INSAN Media Psikologi
ISSN 1411-2671 (Cetak); 2310-7945 (Online)
Vol. 5 / No. 2 / Published : 2003-06
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Pengaruh pemberian pelatihan nlp
Author :
- AryaniTri Wrastari*1
- Psikologi Unair
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian pelatihan NLP terhadap peningkatan penerimaan diri remaja penyandang cacat tubuh, dimana tingkat penerimaan diri merupakan variabel terikat (Y) dan pemberian pelatihan NLP merupakan variabel bebas (X). Populasi dari penelitian ini adalah remaja penyandang cacat tubuh dengan karakteristik populasi adalah remaja berusia 16 – 21 tahun, jenis kelamin pria dan wanita, keadaan cacat diperoleh bukan sejak lahir atau bawaan, memiliki tingkat kecacatan yang berat (yaitu tuna daksa), berpendidikan formal minimal SLTP. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain penelitian adalah True Experimental Research. Pola penelitian adalah Randomized Control Group Posttest Only Design. Pengambilan sampling dilakukan dengan Purposive Sampling. Setelah dipilih 12 sampel penelitian yang memiliki skor penerimaan diri rendah dan sangat rendah, maka dilakukan group matching. Subyek dibagi menjadi 2 kelompok yang kemudian dengan random by group ditentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selanjutnya kelompok eksperimen diberi pelatihan NLP dan kelompok kontrol dibiarkan dalam kondisi biasanya. Pengukuran tingkat penerimaan diri dilakukan dengan Skala Penerimaan Diri. Dari perhitungan reliabilitas alat ukur diperoleh nilai koefisien sebesar 0,9841 yang menunjukkan alat ini reliabel. Dari hasil uji validitas terhadap butir tes, diperoleh korelasi aitem total bergerak dari 0,3050 sampai 0,8741. Teknik analisa data dilakukan dengan uji U Mann-Whitney. Hasil uji U antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sesudah diberikan perlakuan, diperoleh nilai U = 0,000 dengan nilai p = 0,004 berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap tingkat penerimaan diri antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah pemberian pelatihan NLP. Hasil uji U perbedaan mean rank penerimaan diri kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, diperoleh nilai mean rank pada kelompok eksperimen sebesar 9,50 sedangkan mean rank pada kelompok kontrol sebesar 3,50, yang berarti tingkat penerimaan diri pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang lebih besar dibandingkan dengan tingkat penerimaan diri pada kelompok kontrol. Dari hasil uji U, maka hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh antara pemberian Neuro-Linguistik Programming (NLP) terhadap peningkatan penerimaan diri pada remaja penyandang cacat tubuh” diterima.
Keyword :
pelatihan Neuro-Linguistik Programming (NLP), penerimaan diri.,
References :
S Andreas,(1998) NLP : Tehknologi Baru Meraih Sukses Jakarta : Pustaka Delapratasa
C Faulkner,(1998) NLP : Tehknologi Baru Meraih Sukses Jakarta : Pustaka Delapratasa
Atkinson,(1987) Pengantar Psikologi (terjemahan)Edisi kesebelas, Jilid 1. Batam : Interaksara
L. Rita,(1987) Pengantar Psikologi (terjemahan)Edisi kesebelas, Jilid 1. Batam : Interaksara
Richard C Atkinson,(1987) Pengantar Psikologi (terjemahan)Edisi kesebelas, Jilid 1. Batam : Interaksara
Edward E Smith,(1987) Pengantar Psikologi (terjemahan)Edisi kesebelas, Jilid 1. Batam : Interaksara
Daryl J Bern,(1987) Pengantar Psikologi (terjemahan)Edisi kesebelas, Jilid 1. Batam : Interaksara
S Azwar,(2000) Reliabilitas dan Validitas Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset
R Bandler,(1979) Frog Into Princess Utah : Real People Press
R. Grinder,(1979) Frog Into Princess Utah : Real People Press
Richard Bandler,(2003) Neuro-Linguistic Programming : http://www.purenlp.com
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 5 / No. : 2 / Pub. : 2003-08 |
|