Catalog :




Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-06

TOC : 1, and page :32 - 47

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Sumber – sumber informasi remaja perempuan di surabaya dalam melakukan peniruan cara berpakaian

Author :

  1. Chika Citrawati *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK  Fokus penelitian ini adalah sumber- sumber informasi remaja perempuan di  Surabaya yang melakukan peniruan cara berpakaian. Penelitian ini signfikan karena informasi menjadi kebutuhan pokok bagi pengguna tertentu. Dalam halnya fashion, proses pencarian informasi muncul pada individu yang merasakan kekurangan dan keraguan akan citra dirinya, terutama dikalangan remaja perempuan. Ketersediaan informasi pada media massa menambah jumlah sumber informasi cara berpakaian yang menuntun perilaku meniru penampilan seseorang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja sumber-sumber informasi remaja perempuan dalam melakukan peniruan cara berpakaian di Surabaya.Kerangka teori menggunakan Proses Komunikasi, Sumber Informasi, Model Pencarian Informasi, Teori Imitasi dan Teori Reinforcement Imitasi. Dengan Metode penelitian kuantitatif deskriptif melalui instrument kuisioner pada 100 orang remaja perempuan yang berada di Surabaya. Hasil penelitian ini remaja perempuan yang menjadikan internet dan teman sebaya sebagai sumber informasinya dalam melakukan peniruan cara berpakaian. Perilaku meniru cara berpakaian ini dilakukan karena mempengaruhi penerimaan diri seorang remaja perempuan didalam pergaulannya.   Kata kunci: Sumber – sumber informasi, Remaja Perempuan, Perilaku Peniruan, Fashion

Keyword :

Sumber – sumber informasi, Remaja Perempuan, Perilaku Peniruan, Fashion,


References :

  1. Claik, Jennifer, (1993). The Face Of Fashion: Cultural Studies In Fashion. New York. : Routledge
  2. Barnard, Malcom, (2002). Fashion as Communication, second edition. New York : Routledge


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-06
  1. Repesentasi perempuan suku bajo dalam film “the mirror never lies”
  2. Penerimaan perempuan terhadap representasi model perempuan pada iklan rokok pall mall “light up the night” dan sampoerna mild pada media di indonesia
  3. Sumber – sumber informasi remaja perempuan di surabaya dalam melakukan peniruan cara berpakaian
  4. Penerapan fungsi-fungsi peran dalam komunikasi keluarga yang memiliki individu penyandang autisme
  5. Teknik-teknik komunikasi pemasaran anggota komonshop indonesia melalui social media
  6. Opini khalayak terhadap penggunaan bintang iklan pada iklan ponds di televisi
  7. Tingkat capaian brand awareness apple melalui promotional tools pada masyarakat surabaya
  8. Analisis wacana kritis stereotip etnis tionghoa pada pertunjukan stand-up comedy yang ditampilkan ernest prakasa
  9. Penerimaan khalayak remaja perempuan pembaca majalah gogirl! terhadap konsep kecantikan dalam rubrik q&a fashion dan beauty
  10. Wacana gay dalam skenario film arisan!
  11. Hubungan antara terpaan media tayangan bima satria garuda dengan perilaku kekerasan yang dilakukan oleh anak
  12. Penggambaran anak-anak dalam program televisi si bolang trans7
  13. Fanatisme fans kpop dalam blog netizenbuzz
  14. Representasi nasionalisme dalam film “5 cm”
  15. Wacana kecantikan dan proses penuaan perempuan pada iklan olay total effects “atasi tujuh tanda penuaan”
  16. Penggambaran mitos cantik kota surabaya
  17. Analisis wacana kritis komodifikasi development basketball league 2013 melalui teks pemberitaan jawa pos
  18. Participatory culture dalam suegele lek fans club - radio suzana fm surabaya
  19. Sikap pengguna askes sosial terhadap pelayanan askes center pt. askes (persero)
  20. Konstruksi identitas balita dalam iklan susu
  21. Representasi maskulinitas dalam fan fiction une amore
  22. Strategi pasangan suami-istri mengkomunikasikan bentuk kemandirian pada anak tunarungu
  23. Program kemitraan dan bina lingkungan sebagai strategi pembentukan citra perusahaan sebagai program corporate social responsibility pt petrokimia gresik
  24. Strategi marketing public relations pt. cipta mortar utama dalam membentuk loyalitas pelanggan
  25. Aktivitas online public relations humas pt. angkasa pura 1 (persero) bandara juanda