UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 3 / No. 2 / Published : 2014-07

Order : 1, and page :40 - 53

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Strategi government relations pt pal indonesia (persero) untuk mempengaruhi komite kebijakan industri pertahanan dalam penunjukan lead integrator alutsista matra laut pada tahun 2012

Author :

  1. Arni Prabawati*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang strategi government relations yang dilakukan oleh PT PAL Indonesia (Persero) Terhadap Komite Kebijakan Industri Pertahanan dalam penunjukan lead integrator alutsista matra laut pada tahun 2012. Penelitian ini menggunakan tinjauan pustaka public relations sebagai upaya menjalin hubungan dengan publik, government relations sebagai upaya mempengaruhi kebijakan, dan implementasi strategi government relations di perusahaan. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT PAL Indonesia (Persero) menerapkan strategi government relations yang berorientasi pada kebijakan dengan menyasar langsung pada decision maker, yakni melalui direct lobbying, audiensi dan special event. Hal ini dapat menjadi best practice ketika perusahaan memiliki bargaining power yang tinggi pada pemerintah, seperti halnya studi kasus ini. Strategi government relations ini dilakukan oleh departemen humas, direksi dan divisi-divisi lain di PT PAL Indonesia (Persero).   Kata kunci: Government Relations, Komite Kebijakan Industri Pertahanan, Lead Integrator Alutsista, Perusahaan Pemerintah. 

Keyword :

Government Relations, Komite Kebijakan Industri Pertahanan, Lead Integrator Alutsista, Perusahaan Pemerintah.,


References :

  1. Kasali, R. , (2000). Manajemen Public Relations, . Jakarta : Grafiti,
  2. Sari, N. R., (2012). Dasar-Dasar Public Relations : Membangun Hubungan Dengan Publik. Surabaya : PT Revka Petra Media




Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 2 / Pub. : 2014-06
  1. Budaya organisasi holcim indonesia tuban project (studi budaya organisasi melalui communication performances)
  2. Perempuan dan sensualitas: bentuk komodifikasi tubuh perempuan melalui body images yang dikonstruksikan di dalam iklan axe
  3. Integrasi internet marketing dan customer relationship management (crm) penerbit nulisbuku
  4. Strategi government relations pt pal indonesia (persero) untuk mempengaruhi komite kebijakan industri pertahanan dalam penunjukan lead integrator alutsista matra laut pada tahun 2012
  5. Interpretasi khalayak pada identitas polisi yang direpresentasikan di televisi
  6. Wacana gaya hidup konsumtif dalam novel bergenre chicklit di indonesia
  7. Representasi citra polri dalam foto satire di situs 9gag
  8. Konstruksi kepemimpinan dalam iklan kampanye bakal calon presiden gita wirjawan di televisi
  9. Representasi perempuan dalam film bertema islam pada film perempuan berkalung sorban karya hanung bramantyo
  10. Strategi online public relations dalam brand awarenes aiesec surabaya
  11. Analisis loyalitas konsumen starbucks terhadap brand starbucks di surabaya
  12. Implementasi jember fashion carnaval sebagai bagian dari city branding kabupaten jember
  13. Hubungan terpaan iklan televisi pizza hut dengan motivasi konsumen surabaya membeli produk pizza hut
  14. Strategi integrated marketing communication (imc) telkom flexi dalam membangun brand identity sebagai internet broadband
  15. Analisis wacana dominasi major label pada industri musik indonesia dari band efek rumah kaca
  16. Implementasi integrated marketing communications taman hiburan jawa timur park 1
  17. Representasi identitas remaja laki-laki melalui penggunaan fashion
  18. Penerimaan pemain olahraga terhadap fashion sports di internet (website dan media sosial)
  19. Story telling dalam penyampaian rahasia keluarga mengenai pengadopsian anak oleh orang tua terhadapanak adopsinya
  20. Analisis wacana identitas remaja perempuan muslim indonesia dalam majalah hijabella
  21. Opini mahasiswa surabaya terhadap iklan politik partai nasdem melalui media televisi
  22. Loyalitas konsumen kedai kopi di surabaya (studi deskriptif loyalitas konsumen coffee toffee di surabaya)
  23. Analisis semiotika: konstruksi perlawanan pada mural “what’s next indonesia batik”
  24. Motif user di surabaya mengakses www.suarasurabaya.net
  25. Penerimaan penggemar kpop terhadap gambaran penampilan pria maskulin di music video kpop 2 pm all day thinking of you dan infinite man in love
  26. Strategi promosi kesehatan drug free community (dfc) dalam program advokasi pasien hiv dan aids
  27. Representasi spiritualitas kristen pada arsitektur gereja kristen indonesia pregolan bunder surabaya
  28. Hubungan antara terpaan iklan billboard erha clinic dengan motivasi pria menggunakan pelayanan erha clinic di surabaya
  29. Proses pengambilan keputusan konsumen dalam membeli produk natasha skin care
  30. Strategi political public relations dalam kampanye pemilu 2014 (studi kasus totok daryanto, calon legislatif dpr ri di dapil v jawa timur)
  31. Wacana relasi gender suami istri dalam keluargamuslim di majalah wanita muslim indonesia