Commonline
ISSN
Vol. 2 / No. 2 / Published : 2013-02
Order : 2, and page :153 - 161
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Strategi caregivers dalam mengkomunikasikan gender (gender socialization) pada anak-anak lembaga pengasuhan sos children’s village lembang, jawa barat
Author :
- Rani Sukma Ayu Suteja*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
ABSTRAK Penelitian ini mengenai strategi caregivers dalam mengkomunikasikan gender (gender socialization) pada anak-anak lembaga pengasuhan SOS Children’s Village Lembang. Masalah ini menarik karena gender socialization sangat penting, melalui proses ini diharapkan seorang anak dapat mempelajari, memahami karakteristik, tuntutan peran dan tanggung jawab yang dianggap sesuai dengan jenis kelaminnya. Tugas caregivers (pengasuh) di lembaga pengasuhan dalam melakukan gender socialization tidaklah mudah karena anak asuh memiliki latar belakang dan sifat yang berbeda, serta tidak memiliki ikatan darah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif dengan melakukan indepht interview dan observasi. Teori yang digunakan peneliti adalah teori relational development dan symbolic interactionism. Hasil penelitian menunjukkan strategi caregivers dalam melakukan gender socialization adalah melalui pemilihan pakaian, permainan, pembentukan karakter, kegiatan, dan pembentukan peran serta tanggung jawab. Anak laki-laki dituntut untuk maskulin dan berperan di sektor publik, sedangkan anak perempuan dituntut untuk feminin dan berperan di sektor domestik. Kata kunci: Gender Socialization, Komunikasi Keluarga, Lembaga Pengasuhan, SOS Children’s Village
Keyword :
Gender Socialization, komunikasi keluarga, lembaga pengasuhan, SOS Children’s Village,
References :
Gunarsa, S.D, Gunarsa, Y.S.D ,(1979) Psikologi untuk Muda-Mudi Jakarta : BPK Gunung Mulia
Galvin, K. M., Bylund, C.L, & Brommel, B.J ,(2004) Family Communication: Cohesion and Change (6th ed), New York. : Pearson Education
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
Volume : 2 / No. : 2 / Pub. : 2013-02 |
|