Catalog :




Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-06

TOC : 2, and page :96 - 111

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Analisis wacana kritis stereotip etnis tionghoa pada pertunjukan stand-up comedy yang ditampilkan ernest prakasa

Author :

  1. Kukuh Ashar Utama *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAKSI Penelitian ini berfokus pada pertunjukkan stand-up comedy yang dibawakan oleh Ernest Prakasa pada DVD dokumentasi Merem Melek Tour Final di Jakarta, dengan mengeksplor wacana mengenai stereotip etnis Tionghoa. Penelitian ini menganalisis materi stand-up comedy menggunakan metode analisis wacana kritis. Berdasarkan analisis, peneliti menemukan berbagai stereotip etnis Tionghoa yang bersifat diskriminatif yang disampaikan Ernest Prakasa, seperti stereotip mengenai fisik yang menggambarkan diskriminasi terhadap etnis Tionghoa karena perbedaan ciri fisik (ras), stereotip sistem sosial yang membedakan etnis Tionghoa sebagai golongan non-pribumi, stereotip peran sosial yang banyak menggambarkan pembatasan peran etnis Tionghoa hanya pada bidang ekonomi serta adanya eksklusivisme yang merupakan akibat dari pembatasan tersebut, stereotip budaya dan bahasa yang membahas perbedaan bahasa serta budaya Tionghoa yang dianggap budaya asli Cina, serta stereotip lain seperti style baju hingga tidak benarnya lagu anak-anak yang kemudian dihubungkan dengan etnis Tionghoa. Kata Kunci: analisis wacana, stereotip, etnis Tionghoa, stand-up comedy 

Keyword :

analisis wacana, stereotip, etnis Tionghoa, stand-up comedy,


References :

  1. Eriyanto. , (2001). Analisis Wacana : Pengantar Teks Analisa Teks Media. Yogyakarta : LKis
  2. Suryadinata, L. , (1999). Etnis Tionghoa dan Pembangunan Bangsa. Jakarta : PT. Pustaka LP3ES Indonesia.


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-06
  1. Repesentasi perempuan suku bajo dalam film “the mirror never lies”
  2. Penerimaan perempuan terhadap representasi model perempuan pada iklan rokok pall mall “light up the night” dan sampoerna mild pada media di indonesia
  3. Sumber – sumber informasi remaja perempuan di surabaya dalam melakukan peniruan cara berpakaian
  4. Penerapan fungsi-fungsi peran dalam komunikasi keluarga yang memiliki individu penyandang autisme
  5. Teknik-teknik komunikasi pemasaran anggota komonshop indonesia melalui social media
  6. Opini khalayak terhadap penggunaan bintang iklan pada iklan ponds di televisi
  7. Tingkat capaian brand awareness apple melalui promotional tools pada masyarakat surabaya
  8. Analisis wacana kritis stereotip etnis tionghoa pada pertunjukan stand-up comedy yang ditampilkan ernest prakasa
  9. Penerimaan khalayak remaja perempuan pembaca majalah gogirl! terhadap konsep kecantikan dalam rubrik q&a fashion dan beauty
  10. Wacana gay dalam skenario film arisan!
  11. Hubungan antara terpaan media tayangan bima satria garuda dengan perilaku kekerasan yang dilakukan oleh anak
  12. Penggambaran anak-anak dalam program televisi si bolang trans7
  13. Fanatisme fans kpop dalam blog netizenbuzz
  14. Representasi nasionalisme dalam film “5 cm”
  15. Wacana kecantikan dan proses penuaan perempuan pada iklan olay total effects “atasi tujuh tanda penuaan”
  16. Penggambaran mitos cantik kota surabaya
  17. Analisis wacana kritis komodifikasi development basketball league 2013 melalui teks pemberitaan jawa pos
  18. Participatory culture dalam suegele lek fans club - radio suzana fm surabaya
  19. Sikap pengguna askes sosial terhadap pelayanan askes center pt. askes (persero)
  20. Konstruksi identitas balita dalam iklan susu
  21. Representasi maskulinitas dalam fan fiction une amore
  22. Strategi pasangan suami-istri mengkomunikasikan bentuk kemandirian pada anak tunarungu
  23. Program kemitraan dan bina lingkungan sebagai strategi pembentukan citra perusahaan sebagai program corporate social responsibility pt petrokimia gresik
  24. Strategi marketing public relations pt. cipta mortar utama dalam membentuk loyalitas pelanggan
  25. Aktivitas online public relations humas pt. angkasa pura 1 (persero) bandara juanda