UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 6 / No. 1 / Published : 2019-11

Order : 5, and page :30 - 36

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Representation of street culture appeared in youtube brand h&m account

Author :

  1. Wahyu Tri Kuntari*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Penelitian ini berfokus pada representasi Street Culture yang ditampilkan pada youtube H&M yang berjudul H&M Loves Choachella, Street Style Berlin, Street Style: Brooklyn NightLife, dan Street Style Paris. Street Culture sering diidentikkan denganmasyarakat arus bawah yang melakukan aktivitas diruang perkotaan yang jarang terjamah oleh masyarakat. Representasi Street Culture menjadi penting karena sub-kultur sering kali digambarkan dengan hal-hal negatif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana representasi Street Culture ditampilkan pada youtube H&M. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi semiotika milik Roland Barthes. Untuk Tinjauan pustaka yang digunakan oleh peneliti adalah Fashion Sebagai Identitas dan Bentuk Representasi diri, Street Culture, Konsep Kebebasan, Semiotika Roland Barthes, dan Youtube dan Budaya Visual.Berdasarkan analisis, temuan yang didapatkan adalah representasi street culture  yang ditampilkan dalam youtube H&M meliputi Gaya hidup, Fashion street style sebagai bentuk perlawanan, dan kebebasan sebagai bentuk aktualisasi diri. Dari analisis tersebut peneliti mendapati berbagai mitos tentang street culture. Mitos yang sering dihadirkan adalah tentang perbedaan status sosial yang ditujukkan dengan gedung tua sebagai simbol pembatas atas sub-kultur tersebut.

Keyword :

street culture, fashion, representasi, semiotika, youtube,


References :

Bernard M,(2009) Fashion Sebagai Komunikasi: Cara Mengkomunikasikan identitas sosial, seksual, kelas, dan Gender Yogyakarta : Jalasutra

Danesi M,(2010) Pesan, Tanda, dan Makna Yogyakarta : Jalasutra

Kellner D & Rambatan Galih B,(2010) Budaya Media: Cultural Studies, Identitas, dan Politik Antara Modern dan Postmodern Yogyakarta : Jalasutra

Chaney D,(2004) ) Lifestyle: sebuah pengantar komprehensif Yogyakarta : Jalasutra

Fiske J,(2011) Memahami Budaya Populer Yogyakarta : Jalasutra

Tahela S,(2015) Budaya Fashion Jalanan Dalam Street Photography Vol. 12 No. 2 : Dimensi





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 1 / Pub. : 2019-01
  1. Parent-child Communication Regarding Partner In Bibit, Bebet, Bobot Through Storytelling
  2. Acceptance Of Women's Audience About Women's Identity In Kondom Sutra Ads On Television
  3. Consumer Response In Surabaya In The Effort Of Brand Repositioning Jamoe Iboe Natural Drink
  4. Representation Of Patriarchal Ideology In Instagram Comic Strips
  5. Representation Of Street Culture Appeared In Youtube Brand H&m Account