Commonline
ISSN
Vol. 6 / No. 1 / Published : 2019-11
Order : 5, and page :30 - 36
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Representation of street culture appeared in youtube brand h&m account
Author :
- Wahyu Tri Kuntari*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Penelitian ini berfokus pada representasi Street Culture yang ditampilkan pada youtube H&M yang berjudul H&M Loves Choachella, Street Style Berlin, Street Style: Brooklyn NightLife, dan Street Style Paris. Street Culture sering diidentikkan denganmasyarakat arus bawah yang melakukan aktivitas diruang perkotaan yang jarang terjamah oleh masyarakat. Representasi Street Culture menjadi penting karena sub-kultur sering kali digambarkan dengan hal-hal negatif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana representasi Street Culture ditampilkan pada youtube H&M. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi semiotika milik Roland Barthes. Untuk Tinjauan pustaka yang digunakan oleh peneliti adalah Fashion Sebagai Identitas dan Bentuk Representasi diri, Street Culture, Konsep Kebebasan, Semiotika Roland Barthes, dan Youtube dan Budaya Visual.Berdasarkan analisis, temuan yang didapatkan adalah representasi street culture yang ditampilkan dalam youtube H&M meliputi Gaya hidup, Fashion street style sebagai bentuk perlawanan, dan kebebasan sebagai bentuk aktualisasi diri. Dari analisis tersebut peneliti mendapati berbagai mitos tentang street culture. Mitos yang sering dihadirkan adalah tentang perbedaan status sosial yang ditujukkan dengan gedung tua sebagai simbol pembatas atas sub-kultur tersebut.
Keyword :
street culture, fashion, representasi, semiotika, youtube,
References :
Bernard M,(2009) Fashion Sebagai Komunikasi: Cara Mengkomunikasikan identitas sosial, seksual, kelas, dan Gender Yogyakarta : Jalasutra
Danesi M,(2010) Pesan, Tanda, dan Makna Yogyakarta : Jalasutra
Kellner D & Rambatan Galih B,(2010) Budaya Media: Cultural Studies, Identitas, dan Politik Antara Modern dan Postmodern Yogyakarta : Jalasutra
Chaney D,(2004) ) Lifestyle: sebuah pengantar komprehensif Yogyakarta : Jalasutra
Fiske J,(2011) Memahami Budaya Populer Yogyakarta : Jalasutra
Tahela S,(2015) Budaya Fashion Jalanan Dalam Street Photography Vol. 12 No. 2 : Dimensi
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
Volume : 6 / No. : 1 / Pub. : 2019-01 |
|