UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

AntroUnairDotNet

ISSN 2303-3053

Vol. 8 / No. 1 / Published : 2019-01

Order : 3, and page :24 - 39

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Relasi sosial antar siswa dalam grup percakapan media sosial di sma kemala bhayangkari 1 surabaya

Author :

  1. Anggoro Rizky Pramana*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Penelitian fenomena relasi sosial siswa SMA kelas XI IPA dan IPS menggunakan smartphone dan aplikasi media sosial ketika mereka sedang sekolah penting dilakukan. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan relasi sosial antar siswa dalam pembentukan organisasi partisipasi, aktivitas organisasi partisipasi grup media sosial, memahami kendala yang dialami siswa dan strategi mengatasi kendala. Metode yang digunakan adalah etnografi dengan observasi dan wawancara mendalam menggunakan dengan pedoman wawancara. Penelitian ini menggunakan teori dari Margaret Mead yaitu teori kebudayaan mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa relasi sosial antar siswa sudah ada sebelum dan sampai pada pembentukan organisasi partisipasi/grup media sosial melalui pemilihan aplikasi line dan whatsapp. Grup media sosial dibentuk 1) atas inisiatif sendiri dan dipimpin ketua kelas berdasarkan perintah wali kelas/guru, 2) grup belajar bersama yang beranggotakan siswa satu kelas dan beda kelas, 3) grup ekstrakulikuler dibuat sesuai dengan kesamaan hobi dari para siswa, 4) grup yang beranggotakan siswa laki-laki sendiri dan siswa perempuan sendiri. Kendala yang dihadapi yaitu penggunaan bahasa, respon yang lambat, dan kendala untuk mengatur waktu bertemu dengan sesama anggota grup. Strategi menghadapi kendala 1) aturan yang dibuat oleh guru untuk menggunakan bahasa Indonesia ketika berdiskusi, 2) mengirim pesan pribadi secara langsung bila ingin mendapatkan respon cepat, 3) membuat keputusan dengan mempersilahkan anggota yang bisa hadir untuk datang terlebih dahulu dan bisa menyusul apabila ada anggota yang terlambat, agar relasi sosial antar siswa baik IPA maupun IPS lebih kuat melalui grup media sosial terkait materi pelajaran.

Keyword :

grup media sosial, smartphone, aktivitas, relasi sosial siswa SMA, kendala,


References :

Heddy Shri Ahimsa,(2001) Strukturalisme Levi-Strauss: Mitos dan Karya Sastra. - : Yogyakarta: Galang Press





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 8 / No. : 1 / Pub. : 2019-01
  1. Makna Upacara Ngaben Bagi Masyarakat Hindu Di Surabaya
  2. Komunitas Waft-lab Sebagai Pegiat Seni Teknologi Di Surabaya
  3. Relasi Sosial Antar Siswa Dalam Grup Percakapan Media Sosial Di Sma Kemala Bhayangkari 1 Surabaya
  4. Folklor “joko Tole” Suku Bangsa Madura Kabupaten Pamekasan: Analisis Strukturalisme Levi-strauss
  5. Pengembangan Usaha Kecil Menengah Pasca Penutupan Dolly Surabaya
  6. Strategi Bisnis Pengusaha Industri Batik Tulis Gedog Ud H.m. Sholeh Di Desa Jarorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban
  7. Pola Asuh Panti Asuhan Yatim Puteri ‘aisyiyah Dpd Kota Surabaya
  8. Kesenian Wayang Potehi Di Kelenteng Hong San Kiong, Desa Gudo, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang
  9. Pengguna Kosmetik Preloved Di Kalangan Mahasiswi Kampus B Unair
  10. Strategi Adaptasi Budaya Mahasiswa Fisip Universitas Airlangga Yang Berasal Dari Luar Jawa