UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-05

Order : 5, and page :665 - 674

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Representasi perempuan dalam hubungan romantis pada lirik lagu kirana dan tega

Author :

  1. Tigor Aditya Raja Panjaitan *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Penelitian ini akan membahas tentang perempuan dalam hubungan romantis pada lirik lagu Kirana dan Tega. Penelitian ini dianggap penting oleh peneliti karena dalam budaya Indonesia, perempuan dalam hubungan romantis menjadi pihak yang pasif atau tidak dominan. Peneliti berasumsi bahwa penelitian ini memiliki signifikansi karena lirik pada sebuah lagu merupakan media untuk menyampaikan pesan kepada pendengar/komunikan. Setiap penciptaan lagu, hubungan romantis melibatkan hubungan yang emosional, dimana didalamnya terdapat unsur kesukarelaan dan pengorbanan dari kedua pasangan untuk saling menjaga suatu hubungan.  Untuk membahas penelitian ini, peneliti menggunakan metode semiotik Roland Barthes. Peneliti kemudian mengambil dua lirik lagu sebagai obyek penelitian, yaitu Kirana dan Tega. Dari analisis yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa dalam hubungan romantis, perempuan tidak memiliki kekuasaan dan cenderung selalu menjadi pihak yang salah. Kata kunci: Hubungan romantis, perempuan, lirik lagu, semiotik

Keyword :

hubungan romantis, perempuan, lirik lagu, semiotik,


References :

Karney, R. Benjamin.,(2007) Adolescent Romantic Relationships as Precussors of Healthy Adult Marriages: A Review of Theory, Research, and Program. Santa Monica : Rand Cooperation

Krebs, W.A.,(2001) Collings Gem: Australian English Dictionary, Third Edition. Sydney : Harper Collins Publisher





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-05
  1. Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
  2. Motif Remaja Akhir Surabaya Menggunakan Game Facebook
  3. Aliran Informasi Dalam Sistem Organisasi Pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (kbri) Canberra (studi Kasus: People Smuggling)
  4. Studi Fandom Jkt48 Sebagai Pop Culture
  5. Analisis Discourse Gerakan Sosial Pada Grup Facebook ‘save Kpk....!!’
  6. Penggambaran Budaya Tionghoa Indonesia Di Surabaya Dalam Majalah Internal Pasar Atom & Atom Mall : “shopping At Pasar Atom”
  7. Perempuan Dalam Lirik Lagu Dangdut Koplo Dimaknai Pekerja Keras Dan Curhat “melas“
  8. Representasi Identitas Etnis Papua Dalam Film Lost In Papua
  9. Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
  10. Corporate Rebranding Waralaba Pt. Coffee Toffee Indonesia Melalui Promotional Tools
  11. Penggambaran Peran Suami Istri Dalam Iklan Teh Sariwangi
  12. Motif Menggunakan Social Media Path Pada Mahasiswa Di Surabaya
  13. Kegiatan Komunikasi Pemasaran Depot Rujak Cingur Genteng Durasim Surabaya
  14. Representasi Peran Ibu Dalam Film Ummi Aminah Karya Aditya Gumay
  15. Analisis Genre Film Horor Indonesia Dalam Film Jelangkung (2001)
  16. Motif Remaja Pengguna Facebook Dalam Memainkan Game Farmville2
  17. Wacana Kecantikan Perempuan Dalam Teks Gaya Hidup Vegetarian Pada Media Online Vemale.com
  18. Studi Analisis Pemaknaan Hijabers Community Surabaya Terhadap Hijab Dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa
  19. Representasi Nasionalisme Dalam Video Klip Jadilah Legenda Oleh Group Band Superman Is Dead
  20. Motif Membaca Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos Pada Perempuan
  21. Pola Komunikasi Kyai Di Pondok Pesantren
  22. Representasi Perempuan Dalam Hubungan Romantis Pada Lirik Lagu Kirana Dan Tega
  23. Preferensi Audiens Terhadap Elemen-elemen Iklan Tvc Produk Teh Pucuk Harum 2013
  24. Wacana Perempuan Dalam Film Animasi Disney Princess “brave”
  25. Representasi Identitas Waria Dalam Kostum Waria Pada Film Madame X
  26. Wacana Perceraian Dan Selebriti Perempuan Dalam Program Talkshow Hitam Putih Di Trans7