Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi
ISSN 2301-7090
Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-12
Order : 6, and page :169 - 176
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Relationship between customer satisfaction with word of mouth for customer on beauty clinic london beauty centre
Author :
- Nindhira Rossellini Putri*1
- Prof. Dr. Fendy Suhariadi, MT.,Psi*2
- -
- -
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kepuasan pelanggan dengan word of mouth pada pelanggan Klinik Kecantikan London Beauty Centre. Kepuasan pelanggan merupakan keseluruhan sikap mengenai barang atau jasa setelah memperoleh dan menggunakannya (Mowen, 1995). Word of mouth merupakan komunikasi informal, antara seseorang komunikator non-komersial (bukan bagian dari perusahaan) dengan orang lain sebagai penerima mengenai merk, produk, organisasi, atau jasa yang telah dirasakan (Harrison-Walker, 2001). Penelitian ini dilakukan pada pelanggan wanita Klinik Kecantikan London Beauty Centre sejumlah 100 orang. Alat pengumpulan data berupa kuesioner kepuasan pelanggan yang terdiri dari 19 butir dan alat ukur word of mouth yang disusun oleh L. Jean Harrison-Walker (2001) yang terdiri dari 13 butir. Reliabilitas skala kepuasan pelanggan (r) adalah 0,858, sedangkan reliabilitas skala word of mouth (r) adalah 0,867. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik korelasi product moment dari Pearson, dengan bantuan program statistik SPSS 16.0 for Windows. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai korelasi antara kepuasan pelanggan dengan word of mouth sebesar 0,380 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kepuasan pelanggan dengan word of mouth pada pelanggan Klinik Kecantikan London Beauty Centre.
Keyword :
kepuasan pelanggan, word of mouth,
References :
Anshori, M., & Iswati, S,(2009) Metodologi penelitian kuantitatif Surabaya : Airlangga University press
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-12 |
|