UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-05

Order : 4, and page :583 - 594

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Wacana kecantikan perempuan dalam teks gaya hidup vegetarian pada media online vemale.com

Author :

  1. megameilya@yahoo.com*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

kecantikan perempuan dalam teks gaya hidup vegetarian pada media online Vemale.com. Penulis menggunakan metode critical discourse analysis milik Theo van Leeuwen untuk melihat konsep kecantikan seperti apa yang sebenarnya ditawarkan oleh gaya hidup vegetarian, serta melihat kemungkinan adanya aktor sosial atau kelompok tertentu yang dimarjinalkan keberadaannya. Hasil daripada penelitian ini adalah bahwa identitas perempuan yang ditampilkan adalah identitas perempuan modern dan identitas perempuan kelas menengah atas. Konsep kecantikan yang ditawarkan oleh keempat teks tersebut adalah awet muda, bentuk tubuh ideal, serta kulit yang cerah. Sehingga dari kedua hal tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa kelompok perempuan yang dimarjinalkan posisinya adalah mereka yang tidak memiliki identitas sebagai perempuan modern dan perempuan yang tidak berasal dari kelas menengah atas. Selain itu, kelompok yang termarjinalkan posisinya adalah kelompok perempuan yang tidak memenuhi konsep kecantikan tersebut, yakni berpenampilan awet muda, memiliki bentuk tubuh ideal, serta memiliki kulit yang cerah.   Kata kunci: wacana kecantikan perempuan, identitas perempuan, kapitalisme, budaya populer.

Keyword :

wacana kecantikan perempuan, identitas perempuan, kapitalisme, budaya populer,


References :

Chaney, D,(1996) Lifesyles: sebuah pengantar komprehensif, Yogyakarta. : Jalasutra

Eriyanto,(2001) Analisis wacana: pengantar analisis teks media Yogyakarta : LkiS





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-05
  1. Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
  2. Motif Remaja Akhir Surabaya Menggunakan Game Facebook
  3. Aliran Informasi Dalam Sistem Organisasi Pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (kbri) Canberra (studi Kasus: People Smuggling)
  4. Studi Fandom Jkt48 Sebagai Pop Culture
  5. Analisis Discourse Gerakan Sosial Pada Grup Facebook ‘save Kpk....!!’
  6. Penggambaran Budaya Tionghoa Indonesia Di Surabaya Dalam Majalah Internal Pasar Atom & Atom Mall : “shopping At Pasar Atom”
  7. Perempuan Dalam Lirik Lagu Dangdut Koplo Dimaknai Pekerja Keras Dan Curhat “melas“
  8. Representasi Identitas Etnis Papua Dalam Film Lost In Papua
  9. Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
  10. Corporate Rebranding Waralaba Pt. Coffee Toffee Indonesia Melalui Promotional Tools
  11. Penggambaran Peran Suami Istri Dalam Iklan Teh Sariwangi
  12. Motif Menggunakan Social Media Path Pada Mahasiswa Di Surabaya
  13. Kegiatan Komunikasi Pemasaran Depot Rujak Cingur Genteng Durasim Surabaya
  14. Representasi Peran Ibu Dalam Film Ummi Aminah Karya Aditya Gumay
  15. Analisis Genre Film Horor Indonesia Dalam Film Jelangkung (2001)
  16. Motif Remaja Pengguna Facebook Dalam Memainkan Game Farmville2
  17. Wacana Kecantikan Perempuan Dalam Teks Gaya Hidup Vegetarian Pada Media Online Vemale.com
  18. Studi Analisis Pemaknaan Hijabers Community Surabaya Terhadap Hijab Dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa
  19. Representasi Nasionalisme Dalam Video Klip Jadilah Legenda Oleh Group Band Superman Is Dead
  20. Motif Membaca Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos Pada Perempuan
  21. Pola Komunikasi Kyai Di Pondok Pesantren
  22. Representasi Perempuan Dalam Hubungan Romantis Pada Lirik Lagu Kirana Dan Tega
  23. Preferensi Audiens Terhadap Elemen-elemen Iklan Tvc Produk Teh Pucuk Harum 2013
  24. Wacana Perempuan Dalam Film Animasi Disney Princess “brave”
  25. Representasi Identitas Waria Dalam Kostum Waria Pada Film Madame X
  26. Wacana Perceraian Dan Selebriti Perempuan Dalam Program Talkshow Hitam Putih Di Trans7