UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-06

Order : 3, and page :160 - 174

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Hubungan antara terpaan media tayangan bima satria garuda dengan perilaku kekerasan yang dilakukan oleh anak

Author :

  1. Niemas Prabawati *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan antara terpaan media tayangan Bima Satria Garuda dengan perilaku kekerasan yang dilakukan oleh anak, metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat utamanya.Dari hasil pengujian dan pembahasan yaitu adanya hubungan yang signifikan antara terpaan media tayangan bima satria garuda dengan perilaku kekerasan yang dilakukan oleh anak. Hal ini dapat dilihat dari nilai taraf signifikan sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut menjelaskan bahwa setelah menonton tayangan Bima Satria Garuda maka hal tersebut mampu membentuk perilaku kekerasan yang dilakukan oleh anak karena anak mencontoh adegan adegan yang ada pada tayangan Bima Satria Garuda. Namun sesuai dengan penggunaan teori SOR dalam penelitian ini, maka menunjukkan bahwa tayangan Bima Satria Garuda berpotensi membentuk perilaku kekerasan anak, namun anak sendiri yang mampu mengukur dan memilih apakah hal tersebut layak untuk ditiru atau tidak.   Kata kunci: Terpaan Media, Perilaku Kekerasan, SOR, dan Tayangan Bima Satria Garuda

Keyword :

Terpaan Media, Perilaku Kekerasan, SOR, Tayangan Bima Satria Garuda,


References :

Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya,(2001) Komunikasi Massa Suatu Pengantar Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Effendy, Onong. ,(2006) Komunikasi Teori dan Praktek. Cetakan kesembilanbelas Bandung : PT Remaja Rosdakarya





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-06
  1. Repesentasi Perempuan Suku Bajo Dalam Film “the Mirror Never Lies”
  2. Penerimaan Perempuan Terhadap Representasi Model Perempuan Pada Iklan Rokok Pall Mall “light Up The Night” Dan Sampoerna Mild Pada Media Di Indonesia
  3. Sumber – Sumber Informasi Remaja Perempuan Di Surabaya Dalam Melakukan Peniruan Cara Berpakaian
  4. Penerapan Fungsi-fungsi Peran Dalam Komunikasi Keluarga Yang Memiliki Individu Penyandang Autisme
  5. Teknik-teknik Komunikasi Pemasaran Anggota Komonshop Indonesia Melalui Social Media
  6. Opini Khalayak Terhadap Penggunaan Bintang Iklan Pada Iklan Ponds Di Televisi
  7. Tingkat Capaian Brand Awareness Apple Melalui Promotional Tools Pada Masyarakat Surabaya
  8. Analisis Wacana Kritis Stereotip Etnis Tionghoa Pada Pertunjukan Stand-up Comedy Yang Ditampilkan Ernest Prakasa
  9. Penerimaan Khalayak Remaja Perempuan Pembaca Majalah Gogirl! Terhadap Konsep Kecantikan Dalam Rubrik Q&a Fashion Dan Beauty
  10. Wacana Gay Dalam Skenario Film Arisan!
  11. Hubungan Antara Terpaan Media Tayangan Bima Satria Garuda Dengan Perilaku Kekerasan Yang Dilakukan Oleh Anak
  12. Penggambaran Anak-anak Dalam Program Televisi Si Bolang Trans7
  13. Fanatisme Fans Kpop Dalam Blog Netizenbuzz
  14. Representasi Nasionalisme Dalam Film “5 Cm”
  15. Wacana Kecantikan Dan Proses Penuaan Perempuan Pada Iklan Olay Total Effects “atasi Tujuh Tanda Penuaan”
  16. Penggambaran Mitos Cantik Kota Surabaya
  17. Analisis Wacana Kritis Komodifikasi Development Basketball League 2013 Melalui Teks Pemberitaan Jawa Pos
  18. Participatory Culture Dalam Suegele Lek Fans Club - Radio Suzana Fm Surabaya
  19. Sikap Pengguna Askes Sosial Terhadap Pelayanan Askes Center Pt. Askes (persero)
  20. Konstruksi Identitas Balita Dalam Iklan Susu
  21. Representasi Maskulinitas Dalam Fan Fiction Une Amore
  22. Strategi Pasangan Suami-istri Mengkomunikasikan Bentuk Kemandirian Pada Anak Tunarungu
  23. Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan Sebagai Strategi Pembentukan Citra Perusahaan Sebagai Program Corporate Social Responsibility Pt Petrokimia Gresik
  24. Strategi Marketing Public Relations Pt. Cipta Mortar Utama Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan
  25. Aktivitas Online Public Relations Humas Pt. Angkasa Pura 1 (persero) Bandara Juanda