Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 2 / No. 1 / Published : 2013-04
Order : 3, and page :16 - 21
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Hubungan antara metakognisi dengan prestasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi universitas airlangga yang aktif berorganisasi di organisasi mahasiswa tingkat fakultas
Author :
- Rosi Kurniawati*1
- Tino Leonardi*2
- -
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metakognisi dengan prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang aktif berorganisasi pada organisasi tingkat fakultas. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang aktif berorganisasi di organisasi mahasiswa tingkat Fakultas dengan jumlah sampel penelitian adalah 50 orang. Variabel metakognisi diukur dengan menggunakan kuisioner MAI (Metacognitive Awareness Inventory) yang disusun oleh Schraw & Dennison (1994). Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai sebesar -0,032 yang artinya kedua variabel berkorelasi negatif dan tidak ada hubungan antara metakognisi dengan prestasi akademik pada populasi penelitian ini.
Keyword :
Metakognisi, prestasi akademik, mahasiswa yang aktif berorganisasi, -, -,
References :
Neuman, W.L.,(2007) Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approach (4th ed) New York : Allyn dan Bacon
Ormrod, J. E. ,(2008) Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Jakarta : Erlangga
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 2 / No. : 1 / Pub. : 2013-04 |
|