ISSN
Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-05
Order : 5, and page :630 - 664
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Pola komunikasi kyai di pondok pesantren
Author :
- Sri Wulandari *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang pola komunikasi kyai di Pondok Pesantren Sidogiri dan Pondok Pesantren Bumi Shalawat. Dalam penelitian ini, pondok pesantren dipandang sebagai sebuah organisasi. Sehingga pola komunikasi kyai yang dimaksud adalah pola komunikasi dalam konteks komunikasi organisasi. Signifikasi penelitian ini terletak pada pentingnya pengetahuan mengenai pola komunikasi khususnya pola komunikasi seorang atasan, sehingga proses komunikasi yang akan berlangsunng dapat diprediksi dan berjalan secara efektif. Penelitian deskriptif ini berusaha untuk mendeskripsikan pola komunikasi kyai di kedua pondok pesantren tersebut. Untuk mndapatkan hasil penelitian, peneliti menggunakan metode wawancara mendalam dan obsevasi partisipasi pasif. Pola komunikasi kyai di kedua pondok pesantren mempunyai pola komunikasi berbentuk ‘Y’ dan berbentuk roda. Selain itu, pola komunikasi kyai juga dilihat dari konten komunikasi, arah aliran komunikasi, saluran atau cara komunikasi, gaya komunikasi dan hambatan komunikasi.
Kata Kunci: Pola Komunikasi Organisasi, Kyai, Pondok Pesantren.
Keyword :
Pola Komunikasi Organisasi, Kyai, Pondok Pesantren.,
References :
Kreps, Gary L. ,(1986) Organizational Communication New York. : Longman Inc
Miller, Katherine,(2003) Organizational Communication : Approaches and Processes, Belmont : CA: Wadsworth.
Archive Article
Cover Media |
Content |
Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-05 |
- Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
- Motif Remaja Akhir Surabaya Menggunakan Game Facebook
- Aliran Informasi Dalam Sistem Organisasi Pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (kbri) Canberra (studi Kasus: People Smuggling)
- Studi Fandom Jkt48 Sebagai Pop Culture
- Analisis Discourse Gerakan Sosial Pada Grup Facebook ‘save Kpk....!!’
- Penggambaran Budaya Tionghoa Indonesia Di Surabaya Dalam Majalah Internal Pasar Atom & Atom Mall : “shopping At Pasar Atom”
- Perempuan Dalam Lirik Lagu Dangdut Koplo Dimaknai Pekerja Keras Dan Curhat “melas“
- Representasi Identitas Etnis Papua Dalam Film Lost In Papua
- Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
- Corporate Rebranding Waralaba Pt. Coffee Toffee Indonesia Melalui Promotional Tools
- Penggambaran Peran Suami Istri Dalam Iklan Teh Sariwangi
- Motif Menggunakan Social Media Path Pada Mahasiswa Di Surabaya
- Kegiatan Komunikasi Pemasaran Depot Rujak Cingur Genteng Durasim Surabaya
- Representasi Peran Ibu Dalam Film Ummi Aminah Karya Aditya Gumay
- Analisis Genre Film Horor Indonesia Dalam Film Jelangkung (2001)
- Motif Remaja Pengguna Facebook Dalam Memainkan Game Farmville2
- Wacana Kecantikan Perempuan Dalam Teks Gaya Hidup Vegetarian Pada Media Online Vemale.com
- Studi Analisis Pemaknaan Hijabers Community Surabaya Terhadap Hijab Dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa
- Representasi Nasionalisme Dalam Video Klip Jadilah Legenda Oleh Group Band Superman Is Dead
- Motif Membaca Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos Pada Perempuan
- Pola Komunikasi Kyai Di Pondok Pesantren
- Representasi Perempuan Dalam Hubungan Romantis Pada Lirik Lagu Kirana Dan Tega
- Preferensi Audiens Terhadap Elemen-elemen Iklan Tvc Produk Teh Pucuk Harum 2013
- Wacana Perempuan Dalam Film Animasi Disney Princess “brave”
- Representasi Identitas Waria Dalam Kostum Waria Pada Film Madame X
- Wacana Perceraian Dan Selebriti Perempuan Dalam Program Talkshow Hitam Putih Di Trans7
|