Catalog :




Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 3 / No. 1 / Published : 2014-06

TOC : 1, and page :16 - 27

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Wacana peran perempuan dalam kolom story rubrik for her surat kabar jawa pos

Author :

  1. Ammalia Agustya Rachmawati *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Studi ini mengkaji peran perempuan yang diwacanakan dalam teks Kolom Story Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos. Penelitian ini menarik karena peran perempuan yang digambarkan dalam media massa cenderung menonjolkan peran dalam wilayah domestik daripada wilayah publik. Melalui penelitian ini, peneliti akan membongkar peran perempuan yang ditampilkan dalam teks Kolom Story Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos. Tinjauan pustaka dari penelitian ini adalah mengenai Representasi Identitas Perempuan dalam Media Massa. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian eksploratif dengan analisis wacana Sara Mills sebagai metode. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran perempuan yang muncul dalam Kolom Story masih cenderung menampilkan peran domestik perempuan. Dengan demikian, wacana mengenai peran perempuan yang muncul masih membahas peran perempuan di wilayah domestik dan kolom Story belum bisa menampilkan kedua peran perempuan secara seimbang. Kata Kunci : Wacana, Representasi, Peran, Perempuan, Surat Kabar

Keyword :

Wacana, Representasi, Peran, Perempuan, Surat Kabar,


References :

  1. Alimi, Moh Yasin, (2004). Dekonstruksi Seksualitas Postkolonial : Dari Wacana Bangsa Hingga Wacana Agama. . Yogyakarta : LkiS
  2. Eriyanto, , (2001). Analisis Wacana : Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta : LKis


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 1 / Pub. : 2014-04
  1. Mitos ibu dalam tayangan reality show ibu di trans tv
  2. Wacana peran perempuan dalam kolom story rubrik for her surat kabar jawa pos
  3. Identitas sinden dalam novel indonesia
  4. Opini masyarakat surabaya terhadap tayangan acara “reportase investigasi”di trans tv
  5. Teknik-teknik komunikasi pemasaran anggota komonshop indonesia melalui social media
  6. Strategi media relations divisi penerangan sosial budaya (pensosbdud) kbri australia terkait pemberitaan kasus organisasi papua merdeka (opm).
  7. Strategi komunikasi pemasaran pada rumah cantik citra di surabaya
  8. Tahapan hubungan menuju pernikahan (commited romantic relationship) pada etnis arab di kampung arab ampel, surabaya
  9. Motif pendengar aktif program ebs nine one one dalam mendengarkan dan mengirimkan sms pada fitur sos number
  10. Gambaran perempuan karir dalam program news for woman sbo tv
  11. Difusi inovasi jaring pengusir burung pada kelompok tani sumber makmur di desa kalibelo, kecamatan gampengrejo, kabupaten kediri
  12. Representasi identitas remaja perempuan indonesia dalam majalah gogirl!
  13. Penerapan promotional tools pada umkm “amble footwear”
  14. Pembentukan couple types berdasarkan komunikasi dalam menjalankan role family function pada keluarga dengan stay at home dad
  15. Strategi integrated marketing communications (imc) dalam reposisi pada cv. khatulistiwa international cargo