UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi

ISSN 2301-7090

Vol. 6 / No. 2 / Published : 2017-12

Order : 1, and page :1 - 12

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Hubungan kualitas pelayanan (service quality) dengan kesetiaan pelanggan (customer loyalty) pada alfamidi dharmawangsa surabaya

Author :

  1. Yullia Rizki Cahya Saputri*1
  2. Cholichul Hadi*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Perubahan budaya masyarakat dalam berbelanja saat ini memunculkan persaingan baru dalam industri ritel modern. Persaingan antar usaha ritel menyebabkan perusahaan mencari berbagai cara untuk mendapatkan pelanggan yang setia. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan kesetiaan pelanggan pada Alfamidi Dharmawangsa Surabaya, serta hubungan tiap dimensi dari kualitas layanan dengan kesetiaan pelanggan. Penelitian ini dilakukan terhadap pelanggan Alfamidi Dharmawangsa dengan 65 partisipan. Alat ukur yang digunakan untuk variabel kualitas layanan adalah Retail Service Quality Scale (RSQS) yang dikembangkan oleh Dabholkar, Thorpe, dan Rentz (1996). Kemudian untuk variabel kesetiaan pelanggan, alat ukur yang digunakan adalah skala kesetiaan pelanggan yang disusun berdasarkan teori milik Oliver (1996). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kesetiaan pelanggan (p = 0,652, r = 0,057), begitupun dengan hubungan dari tiap dimensi kualitas layanan.

Keyword :

kesetiaan pelanggan, kualitas layanan, retail,


References :





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 2 / Pub. : 2017-12
  1. Hubungan Kualitas Pelayanan (service Quality) Dengan Kesetiaan Pelanggan (customer Loyalty) Pada Alfamidi Dharmawangsa Surabaya
  2. Hubungan Organizational Justice Dan Work Engagement Pada Karyawan Pt. Dua Kelinci
  3. Pengaruh Entrepreneurial Intention Terhadap Entrepreneurial Action Dengan Goal Commitment Dan Action-emotion Sebagai Moderator
  4. Hubungan Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Dengan Loyalitas Pelanggan Pada Online Shop
  5. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Staf Pt. X
  6. Perbedaan Kepuasan Kerja Ditinjau Dari Persepsi Budaya Organisasi Karyawan Pr. Mangga Gandeng
  7. Hubungan Antara Sikap Dan Norma Subjektif Dengan Intensi Membeli Produk Halal
  8. Hubungan Antara Kepribadian Proaktif Dan Cetizenship Performance Behavior Dengan Kepuaan Kerja Sebagai Variabel Mediator Pada Perawat Di Rumah Sakit Islam Ahmad Yani-surabaya