Catalog :




Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 1 / No. 2 / Published : 2013-02

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Strategi relationship marketing indosat east java bali nusra (ejbn) dalam mempertahankan loyalitas konsumen

Author :

  1. Renita Yulia Kuswindriati *1
  1. mahasiswa

Abstract :

ABSTRAK Penelitian ini berfokus untuk mendeskripsikan strategi relationship marketing Indosat East Java Bali Nusra (EJBN) dalam mempertahankan loyalitas konsumen. Obyek penelitian ini adalah Indosat dengan subyek penelitian yaitu tiga orang informan dari tim Marketing, VAS and Community Indosat. Tim ini dipilih sebagai subyek penelitian sebab tim ini yang mengurusi seluruh komunikasi pemasaran Indosat serta berhak menentukan dan menjalankan strategi komunikasi pemasaran Indosat. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, peneliti ingin mendapatkan data yang deskriptif melalui teknik in depth interview dengan subyek penelitian. Indosat telah melakukan berbagai strategi relationship marketing antara lain pendekatan komunitas, customer service, saluran digital, brand activation, Customer Relationship Management (CRM) dan program-program retensi konsumen Indosat. Kesemua strategi relationship marketing yang dilakukan Indosat ini terbukti dapat mempertahankan loyalitas konsumen. Hal ini dibuktikan dengan berbagai indikator loyalitas konsumen menurut Indosat yang menyebutkan bahwa konsumen Indosat saat ini telah loyal. Kata kunci: relationship marketing, komunikasi pemasaran, interaksi dan dialog, Indosat, loyalitas

Keyword :

relationship marketing, komunikasi pemasaran, interaksi dan dialog, indosat, loyalitas,


References :

  1. Erika, (2009). Skripsi: Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Konsumen pada PT Olagafood Industri Medan. Medan : Universitas Sumatera Utara
  2. Fill, Chris., (2009). Marketing Communications Interactivity, Communities and Content. . England : Prentice Hall.
  3. Kotler, Philip, (2003). Marketing Insights fom A to Z. Jakarta : Erlangga
  4. Muprhy, A. John, (2001). The Lifebelt Definitive Gide to Managing Customer Retention. New York : John Wiley & Sons, Ltd
  5. Indosat, (2011). Dokumen milik tim Marketing, VAS and Community Indosat. Jakarta : Indosat


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : / No. : / Pub. :