Commonline
ISSN
Vol. 3 / No. 2 / Published : 2014-06
TOC : 3, and page :132 - 141
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Analisis loyalitas konsumen starbucks terhadap brand starbucks di surabaya
Author :
- Gde Evan Garry Wicaksana *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Abstrak Fokus penelitian ini adalah mengenai analisis kecenderungan loyalitas konsumen Starbucks terhadap brand Starbucks di Surabaya. Penelitian ini mendeskripsikan kecenderungan posisi konsumen Starbucks di Surabaya, kaitannya dengan tingkatan loyalitas konsumen berdasarkan hierarki oleh Aaker. Penelitian ini menarik untuk diteliti karena adanya hal yang bertolakbelakang antara menurunnya index brand Starbucks dengan loyalitas masyarakat terhadap brand Starbucks. Kerangka teori penelitian ini menggunakan teori perilaku konsumen, yakni brand equity. Salah satu komponen brand equity, yakni brand loyalty, menjadi dasar teori penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan tipe penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat tentang objek penelitian. Metode survei dilakukan kepada 384 responden. Kemudian, melalui kerangka konseptual, peneliti melakukan operasionalisasi variabel beserta indikatornya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan posisi loyalitas konsumen Starbucks di Surabaya ada pada tingkatan satisfied buyer. Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Brand Equity, Brand Loyalty, Starbucks
Keyword :
Perilaku Konsumen, Brand Equity, Brand Loyalty, Starbucks,
References :
- Yunita, Rachma. , (2013). Analisis Loyalitas Konsumen terhadap Brand Nokia. Undergraduate Theses: . Surabaya : Universitas Airlangga.
- Aaker, D.A. , (2009). Managing Brand Equity. . New York : Simon and Schuster.