Catalog :




Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-06

TOC : 4, and page :206 - 220

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Representasi nasionalisme dalam film “5 cm”

Author :

  1. Rahmi Ramadhani *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Penelitian ini menganalisis nasionalisme yang direpresentasikan dalam film 5 cm, yang mengangkat kehidupan kaum muda masa kini dalam keterlibatannya dengan nasionalisme. Secara umum kaum muda masa kini mendapat anggapan yang kurang baik dalam masyarakat, karena semakin maraknya kenakalan dan kurang tanggungjawabnya perilaku mereka. Kemunculan film 5 cm menjadi sebuah fenomena tersendiri bagi perfilman tanah air Indonesia serta mencoba menampilkan nasionalisme sebagai tema film tersebut, khususnya pada bagian tengah hingga akhir film. Penelitian ini menggunakan metode analisis  semiotik milik Peirce dan unit analisis berupa gambar yang berisi interpretasi dalam scene-scene film. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film 5 cm menggambarkan relevansi dengan realitas kehidupan yang terjadi ditengah masyarakat, terutama pada kalangan kaum muda. Simbol nasionalisme dalam film ini direpresentasikan dengan bendera Merah Putih, lagu nasional ‘Tanah Air’ dan setting satu diantara kekayaan alam dalam negeri yaitu Puncak Mahameru yang merupakan puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa. Kata kunci: semiotik, representasi, nasionalisme, film.

Keyword :

semiotik, representasi, nasionalisme, Film,


References :

  1. Ali, MAP, (2008). Potret Indonesia. Yogyakarta : Ombak
  2. Anderson, BROG, (1999). Indonesian Nationalism Today and in the Future.. USA : Academic Research Library.


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-06
  1. Repesentasi perempuan suku bajo dalam film “the mirror never lies”
  2. Penerimaan perempuan terhadap representasi model perempuan pada iklan rokok pall mall “light up the night” dan sampoerna mild pada media di indonesia
  3. Sumber – sumber informasi remaja perempuan di surabaya dalam melakukan peniruan cara berpakaian
  4. Penerapan fungsi-fungsi peran dalam komunikasi keluarga yang memiliki individu penyandang autisme
  5. Teknik-teknik komunikasi pemasaran anggota komonshop indonesia melalui social media
  6. Opini khalayak terhadap penggunaan bintang iklan pada iklan ponds di televisi
  7. Tingkat capaian brand awareness apple melalui promotional tools pada masyarakat surabaya
  8. Analisis wacana kritis stereotip etnis tionghoa pada pertunjukan stand-up comedy yang ditampilkan ernest prakasa
  9. Penerimaan khalayak remaja perempuan pembaca majalah gogirl! terhadap konsep kecantikan dalam rubrik q&a fashion dan beauty
  10. Wacana gay dalam skenario film arisan!
  11. Hubungan antara terpaan media tayangan bima satria garuda dengan perilaku kekerasan yang dilakukan oleh anak
  12. Penggambaran anak-anak dalam program televisi si bolang trans7
  13. Fanatisme fans kpop dalam blog netizenbuzz
  14. Representasi nasionalisme dalam film “5 cm”
  15. Wacana kecantikan dan proses penuaan perempuan pada iklan olay total effects “atasi tujuh tanda penuaan”
  16. Penggambaran mitos cantik kota surabaya
  17. Analisis wacana kritis komodifikasi development basketball league 2013 melalui teks pemberitaan jawa pos
  18. Participatory culture dalam suegele lek fans club - radio suzana fm surabaya
  19. Sikap pengguna askes sosial terhadap pelayanan askes center pt. askes (persero)
  20. Konstruksi identitas balita dalam iklan susu
  21. Representasi maskulinitas dalam fan fiction une amore
  22. Strategi pasangan suami-istri mengkomunikasikan bentuk kemandirian pada anak tunarungu
  23. Program kemitraan dan bina lingkungan sebagai strategi pembentukan citra perusahaan sebagai program corporate social responsibility pt petrokimia gresik
  24. Strategi marketing public relations pt. cipta mortar utama dalam membentuk loyalitas pelanggan
  25. Aktivitas online public relations humas pt. angkasa pura 1 (persero) bandara juanda