Catalog :




Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 2 / No. 2 / Published : 2013-02

TOC : 2, and page :84 - 95

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Representasi masyarakat urban jakarta dalam film jakarta maghrib

Author :

  1. Mayarani Nurul Islami *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Penelitian ini berfokus pada representasi masyarakat urban Jakarta dalam film omnibus, Jakarta Maghrib, dengan mengeskplor wacana mengenai masyarakat urban Jakarta melalui analisis wacana. Urban artinya bersifat perkotaan. Masyarakat urban berarti masyarakat yang memiliki sifat perkotaan seperti rasional, logis, heterogen, minimnya rasa solidaritas kelompok, perhitungan dan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Sebagai realitas, masyarakat urban Jakarta pun ‘dihadirkan’ dalam media massa, termasuk film. Representasi masyarakat urban Jakarta yang ditampilkan dalam film Jakarta Maghrib berbeda dari film-film tentang Jakarta yang lain. Berdasarkan hasil analisis terhadap dialog, latar tempat, latar waktu, cast, dan scene yang terkait dengan masyarakat urban Jakarta, film Jakarta Maghrib menawarkan sebuah representasi masyarakat urban Jakarta dari sisi modernitas, hiruk pikuk kota, dan sisi religiusitas.   Kata kunci: representasi, masyarakat urban, Jakarta, film, analisis wacana

Keyword :

representasi, masyarakat urban, Jakarta, film, analisis wacana,


References :

  1. Kusno, A., (2009). Ruang publik, identitas, dan memori kolektif: Jakarta pasca-soeharto, . Yogjakarta. : Penerbit Ombak,


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 2 / Pub. : 2013-02
  1. Pola komunikasi pasangan dual-worker marriages dalam pengembangan fisik anak
  2. Artikulasi fanatisme elf di dunia maya (studi dalam kelompok the neo korean wave dalam twiter)
  3. Penggambaran perempuan bali dalam film (analisis wacana perempuan bali dalam film “under the tree” karya garin nugroho)
  4. Opini dan karakteristik warga rt 7/rw 12 kelurahan rungkut kidul surabaya terhadap kompor gas alam
  5. Analisis framing pemberitaan kompas.com dan vivanews.com pada peristiwa runtuhnya terowongan tambang pt freeport indonesia
  6. Studi perubahan budaya organisasi rri programa 2 (pro 2) fm surabaya sebagai implikasi dari perubahan segmentasi di tahun 2012
  7. Make up sebagai tampilan maskulin dalam video klip super junior “mr. simple” dan “no other”
  8. Representasi masyarakat urban jakarta dalam film jakarta maghrib
  9. Interpretasi remaja terhadap bentuk romantisme dalam serial drama korea: boys before flowers (bbf), full house, dan playful kiss
  10. Penggambaran passion, intimacy, dan commitment dalam film love
  11. Strategi caregivers dalam mengkomunikasikan gender (gender socialization) pada anak-anak lembaga pengasuhan sos children’s village lembang, jawa barat
  12. Family copping with strss ibu tunggal dan anak paska perceraian di surabaya
  13. Analisis loyalitas konsumen pada brand nokia (studi deskriptif loyalitas konsumen remaja akhir pada merek nokia di surabaya)