UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

AntroUnairDotNet

ISSN 2303-3053

Vol. 8 / No. 1 / Published : 2019-01

Order : 6, and page :68 - 80

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Strategi bisnis pengusaha industri batik tulis gedog ud h.m. sholeh di desa jarorejo kecamatan kerek kabupaten tuban

Author :

  1. Cici Trie Gurita Andriana*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Batik gedog merupakan batik tradisional yang mengalami beberapa persoalan, salah satu persoalan yang dihadapi yaitu ada beberapa industri batik yang mengalami kebangkrutan atau tidak mengalami kemajuan. Oleh sebab itu, untuk mengembangkan bisnis tersebut perlu dilakukan penelitian tentang Strategi Bisnis Pengusaha Industri Batik Tulis Gedog UD H.M. Sholeh di Desa Jarorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan persoalan-persoalan yang dihadapi pengusaha batik tulis gedog 2) mendeskripsikan strategi bisnis yang digunakan dalam mengembangkan batik tulis gedog dalam perspektif moral dan rasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan pada bulan Maret sampai September 2018. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara bebas dan mendalam, dan mengumpulkan dokumen-dokumen yang terkait dengan tema penelitian. Teori yang digunakan adalah teori ekonomi moral dari J. Scott dan teori rasional dari Samuel Popkin karena penelitian ini dilakukan untuk menganalisis di daerah pedesaan seperti desa Jarorejo yang melibatkan tenaga kerja dengan tetangga, dimana pengusaha berusaha untuk memperoleh keuntungan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) persoalan-persoalan yang dihadapi pengusaha kecil dalam mengembangkan usahanya yaitu a) keuangan b) kegiatan produksi c) pergantian musim d) kekurangan tenaga kerja pada waktu musim bertani e) lokasi yang jauh dari pusat kota. 2) Strategi yang dilakukan pengusaha untuk mengembangkan usanya a) menjalin relasi sosial untuk mendapatkan modal b) merekrut tenaga kerja yang sudah berpengalaman c) menjalin relasi sosial dengan para karyawan d) memilih bahan baku murah dan berkualitas e) melakukan promosi-promosi f) membuka cabang toko.

Keyword :

strategi bisnis, pengusaha batik, perspektif moral dan rasional,


References :

Iskandar dan Eny Kustiyah,(2016) Batik Sebagai Identitas Kultural Bangsa Indonesia Di Era Globalisasi. 2457- 2458 : Gema.





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 8 / No. : 1 / Pub. : 2019-01
  1. Makna Upacara Ngaben Bagi Masyarakat Hindu Di Surabaya
  2. Komunitas Waft-lab Sebagai Pegiat Seni Teknologi Di Surabaya
  3. Relasi Sosial Antar Siswa Dalam Grup Percakapan Media Sosial Di Sma Kemala Bhayangkari 1 Surabaya
  4. Folklor “joko Tole” Suku Bangsa Madura Kabupaten Pamekasan: Analisis Strukturalisme Levi-strauss
  5. Pengembangan Usaha Kecil Menengah Pasca Penutupan Dolly Surabaya
  6. Strategi Bisnis Pengusaha Industri Batik Tulis Gedog Ud H.m. Sholeh Di Desa Jarorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban
  7. Pola Asuh Panti Asuhan Yatim Puteri ‘aisyiyah Dpd Kota Surabaya
  8. Kesenian Wayang Potehi Di Kelenteng Hong San Kiong, Desa Gudo, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang
  9. Pengguna Kosmetik Preloved Di Kalangan Mahasiswi Kampus B Unair
  10. Strategi Adaptasi Budaya Mahasiswa Fisip Universitas Airlangga Yang Berasal Dari Luar Jawa