Catalog :




Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-05

TOC : 4, and page :619 - 629

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Motif membaca rubrik for her surat kabar jawa pos pada perempuan

Author :

  1. Ricky Andrianto Widodo *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Abstrak  Penelitian ini adalah penelitian mengenai motif penggunaan media oleh perempuan, khususnya dalam membaca rubrik For Her surat kabar Jawa Pos di Surabaya. Alasan peneliti memilih topik ini adalah karena peran surat kabar saat ini yang cenderung ditinggalkan oleh pembacanya. Hal ini dibuktikan oleh hasil survey Nielsen Media Reserch yang menyebutkan bahwa penggunaan media cetak mengalami penurunan. Sedangkan, hasil survei lain oleh MARS Indonesia, menunjukkan bahwa masih tingginya minat perempuan dalam membaca surat kabar, khususnya Jawa Pos melalui rubrik For Her di Surabaya. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications yang beranggapan bahwa khalayak media dianggap aktif dalam menggunakan media berdasarkan motif-motif tertentu yang melatarbelakanginya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif dan metode yang digunakan adalah survey. Pengukuran motif dilakukan dengan menggunakan tabel frekuensi dan tabulasi silang terhadap motif Surveillance, Personal Identity, Personal Relationship, dan Diversion. Kata Kunci: Motif, Perempuan, Rubrik For Her Jawa Pos, Surabaya. 

Keyword :

motif , perempuan, rubrik for her jawapos, surabaya,


References :

  1. Effendy, O., , (2003). Ilmu, Teori dan Filsafah Komunikasi. Bandung : Aditya Bakti
  2. Husdarta, (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani, . Jakarta. : Alfabeta


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-05
  1. Nilai yang dihasilkan perceived quality po. sumber kencono pasca rebranding bus sumber kencono
  2. Motif remaja akhir surabaya menggunakan game facebook
  3. Aliran informasi dalam sistem organisasi pada kedutaan besar republik indonesia (kbri) canberra (studi kasus: people smuggling)
  4. Studi fandom jkt48 sebagai pop culture
  5. Analisis discourse gerakan sosial pada grup facebook ‘save kpk....!!’
  6. Penggambaran budaya tionghoa indonesia di surabaya dalam majalah internal pasar atom & atom mall : “shopping at pasar atom”
  7. Perempuan dalam lirik lagu dangdut koplo dimaknai pekerja keras dan curhat “melas“
  8. Representasi identitas etnis papua dalam film lost in papua
  9. Nilai yang dihasilkan perceived quality po. sumber kencono pasca rebranding bus sumber kencono
  10. Corporate rebranding waralaba pt. coffee toffee indonesia melalui promotional tools
  11. Penggambaran peran suami istri dalam iklan teh sariwangi
  12. Motif menggunakan social media path pada mahasiswa di surabaya
  13. Kegiatan komunikasi pemasaran depot rujak cingur genteng durasim surabaya
  14. Representasi peran ibu dalam film ummi aminah karya aditya gumay
  15. Analisis genre film horor indonesia dalam film jelangkung (2001)
  16. Motif remaja pengguna facebook dalam memainkan game farmville2
  17. Wacana kecantikan perempuan dalam teks gaya hidup vegetarian pada media online vemale.com
  18. Studi analisis pemaknaan hijabers community surabaya terhadap hijab dalam film 99 cahaya di langit eropa
  19. Representasi nasionalisme dalam video klip jadilah legenda oleh group band superman is dead
  20. Motif membaca rubrik for her surat kabar jawa pos pada perempuan
  21. Pola komunikasi kyai di pondok pesantren
  22. Representasi perempuan dalam hubungan romantis pada lirik lagu kirana dan tega
  23. Preferensi audiens terhadap elemen-elemen iklan tvc produk teh pucuk harum 2013
  24. Wacana perempuan dalam film animasi disney princess “brave”
  25. Representasi identitas waria dalam kostum waria pada film madame x
  26. Wacana perceraian dan selebriti perempuan dalam program talkshow hitam putih di trans7