UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-06

Order : 4, and page :190 - 205

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Fanatisme fans kpop dalam blog netizenbuzz

Author :

  1. Pintani Linta Tartila *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggambaran fanatisme fans Kpop dalam blog Netizenbuzz dari sudut pandang netizen Korea. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis tekstual dengan pendekatan kualitatif. Analisis dilakukan dengan cara memaknai teks-teks yang berupa tulisan maupun gambar pada blog Netizenbuzz yang kemudian akan dikaitkan dengan data-data maupun teori yang berhubungan dengan fanatisme fans. Hasil penelitian menunjukan bahwa teks-teks dalam blog Netizenbuzz yang menggambarkan kefanatikan fans dari sudut pandan Knetizen sebagian besar terdapat dalam teks yang membahas mengenai budaya fan-gift dan sasaeng fans. Fan-gift adalah budaya penggemar yang berupa memberikan hadiah kepada atau atas nama artis idola dalam hal ini Kpop. Sasaeng fans adalah budaya penggemar yang menunjukkan perilaku menggemari secara berlebihan dengan tujuan ingin lebih dekat dengan artis idolanya. Kedua budaya penggemar tersebut ditanggapi secara negatif dan positif oleh Knetizen maupun pembaca blog Netizenbuzz. Kata kunci: Kpop, fans culture, fanatisme, fan-gift, sasaeng fans, Knetizen

Keyword :

Kpop, fans culture, fanatisme, fan-gift, sasaeng fans, Knetizen,


References :

Storey, J. ,(2006) Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop Yogyakarta : Jalasutra

Prabowo, Adi,(2011) New Media dan Publik Sphere, (tesis), Jakarta : UI





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-06
  1. Repesentasi Perempuan Suku Bajo Dalam Film “the Mirror Never Lies”
  2. Penerimaan Perempuan Terhadap Representasi Model Perempuan Pada Iklan Rokok Pall Mall “light Up The Night” Dan Sampoerna Mild Pada Media Di Indonesia
  3. Sumber – Sumber Informasi Remaja Perempuan Di Surabaya Dalam Melakukan Peniruan Cara Berpakaian
  4. Penerapan Fungsi-fungsi Peran Dalam Komunikasi Keluarga Yang Memiliki Individu Penyandang Autisme
  5. Teknik-teknik Komunikasi Pemasaran Anggota Komonshop Indonesia Melalui Social Media
  6. Opini Khalayak Terhadap Penggunaan Bintang Iklan Pada Iklan Ponds Di Televisi
  7. Tingkat Capaian Brand Awareness Apple Melalui Promotional Tools Pada Masyarakat Surabaya
  8. Analisis Wacana Kritis Stereotip Etnis Tionghoa Pada Pertunjukan Stand-up Comedy Yang Ditampilkan Ernest Prakasa
  9. Penerimaan Khalayak Remaja Perempuan Pembaca Majalah Gogirl! Terhadap Konsep Kecantikan Dalam Rubrik Q&a Fashion Dan Beauty
  10. Wacana Gay Dalam Skenario Film Arisan!
  11. Hubungan Antara Terpaan Media Tayangan Bima Satria Garuda Dengan Perilaku Kekerasan Yang Dilakukan Oleh Anak
  12. Penggambaran Anak-anak Dalam Program Televisi Si Bolang Trans7
  13. Fanatisme Fans Kpop Dalam Blog Netizenbuzz
  14. Representasi Nasionalisme Dalam Film “5 Cm”
  15. Wacana Kecantikan Dan Proses Penuaan Perempuan Pada Iklan Olay Total Effects “atasi Tujuh Tanda Penuaan”
  16. Penggambaran Mitos Cantik Kota Surabaya
  17. Analisis Wacana Kritis Komodifikasi Development Basketball League 2013 Melalui Teks Pemberitaan Jawa Pos
  18. Participatory Culture Dalam Suegele Lek Fans Club - Radio Suzana Fm Surabaya
  19. Sikap Pengguna Askes Sosial Terhadap Pelayanan Askes Center Pt. Askes (persero)
  20. Konstruksi Identitas Balita Dalam Iklan Susu
  21. Representasi Maskulinitas Dalam Fan Fiction Une Amore
  22. Strategi Pasangan Suami-istri Mengkomunikasikan Bentuk Kemandirian Pada Anak Tunarungu
  23. Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan Sebagai Strategi Pembentukan Citra Perusahaan Sebagai Program Corporate Social Responsibility Pt Petrokimia Gresik
  24. Strategi Marketing Public Relations Pt. Cipta Mortar Utama Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan
  25. Aktivitas Online Public Relations Humas Pt. Angkasa Pura 1 (persero) Bandara Juanda