Catalog :




Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-06

TOC : 1, and page :48 - 63

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Repesentasi perempuan suku bajo dalam film “the mirror never lies”

Author :

  1. Dreses Putranama *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Unsur etnisitas menjadi salah satu fokus utama untuk menggambarkan bagaimana kehidupan perempuan. Dengan kondisi lingkungan tempat tinggal suku bajo, akan membuat penelitian ini menjadi menarik. Isu-isu lingkungan yang diangkat dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa perempuan dan lingkungan menjadi dua unsur yang saling sejalan. Peran-peran domestik yang melekat pada perempuan masih ditemui dalam film ini dimana para perempuan suku bajo masih mngerjakan perkerjaan rumah tangga seperti memasak, mengurus anak, dan membersihkan rumah. Selain itu ada tokoh bernama Tayung yang menjalani perannya sebagai orang tua tunggal, Tayung juga harus melakukan pekerjaan mencari nafkah untuk menghidupi anaknya. Kemudian peran perempuan sebagai anak kecil yang melekat pada Pakis membuat gambaran yang berbeda tentang perempuan. Kehadiran laki-laki mengantarkan perempuan menjadi seorang yang patuh dan akhirnya menjadi seorang yang setia terhadap suaminya. Sebagai seorang istri yang setia dan patuh perempuan bajo tidak bebas melakukan sesuatu kecuali kehadiran laki-laki ditiadakan. Kata Kunci: perempuan, film, etnisitas, lingkungan, analisis teks

Keyword :

perempuan, film, etnis, lingkungan, analisis teks,


References :

  1. Mulvey, L, (1975). Visual Pleasure and Narrative Cinema. London : Macmillan.
  2. Suwito, K. A, (2006). Politik Identitas Perempuan dalam Film Berbagi Suami: Reception Analysis Perempuan Terhadap Identitas Perempuan Indonesia yang Direpresentasikan dalam Film "Berbagi Suami.. surabaya : Universitas Airlangga


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-06
  1. Repesentasi perempuan suku bajo dalam film “the mirror never lies”
  2. Penerimaan perempuan terhadap representasi model perempuan pada iklan rokok pall mall “light up the night” dan sampoerna mild pada media di indonesia
  3. Sumber – sumber informasi remaja perempuan di surabaya dalam melakukan peniruan cara berpakaian
  4. Penerapan fungsi-fungsi peran dalam komunikasi keluarga yang memiliki individu penyandang autisme
  5. Teknik-teknik komunikasi pemasaran anggota komonshop indonesia melalui social media
  6. Opini khalayak terhadap penggunaan bintang iklan pada iklan ponds di televisi
  7. Tingkat capaian brand awareness apple melalui promotional tools pada masyarakat surabaya
  8. Analisis wacana kritis stereotip etnis tionghoa pada pertunjukan stand-up comedy yang ditampilkan ernest prakasa
  9. Penerimaan khalayak remaja perempuan pembaca majalah gogirl! terhadap konsep kecantikan dalam rubrik q&a fashion dan beauty
  10. Wacana gay dalam skenario film arisan!
  11. Hubungan antara terpaan media tayangan bima satria garuda dengan perilaku kekerasan yang dilakukan oleh anak
  12. Penggambaran anak-anak dalam program televisi si bolang trans7
  13. Fanatisme fans kpop dalam blog netizenbuzz
  14. Representasi nasionalisme dalam film “5 cm”
  15. Wacana kecantikan dan proses penuaan perempuan pada iklan olay total effects “atasi tujuh tanda penuaan”
  16. Penggambaran mitos cantik kota surabaya
  17. Analisis wacana kritis komodifikasi development basketball league 2013 melalui teks pemberitaan jawa pos
  18. Participatory culture dalam suegele lek fans club - radio suzana fm surabaya
  19. Sikap pengguna askes sosial terhadap pelayanan askes center pt. askes (persero)
  20. Konstruksi identitas balita dalam iklan susu
  21. Representasi maskulinitas dalam fan fiction une amore
  22. Strategi pasangan suami-istri mengkomunikasikan bentuk kemandirian pada anak tunarungu
  23. Program kemitraan dan bina lingkungan sebagai strategi pembentukan citra perusahaan sebagai program corporate social responsibility pt petrokimia gresik
  24. Strategi marketing public relations pt. cipta mortar utama dalam membentuk loyalitas pelanggan
  25. Aktivitas online public relations humas pt. angkasa pura 1 (persero) bandara juanda