UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 6 / No. 1 / Published : 2019-11

Order : 3, and page :15 - 23

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Consumer response in surabaya in the effort of brand repositioning jamoe iboe natural drink

Author :

  1. Farah Sofia Tamara*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Teori yang digunakan yaitu brand repositioning, brand image, dan brand response yang dikemukakan oleh Keller berdasarkan Customer Based Brand Equity Model. Hasil dari analisis deskriptif penelitian ini adalah respon konsumen terhadap brand image Jamu Iboe dilihat melalui dua aspek yaitu tangible dan intangible attributes. Yaitu atribut kemasan, rasa, dan cara penyajian, sedangkan atribut intangible didapatkan dari aspek pengalaman konsumen terhadap Iboe Natural Drink yang meliputi konsumsi produk dan bagaimana kaitannya dengan perasaan yang dihasilkan. Brand image Iboe Natural Drink dipandang sebagai produk jamu yang modern, praktis, dan inovatif, sehingga dengan inovasi rasa yang tidak pahit dan bentuk kemasan yang modern direspon oleh konsumen yaitu Jamu Iboe mampu menyesuaikan dengan perkembangan, sehingga upaya yang dilakukan mampu untuk mengubah pandangan konsumen terutama anak muda dalam mengasosiasikan jamu. Dengan tidak lagi menganggap jamu memiliki rasa yang pahit dan kuno.

Keyword :

respon konsumen, brand image, brand repositioning,


References :

  1. Das et al , (2016). Brand Image Mapping: A Study on Bathing Soaps . Vol. 4 No. 17 Hal. 870- 885 : Global Business Review
  2. Kuvykaite R & Piligrimiene Z , (2014). Consumer Engagement Into Brand Equity Creation . Vol. 156 Hal. 479-484 : Journal of Social and Behavioral Sciences
  3. Rahmat PS, (2009). Penelitian Kualitatif. Vol. 5 No. 9 Hal. 1-8 : Equilibrium
  4. Susetyarsi T , (2012). Kemasan Produk Ditinjau Dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan Dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk. Vol. 4 No. 3 Hal. 19-28 : Jurnal STIE Semarang
  5. Utari J & Hurriyati R , (2016). Pengaruh Kinerja Repositioning Terhadap Brand Equity. Vol. 1 No. 1 Hal. 81-97 : Journal of Business Management and Enterpreneurship Education
  6. Vanessa A & Arifin Z, (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Vol. 51 No. 1 Hal. 44-48 : Jurnal Administrasi Bisnis




Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 1 / Pub. : 2019-11
  1. Parent-child communication regarding partner in bibit, bebet, bobot through storytelling
  2. Acceptance of women's audience about women's identity in kondom sutra ads on television
  3. Consumer response in surabaya in the effort of brand repositioning jamoe iboe natural drink
  4. Representation of patriarchal ideology in instagram comic strips
  5. Representation of street culture appeared in youtube brand h&m account