Libri-Net
ISSN
Vol. 7 / No. 2 / Published : 2019-02
Order : 23, and page :1 - 23
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Kebutuhan informasi siswa kelas x sma dr soetomo surabaya
Author :
- Amalia Rosa Febrianti*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
ABSTRACT Tenth grade students of Dr Soetomo Surabaya have diverse information needs according to their required information.The information needs can ideally unanswered by high school of Dr. Soetomo library, but in fact the library still lacking to fulfill the information needed of tenth grade student. it identified by the level of use collection at the library is very low. To overcome the problem in senior high school of Dr. Soetomo library, the librarian must be sensitive in identifying the information needed especially tenth grade student as a reference for the procurement of library collection by assessing information needs. That problem attract researcher to examine the assessment of the information needs of tenth grade students in senior high school of Dr. Soetomo Surabaya. Researchers used the concept by David Nicholas to describe the information needs of tenth grade student. This study uses a descriptive quantitative method with purposive sampling technique as a method of sampling. Total respondents 100 respondents were chosen according to the needs of research. The result of this study that 32% of tenth grade student access entertainment information topics, that 57% of tenth grade student requires about what the book is the fact for the process of fulfilling the information requirements. The Benefit can be felt if the information needs met and that the tenth grade student choose the information previously lacking in taste to satisfy the needs of 59%.In accessing information tenth grade student. Keyword : assessment of information, tenth grade student, information need ABSTRAK Siswa kelas X SMA Dr.Soetomo Surabaya memiliki kebutuhan informasi yang beragam sesuai dengan informasi yang dibutuhkan. Kebutuhan informasi tersebut idealnya dapat terjawabkan oleh Perpustakaan SMA Dr. Soetomo Surabaya, Namun pada kenyataannya Perpustakaan SMA Dr. Soetomo masih kurang dalam memenuhi kebutuhan informasi siswa kelas X SMA Dr.Soetomo Surabaya dengan teridentifikasinnya tingkat keterpakaian koleksi di Perpustakaan SMA Dr. Soetomo Surabaya sangat rendah. Dalam menyikapi permasalahan di Perpustakaan SMA Dr. Soetomo Surabaya di tuntut untuk peka dalam mengenal kebutuhan informasi siswa terutama siswa kelas X sebagai acuan adanya pengadaan koleksi perpustakaan yaitu dengan melakukan penilaian kebutuhanI informasi. Fenomena tersebut tertarik untuk peneliti teliti mengenai penilaian kebutuhan informasi siswa kelas X SMA Dr. Soetomo Surabaya. Peneliti menggunakan konsep oleh David Nicholas untuk menggambarkan kebutuhan informasi siswa kelas X SMA Dr. Soetomo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskripstif dengan teknik purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Jumlah responden sebanyak 100 responden yang terpilih sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasil dari penelitian ini bahwa 32% siswa kelas X SMA Dr. Soetomo mengakses topik informasi hiburan. Diketahui pula bahwa 57% siswa kelas X SMA Dr. Soetomo memerlukan tentang apa buku tersebut fakta untuk proses memenuhi proses kebutuhan informasi. Manfaat yang di rasakan jika kebutuhan informasi terpenuhi yaitu siswa kelas X SMA Dr. Soetomo memilih informasi yang sebelumnnya di rasa kurang memuaskan kebutuhan sebesar 59%. Dalam mengakses informasi siswa kelas X SMA Dr. Soetomo menggunakan informasi elektronik sebesar 67% mengaku memilih alasan mengakses informasi lebih mudah. Kata kunci : peniliaian kebutuhan informasi, siswa kelas X, kebutuhan informasi
Keyword :
kebutuhan informasi, information need, amalia rosa febrianti, ilmu informasi dan perpustakaan, fisip unair,
References :
Abdul. 2008. Persepsi Guru dan Siswa SMA Terhadap Perpustakaan SMA Panglima Besar Soedirman Jakarta Timur. Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah. Jakarta Ade Kohar,2003. Teknik Penyusunan Kebijakan Pengembangan Koleksi Perpustakaan : Suatu Implementasi Studi Retrospektif. Jakarta. Agosto, Denise E. dan Sandra HughesHassell. (2006). Toward a model of the everyday life information needs of urban teenegers. Part 1: Theoretical Model. Journal of the American Society for Information Sciene and Technology. Anis. 2015. Pengaruh Ketersediaan Koleksi Terhadap Pemenuhan Informasi Di Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Surkarta Atikah. 2017. Kebutuhan Informasi Siswa dan Ketersediaannya di Perpustakaan MAN 13 Jakarta. Jakarta Ahyat. 2017. Pemenuhan Perilaku Penemuan Informasi Pada Siswa. Universitas Raden Patah. Palembang Bagong, Suyanto dan Sutinah 2007. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana. Batley, Sue. 2007. Information Architecture for Information Professionals. Oxford: Chandos Publishing Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuntitatif. Jakarta: Prenadamedia Darmono.2007 . Perpustakaan Sekolah Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja. Grasindo. Jakarta. Devadson, F.J. and Lingam, P . Pratap. (2006). A Methodology for the Identification of Information Needs of Users. 62nd IFLA General Conference – Conference Proceedings. Evan, G Edward. Saponaro, Zarnosky Margaret. 2005 . Developing Library and Information Center Collection. United States of America. Faisal, Sanapaih 2005. Format-Format Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Pustaka. Geneva. 2005 , IMAS Mine Risk Education Best Practice Guidebook 2: Data Collection and Needs Assements. United Nation. Gregory, V.L. 2001, Collection Development and Management for 21st Century Library Collections: An Introduction, Neal-Schuman Publishers, NewYork/London. Har Singh & Preeti Mahajan Library Collection Assements: A Case Study of Two Universities in the region of Punjabh, India. Panjabh University: Chandigarh India. Hales-Mabry, C. 1993. The world of The Aging Information Needs and Choice. Chicago: American Library Assosiaation. Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodelogi Penelitian dan Aplikasinnya.Bogor: Ghalia Indonesia Husa’ada, Miftah.2017. Peranaan Perpustakaan SMA Plus Negri 17 Palembang dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Informasi Pustaka.Palembang: UIN Raden Patah Aprapti, Ida Ayu Gede. dkk .2017. Analisis Kebutuhan Informasi Prngguns di Perpustakaan SMK Negri 3 Denpasar. Denpasar Jendela.data.kemdikbud.go.id.2018, Jenjang Pendidikan SMA Indonesia ( di akses 3 oktober 2018) Jendela.data.kemdikbud.go.id. 2018, Jumlah kondisi perpustakaan SMA di indonesia ( di akses 3 oktober 2018) Lasa Hs.2007 .Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pinus Book Publisher M. Syaikhul. 2017. Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pemustaka. Surabaya: Universitas Airlangga. Masri Singarimbun & Sofyan Effendi, 1995. Metode Penelitian Survei, Edisi Revisi,.Jakarta: PT. Pustaka LP3ES Mediana, Rizka. 2017. Pemanfaatan Sumber Informasi oleh Pemustaka di Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Messner, Angelina. 2009. Need Assements and Analysis Methods University of WisconsinStout. Morissan. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencan Nurlaili. 2017. Pengaruh Ketersediaan Koleksi Terhadap Kunjungan Pemustaka di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Makasar. Makasar : Univesitas Islam Negri Alauddin. Paramjeet K. Walia, Esmat Momeni. Collectiom Development in Public Library and Information Sciene University of Delhi, Delhi, India Pawit, M. Yusuf dan Subekti Priyo. 2010. Teori dan Praktik Penelusuran Informasi Information Retrieval), Jakarta: Kencana Prabowo, Aan. 2015. `Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-book) Oleh Pemustaka di Perpustakaaan SMA Negri 1 Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro. Prastowo, Andi. 2012. Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Jogjakarta: Diva Press. Pratama, Sandi. 2014. Analisis Kebutuhan Siswa dan Ketersediaan Koleksi di Pepustakaan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian PR dan Komunikasi. Jakarata : PT. Raja Grafindo Persada. Samnurlita, Asrul dan Jaya,Saidin. 2016. Ketersediaan Koleksi Buku Dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Siswa Di Perpustakaan SMAN 1 Binongko. Sulawesi Tenggara. Santrock (2003) John W. Adolescene. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga. Setia, Henny. 2016. Kebutuhan Informasi dan Pemenuhan Kebutuhan akan Informasi: Studi Kasus Remaja Kota Sinagar, Dian . 2011. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Bandung: Bejana Sugiyono. 2012. Metode Penelitian dan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukmawati. 2016. Analisis Relevansi Koleksi Perpustakaan dengan Kebutuhan Informasi MTs. Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya Ogan Ilir. Sumatera Selatan: Universitas Islam Raden Patah. Surianti. 2017. Persepsi Siswa Tentang Ketersediaan Koleksi Di Perpustakaan Sma Muhammadiyah Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Makasar: Universitas Islam Negri Alauddin. Syaifullah, Rian. 2018. Perilaku Penemuan Informasi Murid SMA Sederajat Dalam Menentukkan Studi Lanjut. Surabaya: Universitas Airlangga. Talita. 2017. Ketersediaan Koleksi Perpustakaan SMA 3 Depok dalam menumbuhkan minat baca. Perpustakaan Universitas Bunda Mulia. Jakarta Utara Todd, R., Kuhlthau, C. 2004. Ohio Confirms Libraries Play Major In Student Learning. Teachet-Librarianm vol.31 , Iss.4. Yuli Astria. 2012. Pengembangan Koleksi Perpustakaan Untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Siswa Kelas X Di Sma Negeri 3. Semarang
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 7 / No. : 2 / Pub. : 2019-02 |
|