Catalog :




Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 4 / No. 1 / Published : 2015-01

TOC : 14, and page :162 - 172

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Representasi peristiwa kerusuhan sunni syiah di sampang madura dalam foto - foto di majalah tempo edisi 24 agustus 2012-11 agustus 2013

Author :

  1. Jefri Adi Fianto*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tentang representasi peristiwa kerusuhan Sunni Syiah di Sampang Madura dalam foto - foto di majalah Tempo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peristiwa kerusuhan Sunni dan Syiah di Sampang Madura direpresentasikan melalui foto-foto produksi majalah Tempo. Penelitian ini menggunakan teori representasi yang menjelaskan tentang penggambaran suatu isu atau fenomena tertentu yang terletak pada teks media. Teks media yang dimaksud merupakan objek foto sebagai bagian dari produk jurnalistik. Dalam penelitian ini digunakan metodologi analisis tekstual thwaites yang melakukan analisis terhadap tanda dan lambang dengan cara melihat sign dalam foto kemudian bergerak sampai memeriksa struktur mitos sosial. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kerusuhan Sunni Syiah digambarkan dalam foto - foto produk majalah Tempo sebagai peristiwa yang terjadi di Desa Karanggayam, Madura mulai dari penyerangan, pembakaran, pasca penyerangan dan pembakaran, evakuasi warga Syiah, sampai pada situasi dan kondisi para pengungsi di tempat pengungsian. Kata Kunci:  Representasi, Fotografi Jurnalistik, Majalah Tempo, Sunni Syiah, Analisis Tekstual

Keyword :

representasi, Fotografi jurnalistik, majalah tempo, sunni syiah, analisis tekstual,


References :

  1. Thwaites, Tony, Davis, Lloyd dan Mules, Warwick. , (1994). Tools for Cultural Analysis.. 1 : Sydney: Allen and Unwin.
  2. Majalah Tempo, (2013). Mendadak Jokowi. Majalah Tempo. edisi 5 – 11 Agustus 2013. : Jakarta


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 1 / Pub. : 2015-01
  1. Representasi kecantikan perempuan pada iklan dove versi “real beauty sketches” di situs youtube
  2. Representasi istri dalam film “habibie & ainun”
  3. Analisis visual identitas kota malang melalui foto-foto pada festival malang tempoe doeloe 2014 : satoes akoe 100 lakoe
  4. Pola penggunaan internet oleh wanita di surabaya untuk mendapatkan informasi perawatan balita
  5. Representasi tokoh utama transeksual dalam film lovely man
  6. Motif menonton drama korea di televisi oleh remaja surabaya
  7. Penerimaan mahasiswa fisip universitas airlangga terhadap isu politik ruu pilkada tahun 2014 di media sosial twitter
  8. Bias gender dalam praktik jurnalisme tv (studi kasus sbo tv jawa timur)
  9. Representasi etnis tionghoa dalam film cin(t)a
  10. Penggambaran calon anggota legislatif pemilihan umum 2014 pada kartun editorial harian kompas
  11. Sikap publik terhadap implementasi standar pelayanan minimum angkutan orang dengan kereta ekonomi jarak jauh daop vi yogyakarta
  12. Representasi identitas anak turun kiai dalam novelbola-bola santri karya sachree m. doraini
  13. Representasi peristiwa kerusuhan sunni syiah di sampang madura dalam foto - foto di majalah tempo edisi 24 agustus 2012-11 agustus 2013
  14. Interpretasi penggemar mengenai skinship yang dilakukan boyband k-pop
  15. Representasi nilai-nilai islam dalam film sang murabbi
  16. Strategi public relations kwartir nasional gerakan pramuka dalam membangun image organisasi pramuka
  17. Interpretasi mahasiswi surabaya terhadap gambaran maskulinitas dalam iklan axe indonesia dan surya 16 versi photografer
  18. Representasi kelas atas pada film arisan 1 dan 2
  19. Identitas perempuan dalam iklan kopi luwak white koffie
  20. Wacana tkw dalam novel “aku bukan budak” dan “dari tanah haram ke ranah minang”
  21. Analisis framing berita capres dan cawapres pada pemilu 2014 di harian republika dan jawa pos
  22. Strategi mereduksi ketidakpastian terhadap perasaan pasangan dalam long distance relationship pada remaja akhir 17-21 tahun
  23. Membaca poster iklan politik wisnu wardhana
  24. Representasi “cowo” dalam iklan rokok u-mild vesi “ini baru cowo”
  25. Strategi komunikasi pemasaran museum satwa batu dalam mempromosikan museum satwa batu
  26. Bentuk-bentuk komunikasi pemasaran museum house of sampoerna dalam membangun brand image
  27. Resistensi perempuan batak terhadap dominasi sistem patrilineal budaya batak pada film demi ucok karya sammaria simanjuntak
  28. Komodifikasi dalam proses produksi berita di rubrik for her jawa pos
  29. Peran humas pemerintah kota balikpapan dalam mengimplementasikan konsep smart city di kota balikpapan
  30. Studi opini publik program lamongan green and clean di kabupaten lamongan
  31. Identitas militer dalam bahasa slang pada komunitas kadet akademi angkatan laut di surabaya
  32. Isu-isu dan penyelesaian konflik pasangan suami istri beda kasta di bali
  33. Representasi identitas gay dalam film “cinta yang dirahasiakan”
  34. Representasi pendekar perempuan pada tokoh malini dalam film gending sriwijaya