Catalog :




Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 3 / No. 2 / Published : 2014-06

TOC : 4, and page :278 - 292

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Analisis wacana identitas remaja perempuan muslim indonesia dalam majalah hijabella

Author :

  1. Savina Zuriaty*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Penelitian ini merupakan analisis wacana terkait identitas remaja perempuan Muslim di Indonesi masa kini yang dikontruksi oleh Majalah Hijabella. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah identitas remaja perempuan Muslim Indonesia diwacanakan dalam majalah remaja perempuan Muslim “Hijabella”. Penelitian ini menggunakan metode analisis media discourse. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi identitas remaja perempuan Muslim Indonesia dalam konteks budaya populer Islami ini masih problematik, mengingat begitu banyaknya tawaran-tawaran identitas yang diartikulasikan oleh majalah Hijabella, yang seringkali memunculkan kontradiksi satu sama lainnya. Pemilihan satu majalah yang ber-genre Islami tidak lantas memberikan suatu definisi tunggal tentang makna menjadi seorang remaja perempuan Muslim. Hal ini menunjukkan bahwa pada lanskap masyarakat konsumsi ini, majalah berlabel Islami sekalipun sulit untuk menghindarkan diri dari kesemarakan permainan simbol dalam beragama.   Kata kunci: analisis wacana, remaja perempuan, identitas Muslim, majalah             Hijabella.

Keyword :

analisis wacana, remaja perempuan, identitas Muslim, majalah Hijabella,


References :

  1. Bourdieu, Pierre., (1996). Distiction: a Social Critique of the Judgement of Taste, . Cambridge, Massachusetts : Harvard University Press
  2. Dittmar, Helga., (2008). Consumer Culture, Identity, and Well-Being: The Search for the “Good Life” and the “Body Perfect”. . New York : Psychology Press


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 2 / Pub. : 2014-06
  1. Budaya organisasi holcim indonesia tuban project (studi budaya organisasi melalui communication performances)
  2. Perempuan dan sensualitas: bentuk komodifikasi tubuh perempuan melalui body images yang dikonstruksikan di dalam iklan axe
  3. Integrasi internet marketing dan customer relationship management (crm) penerbit nulisbuku
  4. Strategi government relations pt pal indonesia (persero) untuk mempengaruhi komite kebijakan industri pertahanan dalam penunjukan lead integrator alutsista matra laut pada tahun 2012
  5. Interpretasi khalayak pada identitas polisi yang direpresentasikan di televisi
  6. Wacana gaya hidup konsumtif dalam novel bergenre chicklit di indonesia
  7. Representasi citra polri dalam foto satire di situs 9gag
  8. Konstruksi kepemimpinan dalam iklan kampanye bakal calon presiden gita wirjawan di televisi
  9. Representasi perempuan dalam film bertema islam pada film perempuan berkalung sorban karya hanung bramantyo
  10. Strategi online public relations dalam brand awarenes aiesec surabaya
  11. Analisis loyalitas konsumen starbucks terhadap brand starbucks di surabaya
  12. Implementasi jember fashion carnaval sebagai bagian dari city branding kabupaten jember
  13. Hubungan terpaan iklan televisi pizza hut dengan motivasi konsumen surabaya membeli produk pizza hut
  14. Strategi integrated marketing communication (imc) telkom flexi dalam membangun brand identity sebagai internet broadband
  15. Analisis wacana dominasi major label pada industri musik indonesia dari band efek rumah kaca
  16. Implementasi integrated marketing communications taman hiburan jawa timur park 1
  17. Representasi identitas remaja laki-laki melalui penggunaan fashion
  18. Penerimaan pemain olahraga terhadap fashion sports di internet (website dan media sosial)
  19. Story telling dalam penyampaian rahasia keluarga mengenai pengadopsian anak oleh orang tua terhadapanak adopsinya
  20. Analisis wacana identitas remaja perempuan muslim indonesia dalam majalah hijabella
  21. Opini mahasiswa surabaya terhadap iklan politik partai nasdem melalui media televisi
  22. Loyalitas konsumen kedai kopi di surabaya (studi deskriptif loyalitas konsumen coffee toffee di surabaya)
  23. Analisis semiotika: konstruksi perlawanan pada mural “what’s next indonesia batik”
  24. Motif user di surabaya mengakses www.suarasurabaya.net
  25. Penerimaan penggemar kpop terhadap gambaran penampilan pria maskulin di music video kpop 2 pm all day thinking of you dan infinite man in love
  26. Strategi promosi kesehatan drug free community (dfc) dalam program advokasi pasien hiv dan aids
  27. Representasi spiritualitas kristen pada arsitektur gereja kristen indonesia pregolan bunder surabaya
  28. Hubungan antara terpaan iklan billboard erha clinic dengan motivasi pria menggunakan pelayanan erha clinic di surabaya
  29. Proses pengambilan keputusan konsumen dalam membeli produk natasha skin care
  30. Strategi political public relations dalam kampanye pemilu 2014 (studi kasus totok daryanto, calon legislatif dpr ri di dapil v jawa timur)
  31. Wacana relasi gender suami istri dalam keluargamuslim di majalah wanita muslim indonesia