ISSN
Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-05
Order : 4, and page :619 - 629
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Motif membaca rubrik for her surat kabar jawa pos pada perempuan
Author :
- Ricky Andrianto Widodo *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian mengenai motif penggunaan media oleh perempuan, khususnya dalam membaca rubrik For Her surat kabar Jawa Pos di Surabaya. Alasan peneliti memilih topik ini adalah karena peran surat kabar saat ini yang cenderung ditinggalkan oleh pembacanya. Hal ini dibuktikan oleh hasil survey Nielsen Media Reserch yang menyebutkan bahwa penggunaan media cetak mengalami penurunan. Sedangkan, hasil survei lain oleh MARS Indonesia, menunjukkan bahwa masih tingginya minat perempuan dalam membaca surat kabar, khususnya Jawa Pos melalui rubrik For Her di Surabaya. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications yang beranggapan bahwa khalayak media dianggap aktif dalam menggunakan media berdasarkan motif-motif tertentu yang melatarbelakanginya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif dan metode yang digunakan adalah survey. Pengukuran motif dilakukan dengan menggunakan tabel frekuensi dan tabulasi silang terhadap motif Surveillance, Personal Identity, Personal Relationship, dan Diversion.
Kata Kunci: Motif, Perempuan, Rubrik For Her Jawa Pos, Surabaya.
Keyword :
motif , perempuan, rubrik for her jawapos, surabaya,
References :
Effendy, O., ,(2003) Ilmu, Teori dan Filsafah Komunikasi Bandung : Aditya Bakti
Husdarta,(2011) Manajemen Pendidikan Jasmani, Jakarta. : Alfabeta
Archive Article
Cover Media |
Content |
Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-05 |
- Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
- Motif Remaja Akhir Surabaya Menggunakan Game Facebook
- Aliran Informasi Dalam Sistem Organisasi Pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (kbri) Canberra (studi Kasus: People Smuggling)
- Studi Fandom Jkt48 Sebagai Pop Culture
- Analisis Discourse Gerakan Sosial Pada Grup Facebook ‘save Kpk....!!’
- Penggambaran Budaya Tionghoa Indonesia Di Surabaya Dalam Majalah Internal Pasar Atom & Atom Mall : “shopping At Pasar Atom”
- Perempuan Dalam Lirik Lagu Dangdut Koplo Dimaknai Pekerja Keras Dan Curhat “melas“
- Representasi Identitas Etnis Papua Dalam Film Lost In Papua
- Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
- Corporate Rebranding Waralaba Pt. Coffee Toffee Indonesia Melalui Promotional Tools
- Penggambaran Peran Suami Istri Dalam Iklan Teh Sariwangi
- Motif Menggunakan Social Media Path Pada Mahasiswa Di Surabaya
- Kegiatan Komunikasi Pemasaran Depot Rujak Cingur Genteng Durasim Surabaya
- Representasi Peran Ibu Dalam Film Ummi Aminah Karya Aditya Gumay
- Analisis Genre Film Horor Indonesia Dalam Film Jelangkung (2001)
- Motif Remaja Pengguna Facebook Dalam Memainkan Game Farmville2
- Wacana Kecantikan Perempuan Dalam Teks Gaya Hidup Vegetarian Pada Media Online Vemale.com
- Studi Analisis Pemaknaan Hijabers Community Surabaya Terhadap Hijab Dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa
- Representasi Nasionalisme Dalam Video Klip Jadilah Legenda Oleh Group Band Superman Is Dead
- Motif Membaca Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos Pada Perempuan
- Pola Komunikasi Kyai Di Pondok Pesantren
- Representasi Perempuan Dalam Hubungan Romantis Pada Lirik Lagu Kirana Dan Tega
- Preferensi Audiens Terhadap Elemen-elemen Iklan Tvc Produk Teh Pucuk Harum 2013
- Wacana Perempuan Dalam Film Animasi Disney Princess “brave”
- Representasi Identitas Waria Dalam Kostum Waria Pada Film Madame X
- Wacana Perceraian Dan Selebriti Perempuan Dalam Program Talkshow Hitam Putih Di Trans7
|