Catalog :




Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 4 / No. 1 / Published : 2015-01

TOC : 23, and page :279 - 288

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Analisis framing berita capres dan cawapres pada pemilu 2014 di harian republika dan jawa pos

Author :

  1. Permata Romadhonita *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Penelitian ini berfokus pada framing pemberitaan mengenai capres dan cawapres selama Pemilu 2014 pada harian Republika dan Jawa Pos. Peneliti tertarik untuk meneliti Republika dan Jawa Pos karena kedua media tersebut memiliki sikap yang berbeda dalam pilpres. Perbedaan tersebut ditunjukkan dari perbedaan idelogi dan sistem kepemilikan di kedua media. Penelitian ini menggunakan metode framing Pan & Kosicki. Penelitian ini menggunakan teori ekonomi politik media, prinsip jurnalisme, dan framing media. Hasil dari penelitian ini adalah, Republika dengan ideologi Islam, memiliki kecenderungan untuk memberitakan dengan sudut pandang yang lain dari Jawa Pos. Pemilihan judul, sumber berita, peletakan tema, kelengkapan unsur berita, penekanan kata, dan yang lainnya yang digunakan Republika menunjukkan bahwa media tersebut objektif terhadap kedua pasang calon. Republika cenderung menceritakan sebuah peristiwa dari berbagai sudut pandang. Sedangkan Jawa Pos yang ideloginya mengikuti kemauan pasar dan Dahlan Iskan yang mendukung kubu Jokowi-JK, dalam pemberitaan mereka memang terbukti mendukung Jokowi-JK. Kata Kunci: Framing, Kampanye, Media Cetak, Pemilu, Pilpres   

Keyword :

framing, kampanye, media cetak, pemilu, pilpres,


References :

  1. Eriyanto, (2005). Analisis framing: konstruksi, ideologi, dan politik media. 1 : LKiS, Jogjakarta.
  2. Nugroho, et al., (1999). Politik media mengemas berita. 1 : Institut Studi Arus Informasi, Jakarta.


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 1 / Pub. : 2015-01
  1. Representasi kecantikan perempuan pada iklan dove versi “real beauty sketches” di situs youtube
  2. Representasi istri dalam film “habibie & ainun”
  3. Analisis visual identitas kota malang melalui foto-foto pada festival malang tempoe doeloe 2014 : satoes akoe 100 lakoe
  4. Pola penggunaan internet oleh wanita di surabaya untuk mendapatkan informasi perawatan balita
  5. Representasi tokoh utama transeksual dalam film lovely man
  6. Motif menonton drama korea di televisi oleh remaja surabaya
  7. Penerimaan mahasiswa fisip universitas airlangga terhadap isu politik ruu pilkada tahun 2014 di media sosial twitter
  8. Bias gender dalam praktik jurnalisme tv (studi kasus sbo tv jawa timur)
  9. Representasi etnis tionghoa dalam film cin(t)a
  10. Penggambaran calon anggota legislatif pemilihan umum 2014 pada kartun editorial harian kompas
  11. Sikap publik terhadap implementasi standar pelayanan minimum angkutan orang dengan kereta ekonomi jarak jauh daop vi yogyakarta
  12. Representasi identitas anak turun kiai dalam novelbola-bola santri karya sachree m. doraini
  13. Representasi peristiwa kerusuhan sunni syiah di sampang madura dalam foto - foto di majalah tempo edisi 24 agustus 2012-11 agustus 2013
  14. Interpretasi penggemar mengenai skinship yang dilakukan boyband k-pop
  15. Representasi nilai-nilai islam dalam film sang murabbi
  16. Strategi public relations kwartir nasional gerakan pramuka dalam membangun image organisasi pramuka
  17. Interpretasi mahasiswi surabaya terhadap gambaran maskulinitas dalam iklan axe indonesia dan surya 16 versi photografer
  18. Representasi kelas atas pada film arisan 1 dan 2
  19. Identitas perempuan dalam iklan kopi luwak white koffie
  20. Wacana tkw dalam novel “aku bukan budak” dan “dari tanah haram ke ranah minang”
  21. Analisis framing berita capres dan cawapres pada pemilu 2014 di harian republika dan jawa pos
  22. Strategi mereduksi ketidakpastian terhadap perasaan pasangan dalam long distance relationship pada remaja akhir 17-21 tahun
  23. Membaca poster iklan politik wisnu wardhana
  24. Representasi “cowo” dalam iklan rokok u-mild vesi “ini baru cowo”
  25. Strategi komunikasi pemasaran museum satwa batu dalam mempromosikan museum satwa batu
  26. Bentuk-bentuk komunikasi pemasaran museum house of sampoerna dalam membangun brand image
  27. Resistensi perempuan batak terhadap dominasi sistem patrilineal budaya batak pada film demi ucok karya sammaria simanjuntak
  28. Komodifikasi dalam proses produksi berita di rubrik for her jawa pos
  29. Peran humas pemerintah kota balikpapan dalam mengimplementasikan konsep smart city di kota balikpapan
  30. Studi opini publik program lamongan green and clean di kabupaten lamongan
  31. Identitas militer dalam bahasa slang pada komunitas kadet akademi angkatan laut di surabaya
  32. Isu-isu dan penyelesaian konflik pasangan suami istri beda kasta di bali
  33. Representasi identitas gay dalam film “cinta yang dirahasiakan”
  34. Representasi pendekar perempuan pada tokoh malini dalam film gending sriwijaya