UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

AntroUnairDotNet

ISSN 2303-3053

Vol. 8 / No. 2 / Published : 2019-07

Order : 2, and page :139 - 154

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Proses pembelajaran dan interaksi sosial siswa kelas xi unggulan di sma antartika kabupaten sidoarjo

Author :

  1. Alifta Firdaus *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Kelas unggulan merupakan kelas penggolangan yang berisikan siswa unggul dalam tiga ranah yakni keterampilan, sikap dan kecerdasan akademik diatas rata-rata. Namun sejak tahun 2003, Mahkamah Konstitusi memutuskan bahwa Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Pasal 50 ayat 3 dihapuskan, sehingga tidak lagi memiliki kekuatan hukum yang kuat atas keberadaan kelas unggulan kerena dianggap sebagai sebuah diskriminasi dalam dunia pendidikan. Namun keberadaan kelas unggulan masih di temukan di SMA Antartika Sidoarjo. Fokus penelitian ini yakni mengenai proses pembelajaran dan interaksi yang terjadi di kelas unggulan SMA Antartika Sidoarjo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori interaksi dalam Etnografi Ruang Kelas oleh Martyn Hammersley. Metode penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif etnografis. Jumlah informan terdiri dari 11 orang (4 guru dan 7 siswa). Data digali dari observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian yakni proses pembelajaran di kelas unggulan menggunakan banyak metode, mulai dari metode ceramah, diskusi, duplikasi, dan latihan/praktik. Variasi metode tersebut bertujuan agar siswa kelas unggulan tidak jenuh selama proses pembelajaran, mengembangkan kemampuan siswa, menumbuhkan rasa kebersamaan melalui kerja sama, menumbuhkan jiwa kepemimpinan, menumbuhkan rasa percaya diri, dan sikap persaingan yang tinggi untuk menjadi yang terbaik dalam kelas unggulan. Berdasarkan proses pembelajaran yang tercipta, kelas unggulan mencetak siswa-siswa yang selalu menduduki peringkat pertama dalam satu sekolah. Berdasarkan proses pembelajaran tersebut, tercipta sebuah interaksi satu arah, dan multi arah antara siswa dan guru.

Keyword :

Kelas unggulan, Proses Pembelajaran, Interaksi Sosial,


References :

Diman,(1987) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Teman Bagi Guru dan Calon Guru. - : Jakarta. Rajawali Pers





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 8 / No. : 2 / Pub. : 2019-07
  1. Rehabilitasi Alternatif Pecandu Narkoba Alam Perspektif Simbolik Di Pondok Pesantren Baitur Rohman Desa Kajeksan,kecamatan Tulangan,kabupaten Sidoarjo
  2. Proses Pembelajaran Dan Interaksi Sosial Siswa Kelas Xi Unggulan Di Sma Antartika Kabupaten Sidoarjo
  3. Pendidikan Gender Dalam Keluarga Polisi Pangkat Pewira Dan Bintara
  4. Fungsi Komunitas Penggemar Sepatu Macbeth Di Surabaya
  5. Makna Dan Pergeseran Nama Anak Pada Masyarakat Desa Banjaran Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik
  6. Pariwisata Selfie Wisata Bukit Pinus Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang
  7. Konsep Kecantikan Dan Pemanfaatan Produk Kosmetik Wajah Pada Mahasiswi Surabaya
  8. Penyesuaian Diri Santri Asal Luar Pulau Jawa Di Pondok Pesantren Putri Al-aqobah Desa Kwaron Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur
  9. Bridal Shower Sebagai Gaya Hidup Melepas Masa Lajang Di Kalangan Wanita Surabaya
  10. Bonita Di Dalam Komunitas “bonek Batas Kota” Kecamatan Sukodono Dan Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo
  11. Upaya Komunitas Kampoeng Dolanan Surabaya Dalam Melestarikan Permainan Tradisional
  12. Usaha Bonek Di Surabaya Dan Sidoarjo Dalam Melawan Stigma Negatif
  13. Fungsi Kebudayaan Dalam Pemenuhan Kebutuhan Biologis, Kebutuhan Instrumental, Dan Kebutuhan Integratif Pada Anggota Suegelelek Fans Club
  14. Fungsi Komunitas Marine Buddies Surabaya Bagi Anggotanya