

  1. Faisya Afidah *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Salah satu pengguna kosmetik preloved (kosmetik yang pernah dipakai individua tau masih baru tapi tidak terpakai untuk dijual lagi) adalah mahasiswi. Brand kosmetik tersebut berharga mahal namun apabila membeli preloved maka harganya menjadi lebih murah dari pada harus beli baru. Maka, sesuai dengan uraian diatas, Peneliti tertarik untuk meneliti mengenai perilaku mahasiswi pengguna kosmetik preloved di kampus B Universitas Airlangga.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi. Data deskriptif yang dihasilkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Lokasi dalam penelitian ini di kampus Unair B, lokasi ini ditentukan secara sengaja (purposive), karena memiliki latar belakang dan kondisi yang sesuai dengan kebutuhan penelitian.Hasil penelitian menunjukkan perilaku mahasiwi di mana bagi mereka dengan menggunakan kosmetik preloved untuk berhemat atas pengeluaran uang saku para mahasiswi. Selain itu, kosmetik preloved yang branded juga menjadikan penggunanya percaya diri karena menggunakan kosmetik dengan brand ternama. Brand ternama di dunia menurut Bitebrands.com antara lain adalah L’Oreal, NYX, Maybelline, MAC, Urban Decay, Covergirl, Revlon, Etude, Sephora, Silkygirl, Shiseido, Estee Lauder, Rimmel, Lancome, dan Clinique. Faktor pribadi, dimana mahasiswi lebih mencari produk-produk makeup yang bermerek dan berkualitas karena harga yang pasarkan lebih murah daripada harga aslinya.Kata kunci:

Keyword :

kosmetik preloved, beauty influencer,


References :

N Arbaini,(2017) Gaya Hidup Shopaholic pada Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Fisip Universitas Riau yang Kecanduan Berbelanja Pakaian) 4(1), pp. 1-11. : Jom Fisip,





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 8 / No. : 1 / Pub. : 2019-01
  1. Makna Upacara Ngaben Bagi Masyarakat Hindu Di Surabaya
  2. Komunitas Waft-lab Sebagai Pegiat Seni Teknologi Di Surabaya
  3. Relasi Sosial Antar Siswa Dalam Grup Percakapan Media Sosial Di Sma Kemala Bhayangkari 1 Surabaya
  4. Folklor “joko Tole” Suku Bangsa Madura Kabupaten Pamekasan: Analisis Strukturalisme Levi-strauss
  5. Pengembangan Usaha Kecil Menengah Pasca Penutupan Dolly Surabaya
  6. Strategi Bisnis Pengusaha Industri Batik Tulis Gedog Ud H.m. Sholeh Di Desa Jarorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban
  7. Pola Asuh Panti Asuhan Yatim Puteri ‘aisyiyah Dpd Kota Surabaya
  8. Kesenian Wayang Potehi Di Kelenteng Hong San Kiong, Desa Gudo, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang
  9. Pengguna Kosmetik Preloved Di Kalangan Mahasiswi Kampus B Unair
  10. Strategi Adaptasi Budaya Mahasiswa Fisip Universitas Airlangga Yang Berasal Dari Luar Jawa