UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 4 / No. 1 / Published : 2015-01

Order : 26, and page :318 - 330

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Representasi “cowo” dalam iklan rokok u-mild vesi “ini baru cowo”

Author :

  1. Reyhansyah Riznanda *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Fokus riset ini ialah mengeksplorasi gambaran “cowo” dalam iklan rokok U-mild versi “ini baru cowo”. Tujuan penelitian ini ialah mengeksplor bagaimana representasi “cowo” digambarkan dan diartikulasikan dalam iklan, Sehingga munculah suatu identitas yang berbeda ditengah masyarakat, di mana hal ini diproduksi oleh media massa untuk menciptakan identitas “cowo”. Dalam riset ini, peneliti akan menggunakan analisis tekstual semiotik Rolland Barthes yang menggunakan non-coded iconic message (denotasi), coded iconic message (konotasi), dan linguistic message (mitos). “Cowo” memiliki identitas yang diartikulasikan bahwa tegar dalam percintaan, ringan tangan tanpa pamrih, perantau, kreatif, grooming, tidak cengeng,  fashionable, tanggung jawab dan sebagainya, serta berdasarkan identitas sosialnya maka “cowo” tergolong sosok kelas pekerja (blue collars) dan ambisius di mana artefak disetiap temanya didominasi oleh warna biru serta disisi lain ia harus mampu bersifat cool dengan karakter urban yang dibentuk oleh U-mild mengenai gambaran maskulinitasnya. Kata Kunci: Semiotika, Identitas, Urban, Still Image, Maskulin

Keyword :

Semiotika, Identitas, Urban, Still Image, Maskulin,


References :

Wibowo. ,(2003) "Sihir iklan format komunikasi mondial dalam kehidupan urban-kosmopolitan" 1 : Jakarta. Pt. Gramedia pustaka utama. 2003

Egger, Simon Chapman and Garry. ,(2010) "Mitos dalam iklan rokok dan promosi kesehatan." In Bahasa, Citra, Media, by Howard Davis dan Paul Walton. 1 : Yogyakarta: Jalasutra





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 1 / Pub. : 2015-01
  1. Representasi Kecantikan Perempuan Pada Iklan Dove Versi “real Beauty Sketches” Di Situs Youtube
  2. Representasi Istri Dalam Film “habibie & Ainun”
  3. Analisis Visual Identitas Kota Malang Melalui Foto-foto Pada Festival Malang Tempoe Doeloe 2014 : Satoes Akoe 100 Lakoe
  4. Pola Penggunaan Internet Oleh Wanita Di Surabaya Untuk Mendapatkan Informasi Perawatan Balita
  5. Representasi Tokoh Utama Transeksual Dalam Film Lovely Man
  6. Motif Menonton Drama Korea Di Televisi Oleh Remaja Surabaya
  7. Penerimaan Mahasiswa Fisip Universitas Airlangga Terhadap Isu Politik Ruu Pilkada Tahun 2014 Di Media Sosial Twitter
  8. Bias Gender Dalam Praktik Jurnalisme Tv (studi Kasus Sbo Tv Jawa Timur)
  9. Representasi Etnis Tionghoa Dalam Film Cin(t)a
  10. Penggambaran Calon Anggota Legislatif Pemilihan Umum 2014 Pada Kartun Editorial Harian Kompas
  11. Sikap Publik Terhadap Implementasi Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang Dengan Kereta Ekonomi Jarak Jauh Daop Vi Yogyakarta
  12. Representasi Identitas Anak Turun Kiai Dalam Novelbola-bola Santri Karya Sachree M. Doraini
  13. Representasi Peristiwa Kerusuhan Sunni Syiah Di Sampang Madura Dalam Foto - Foto Di Majalah Tempo Edisi 24 Agustus 2012-11 Agustus 2013
  14. Interpretasi Penggemar Mengenai Skinship Yang Dilakukan Boyband K-pop
  15. Representasi Nilai-nilai Islam Dalam Film Sang Murabbi
  16. Strategi Public Relations Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Dalam Membangun Image Organisasi Pramuka
  17. Interpretasi Mahasiswi Surabaya Terhadap Gambaran Maskulinitas Dalam Iklan Axe Indonesia Dan Surya 16 Versi Photografer
  18. Representasi Kelas Atas Pada Film Arisan 1 Dan 2
  19. Identitas Perempuan Dalam Iklan Kopi Luwak White Koffie
  20. Wacana Tkw Dalam Novel “aku Bukan Budak” Dan “dari Tanah Haram Ke Ranah Minang”
  21. Analisis Framing Berita Capres Dan Cawapres Pada Pemilu 2014 Di Harian Republika Dan Jawa Pos
  22. Strategi Mereduksi Ketidakpastian Terhadap Perasaan Pasangan Dalam Long Distance Relationship Pada Remaja Akhir 17-21 Tahun
  23. Membaca Poster Iklan Politik Wisnu Wardhana
  24. Representasi “cowo” Dalam Iklan Rokok U-mild Vesi “ini Baru Cowo”
  25. Strategi Komunikasi Pemasaran Museum Satwa Batu Dalam Mempromosikan Museum Satwa Batu
  26. Bentuk-bentuk Komunikasi Pemasaran Museum House Of Sampoerna Dalam Membangun Brand Image
  27. Resistensi Perempuan Batak Terhadap Dominasi Sistem Patrilineal Budaya Batak Pada Film Demi Ucok Karya Sammaria Simanjuntak
  28. Komodifikasi Dalam Proses Produksi Berita Di Rubrik For Her Jawa Pos
  29. Peran Humas Pemerintah Kota Balikpapan Dalam Mengimplementasikan Konsep Smart City Di Kota Balikpapan
  30. Studi Opini Publik Program Lamongan Green And Clean Di Kabupaten Lamongan
  31. Identitas Militer Dalam Bahasa Slang Pada Komunitas Kadet Akademi Angkatan Laut Di Surabaya
  32. Isu-isu Dan Penyelesaian Konflik Pasangan Suami Istri Beda Kasta Di Bali
  33. Representasi Identitas Gay Dalam Film “cinta Yang Dirahasiakan”
  34. Representasi Pendekar Perempuan Pada Tokoh Malini Dalam Film Gending Sriwijaya