ISSN
Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-05
Order : 5, and page :665 - 674
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Representasi perempuan dalam hubungan romantis pada lirik lagu kirana dan tega
Author :
- Tigor Aditya Raja Panjaitan *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini akan membahas tentang perempuan dalam hubungan romantis pada lirik lagu Kirana dan Tega. Penelitian ini dianggap penting oleh peneliti karena dalam budaya Indonesia, perempuan dalam hubungan romantis menjadi pihak yang pasif atau tidak dominan. Peneliti berasumsi bahwa penelitian ini memiliki signifikansi karena lirik pada sebuah lagu merupakan media untuk menyampaikan pesan kepada pendengar/komunikan. Setiap penciptaan lagu, hubungan romantis melibatkan hubungan yang emosional, dimana didalamnya terdapat unsur kesukarelaan dan pengorbanan dari kedua pasangan untuk saling menjaga suatu hubungan. Untuk membahas penelitian ini, peneliti menggunakan metode semiotik Roland Barthes. Peneliti kemudian mengambil dua lirik lagu sebagai obyek penelitian, yaitu Kirana dan Tega. Dari analisis yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa dalam hubungan romantis, perempuan tidak memiliki kekuasaan dan cenderung selalu menjadi pihak yang salah.
Kata kunci: Hubungan romantis, perempuan, lirik lagu, semiotik
Keyword :
hubungan romantis, perempuan, lirik lagu, semiotik,
References :
Karney, R. Benjamin.,(2007) Adolescent Romantic Relationships as Precussors of Healthy Adult Marriages: A Review of Theory, Research, and Program. Santa Monica : Rand Cooperation
Krebs, W.A.,(2001) Collings Gem: Australian English Dictionary, Third Edition. Sydney : Harper Collins Publisher
Archive Article
Cover Media |
Content |
Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-05 |
- Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
- Motif Remaja Akhir Surabaya Menggunakan Game Facebook
- Aliran Informasi Dalam Sistem Organisasi Pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (kbri) Canberra (studi Kasus: People Smuggling)
- Studi Fandom Jkt48 Sebagai Pop Culture
- Analisis Discourse Gerakan Sosial Pada Grup Facebook ‘save Kpk....!!’
- Penggambaran Budaya Tionghoa Indonesia Di Surabaya Dalam Majalah Internal Pasar Atom & Atom Mall : “shopping At Pasar Atom”
- Perempuan Dalam Lirik Lagu Dangdut Koplo Dimaknai Pekerja Keras Dan Curhat “melas“
- Representasi Identitas Etnis Papua Dalam Film Lost In Papua
- Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
- Corporate Rebranding Waralaba Pt. Coffee Toffee Indonesia Melalui Promotional Tools
- Penggambaran Peran Suami Istri Dalam Iklan Teh Sariwangi
- Motif Menggunakan Social Media Path Pada Mahasiswa Di Surabaya
- Kegiatan Komunikasi Pemasaran Depot Rujak Cingur Genteng Durasim Surabaya
- Representasi Peran Ibu Dalam Film Ummi Aminah Karya Aditya Gumay
- Analisis Genre Film Horor Indonesia Dalam Film Jelangkung (2001)
- Motif Remaja Pengguna Facebook Dalam Memainkan Game Farmville2
- Wacana Kecantikan Perempuan Dalam Teks Gaya Hidup Vegetarian Pada Media Online Vemale.com
- Studi Analisis Pemaknaan Hijabers Community Surabaya Terhadap Hijab Dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa
- Representasi Nasionalisme Dalam Video Klip Jadilah Legenda Oleh Group Band Superman Is Dead
- Motif Membaca Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos Pada Perempuan
- Pola Komunikasi Kyai Di Pondok Pesantren
- Representasi Perempuan Dalam Hubungan Romantis Pada Lirik Lagu Kirana Dan Tega
- Preferensi Audiens Terhadap Elemen-elemen Iklan Tvc Produk Teh Pucuk Harum 2013
- Wacana Perempuan Dalam Film Animasi Disney Princess “brave”
- Representasi Identitas Waria Dalam Kostum Waria Pada Film Madame X
- Wacana Perceraian Dan Selebriti Perempuan Dalam Program Talkshow Hitam Putih Di Trans7
|