UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 6 / No. 1 / Published : 2019-11

Order : 4, and page :24 - 29

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Representation of patriarchal ideology in instagram comic strips

Author :

  1. Nena Zakiah*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Penelitian ini berfokus pada representasi ideologi patriarki yang ditampilkan pada komik strip @komikkipli di media sosial Instagram. Patriarki merupakan sistem dimana laki-laki mendominasi dan memiliki superioritas terhadap perempuan dan membuat perempuan tetap dikuasai melalui bermacam-macam cara. Representasi ideologi patriarki menjadi penting karena seringkali nilai-nilai patriarki mereduksi peran perempuan dan menggambarkan perempuan sebagai sosok yang lemah dan tidak berdaya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana representasi ideologi patriarki ditampilkan pada komik strip @komikkipli di media sosial Instagram. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika milik Charles Sanders Peirce. Tinjauan pustaka yang digunakan oleh peneliti adalah male gaze sebagai cara laki-laki mengontrol perempuan, objektifikasi tubuh perempuan, konsep maskulinitas, bahasa sebagai bentuk dominasi patriarki dan semiotika Charles Sanders Peirce. Berdasarkan analisis, temuan yang didapatkan adalah representasi ideologi patriarki yang ditampilkan dalam komik strip @komikkipli di media sosial Instagram yang meliputi male gaze sebagai cara laki-laki untuk mengontrol perempuan, bahasa sebagai bentuk kekuasaan dan dominasi patriarki dan konsep maskulinitas pada laki-laki. Dari analisis tersebut, peneliti mendapati berbagai penggambaran tentang patriarki, seperti menggambarkan laki-laki sebagai sosok yang kuat, memiliki kuasa dan superior, sementara perempuan digambarkan sebagai sosok yang lemah, tak berdaya, ditampilkan sebagai objek seksual dan memiliki posisi yang inferior.

Keyword :

patriarki, dominasi laki-laki, representasi, semiotika, komik strip,


References :

  1. Adipoetra FG, (2016). Representasi Patriarki dalam Film Batas. Vol. 4 No. 1 : Jurnal E -Komunikasi
  2. Dina F et al., (2013). Representasi Ideologi Patriarki dalam Novel Tanah Tabu Kajian Feminisme Radikal. Vol. 2 No. 1 : Jurnal Sastra Indonesia
  3. Fitria EM, (2015). Dampak Online Shop di Instagram dalam Perubahan Gaya Hidup Konsumtif Perempuan Shopaholic di Samarinda. Vol. 1 No. 3 Hal. 117-128 : EJournal Ilmu Komunikasi
  4. Karman, (2017). Bahasa dan Kekuasaan: Instrumen Simbolik Peraih Kekuasaan Versi Bourdieu . Vol. 21 No. 2 Hal. 235 – 246 . : Jurnal Studi Komunikasi dan Media
  5. Khairunnisa, (2014). Dampak Aplikasi Instagram terhadap Perilaku Konsumtif Remaja dalam Berbelanja Online di Kalangan Siswa -Siswi SMA Negeri 2 Tenggarong. Vol. 2 No. 4 Hal. 220 -230 : e -Journal Ilmu Komunikasi
  6. Kurnia N, (2004). Representasi Maskulinitas dalam Iklan. Vol. 8 No.1 Hal. 17 -36 : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia
  7. Manampiring RA, (2015). Peranan Media Sosial Instagram dalam Interaksi Sosial Antar Siswa SMA Negeri 1 Manado (Studi pada Jurusan IPA Angkatan 2012). Vol. 4 No. 4 : EJournal “Acta Diurna”
  8. Ramliyana R, (2016). Penerapan Media Komik pada Pembelajaran BIPA (Studi Kasus pada Peserta Korea Tingkat Pemula di Universitas Trisakti Jakarta). Vol. 1 No. 1 Hal. 8 -17 : Jurnal SAP
  9. Tinarbuko S , (2003). Semiotika Analisis Tanda pada Karya Desain Komunikasi Visual. Vol. 5 No. 1 Hal. 31 -47 : NIRMANA
  10. Tuchman G , (1979). Women‟s Depiction by the Mass Media. Vol. 4 Hal. 528 -542 : Sign
  11. Waluyanto HD, (2005). Komik sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Vol. 7 Vol. 1 Hal. 45 -55 . : NIRMANA




Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 1 / Pub. : 2019-11
  1. Parent-child communication regarding partner in bibit, bebet, bobot through storytelling
  2. Acceptance of women's audience about women's identity in kondom sutra ads on television
  3. Consumer response in surabaya in the effort of brand repositioning jamoe iboe natural drink
  4. Representation of patriarchal ideology in instagram comic strips
  5. Representation of street culture appeared in youtube brand h&m account