UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial

ISSN 2301-7074

Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-08

Order : 7, and page :115 - 123

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

hubungan antara persepsi risiko berkendara sepeda motor dengan agresivitas pengendara sepeda motor remaja laki-laki di kecamatan menganti

Author :

  1. Edwin Nugraha*1
  2. Achmad Chusairi*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara persepsi risiko berkendara sepeda motor dengan agresivitas pengendara sepeda motor remaja laki-laki di Kecamatan Menganti. Pelaksanaan penelitian ini berdasarkan tingginya jumlah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara sepeda motor di Kecamatan Menganti. Persepsi risiko berkendara sepeda motor adalah penilaian subjektif terhadap probabilitas terjadinya suatu kecelakaan dan potensi bahaya ketika berkendara dengan menggunakan sepeda motor di jalan raya (Rundmo & Iversen, 2004). Agresivitas pengendara adalah pola perilaku berkendara yang membahayakan dan meningkatkan risiko terhadap pengendara dan pengguna jalan yang lain (Houston dkk, 2003). Penelitian ini dilakukan pada pengendara sepeda motor remaja laki-laki yang berdomisili di Kecamatan Menganti. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 subjek. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini merupakan terjemahan dari skala persepsi risiko berkendara yang disusun oleh Rundmo dan Iversen (2004) dan skala perilaku agresivitas pengendara yang disusun oleh Houston dkk (2003). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik uji korelasi Spearman’s Rho dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 21 for Windows. Hasil dari analisis data penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,379 (siginifikansi > 0,05) dengan nilai koefisien korelasi 0,120. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara persepsi risiko berkendara sepeda motor dengan agresivitas pengendara sepeda motor remaja laki-laki di Kecamatan Menganti.

Keyword :

Persepsi risiko berkendara, Agresivitas pengendara, Remaja, Laki-laki,


References :

Moller, M & Sonja, H. ,(2013) Peer influence on speeding behaviour among male drivers aged 18 and 28 Vol. 64, 92-99 : Accident Analysis and Prevention





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-08
  1. Gambaran Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas Di Daerah Terdampak Erupsi Gunung Kelud
  2. Hubungan Antara Identitas Sosial Dengan Prasangka Pada Anggota Perguruan Pshw Dengan Psht Di Ranting Jiwan Madiun
  3. Hubungan Kohesivitas Dan Social Loafing Dalam Pengerjaan Tugas Berkelompok Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Airlangga
  4. Hubungan Antara Social Support Dengan Organizational Commitment Pada Anggota Paduan Suara Universitas Airlangga
  5. Tipe Strategi Pengelolaan Stres Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 Yang Mengalami Komplikasi Gangren
  6. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kepatuhan Berlalu Lintas Pada Remaja Pengendara Sepeda Motor Di Surabaya
  7. Hubungan Antara Persepsi Risiko Berkendara Sepeda Motor Dengan Agresivitas Pengendara Sepeda Motor Remaja Laki-laki Di Kecamatan Menganti