Catalog :




Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 3 / No. 1 / Published : 2014-06

TOC : 3, and page :98 - 109

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Motif pendengar aktif program ebs nine one one dalam mendengarkan dan mengirimkan sms pada fitur sos number

Author :

  1. Gita Gowinda Avia Feiz *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Studi ini mengkaji motif pendengar aktif radio EBS FM yang mengikuti fitur SOS Number dalam Program Nine One One.Penelitian ini menarik diteliti karena radio saat ini tergolong media konvesional masih digunakan anak muda bersosialisasi dengan lingkungan. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengetahui motif pendengar dalam mengikuti fitur SOS Number di Radio EBS FM. Kerangka teori penelitian ini menggunakan teori uses and gratification. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif dengan tujuan untuk membuat deskripsi secara akurat tentang fakta dan sifat populasi atau objek penelitian. Tipe penelitian ini didahului oleh kerangka konsep serta landasan teori. Melalui kerangka konseptual, peneliti melakukan operasionalisasi variabel beserta indikatornya. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa motif yang menjadi alasan responden dalam mendengarkan program siaran EBS Nine One One fitur SOS Number, motif paling mendominasi adalah Motif Identitas Personal.  Motif yang menempati urutan kedua adalah Motif Informasi diikuti dengan Motif Hubungan Personal, dan motif paling rendah adalah Motif Pengalihan.   Kata Kunci: Motif pendengar Radio EBS, Program Radio SOS Number, Motif pendengar radio

Keyword :

ABSTRAK Studi ini mengkaji motif pendengar aktif radio EBS FM yang mengikuti fitur SOS Number dalam Program Nine One One.Penelitian ini menarik diteliti karena radio saat ini tergolong media konvesional masih digunakan anak muda bersosialisasi dengan lingkungan. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengetahui motif pendengar dalam mengikuti fitur SOS Number di Radio EBS FM. Kerangka teori penelitian ini menggunakan teori uses and gratification. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif dengan tujuan untuk membuat deskripsi secara akurat tentang fakta dan sifat populasi atau objek penelitian. Tipe penelitian ini didahului oleh kerangka konsep serta landasan teori. Melalui kerangka konseptual, peneliti melakukan operasionalisasi variabel beserta indikatornya. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa motif yang menjadi alasan responden dalam mendengarkan program siaran EBS Nine One One fitur SOS Number, motif paling mendominasi adalah Motif Identitas Personal. Motif yang menempati urutan kedua adalah Motif Informasi diikuti dengan Motif Hubungan Personal, dan motif paling rendah adalah Motif Pengalihan. Kata Kunci: Motif pendengar Radio EBS, Program Radio SOS Number, Motif pendengar radio, Program Radio SOS Numbe, Motif pendengar radio,


References :

  1. McQuail, Dennis. , (1987). Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Edisi Kedua. Terjemahan oleh Agus Dharma & Aminuddin Ram. . Jakarta : Erlangga
  2. Wiryanto, (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Grassindo


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 1 / Pub. : 2014-04
  1. Mitos ibu dalam tayangan reality show ibu di trans tv
  2. Wacana peran perempuan dalam kolom story rubrik for her surat kabar jawa pos
  3. Identitas sinden dalam novel indonesia
  4. Opini masyarakat surabaya terhadap tayangan acara “reportase investigasi”di trans tv
  5. Teknik-teknik komunikasi pemasaran anggota komonshop indonesia melalui social media
  6. Strategi media relations divisi penerangan sosial budaya (pensosbdud) kbri australia terkait pemberitaan kasus organisasi papua merdeka (opm).
  7. Strategi komunikasi pemasaran pada rumah cantik citra di surabaya
  8. Tahapan hubungan menuju pernikahan (commited romantic relationship) pada etnis arab di kampung arab ampel, surabaya
  9. Motif pendengar aktif program ebs nine one one dalam mendengarkan dan mengirimkan sms pada fitur sos number
  10. Gambaran perempuan karir dalam program news for woman sbo tv
  11. Difusi inovasi jaring pengusir burung pada kelompok tani sumber makmur di desa kalibelo, kecamatan gampengrejo, kabupaten kediri
  12. Representasi identitas remaja perempuan indonesia dalam majalah gogirl!
  13. Penerapan promotional tools pada umkm “amble footwear”
  14. Pembentukan couple types berdasarkan komunikasi dalam menjalankan role family function pada keluarga dengan stay at home dad
  15. Strategi integrated marketing communications (imc) dalam reposisi pada cv. khatulistiwa international cargo