UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 7 / No. 2 / Published : 2019-02

Order : 23, and page :1 - 23

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Kebutuhan informasi siswa kelas x sma dr soetomo surabaya

Author :

  1. Amalia Rosa Febrianti*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRACT  Tenth grade students of Dr Soetomo Surabaya have diverse information needs according to their required information.The information needs can ideally unanswered by high school of Dr. Soetomo library, but in fact the library still lacking to fulfill the information needed of tenth grade student. it identified by the level of use collection at the library is very low. To overcome the problem in senior high school of Dr. Soetomo library, the librarian must be sensitive in identifying the information needed especially tenth grade student as a reference for the  procurement of library collection by assessing information needs. That problem attract researcher to examine the assessment of the information needs of tenth grade students in senior high school of Dr. Soetomo Surabaya. Researchers used the concept by David Nicholas to describe the information needs of tenth grade student. This study uses a descriptive quantitative method with purposive sampling technique as a method of sampling. Total respondents 100 respondents were chosen according to the needs of research. The result of this study that 32% of tenth grade student access entertainment information topics, that 57% of tenth grade student requires about what the book is the fact for the process of fulfilling the information requirements. The Benefit can be felt if the information needs met and that the tenth grade student choose the information previously lacking in taste to satisfy the needs of 59%.In accessing information tenth grade student.  Keyword : assessment of information, tenth grade student, information need                     ABSTRAK  Siswa kelas X SMA Dr.Soetomo Surabaya memiliki kebutuhan informasi yang beragam sesuai dengan informasi yang dibutuhkan. Kebutuhan informasi tersebut idealnya dapat terjawabkan oleh Perpustakaan SMA Dr. Soetomo Surabaya, Namun pada kenyataannya Perpustakaan SMA Dr. Soetomo masih kurang dalam memenuhi kebutuhan informasi siswa kelas X SMA Dr.Soetomo Surabaya dengan teridentifikasinnya tingkat keterpakaian koleksi di Perpustakaan SMA Dr. Soetomo Surabaya sangat rendah. Dalam menyikapi permasalahan di Perpustakaan SMA Dr. Soetomo Surabaya di tuntut untuk peka dalam mengenal kebutuhan informasi siswa terutama siswa kelas X sebagai acuan adanya pengadaan koleksi perpustakaan yaitu dengan melakukan penilaian kebutuhanI informasi. Fenomena tersebut tertarik untuk peneliti teliti mengenai penilaian kebutuhan informasi siswa kelas X SMA Dr. Soetomo Surabaya. Peneliti menggunakan konsep oleh David Nicholas untuk menggambarkan kebutuhan informasi siswa kelas X SMA Dr. Soetomo. Penelitian ini  menggunakan metode kuantitatif deskripstif dengan teknik purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Jumlah responden sebanyak 100 responden yang terpilih sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasil dari penelitian ini bahwa  32% siswa kelas X SMA Dr. Soetomo mengakses topik informasi hiburan. Diketahui pula bahwa 57% siswa kelas X SMA Dr. Soetomo memerlukan tentang apa buku tersebut fakta untuk proses memenuhi proses kebutuhan informasi. Manfaat yang di rasakan jika kebutuhan informasi terpenuhi yaitu siswa kelas X SMA Dr. Soetomo memilih informasi yang sebelumnnya di rasa kurang memuaskan kebutuhan sebesar 59%. Dalam mengakses informasi siswa kelas X SMA Dr. Soetomo menggunakan  informasi elektronik sebesar  67% mengaku memilih alasan mengakses informasi lebih mudah.  Kata kunci : peniliaian kebutuhan informasi, siswa kelas X, kebutuhan informasi   

Keyword :

kebutuhan informasi, information need, amalia rosa febrianti, ilmu informasi dan perpustakaan, fisip unair,


References :

Abdul. 2008. Persepsi Guru dan Siswa  SMA Terhadap Perpustakaan SMA     Panglima Besar Soedirman Jakarta  Timur. Universitas Islam Negri Syarif    Hidayatullah. Jakarta   Ade  Kohar,2003.  Teknik  Penyusunan  Kebijakan  Pengembangan  Koleksi     Perpustakaan : Suatu Implementasi Studi Retrospektif. Jakarta.  Agosto, Denise E. dan Sandra HughesHassell. (2006). Toward a model of the    everyday life information needs of urban teenegers. Part 1: Theoretical Model.     Journal of the American Society for Information Sciene and Technology.  Anis. 2015. Pengaruh Ketersediaan  Koleksi  Terhadap  Pemenuhan  Informasi  Di     Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Surkarta  Atikah. 2017. Kebutuhan Informasi Siswa dan Ketersediaannya di Perpustakaan    MAN 13 Jakarta. Jakarta  Ahyat. 2017. Pemenuhan Perilaku Penemuan Informasi Pada Siswa.  Universitas     Raden Patah. Palembang  Bagong, Suyanto dan Sutinah 2007. Metode Penelitian Sosial: Berbagai  Alternatif     Pendekatan. Jakarta: Kencana.  Batley, Sue. 2007. Information Architecture for Information  Professionals.  Oxford:     Chandos Publishing  Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuntitatif.  Jakarta: Prenadamedia  Darmono.2007 . Perpustakaan Sekolah Pendekatan Aspek Manajemen dan  Tata     Kerja. Grasindo. Jakarta.  Devadson, F.J. and Lingam, P . Pratap. (2006). A Methodology for the  Identification    of Information Needs of Users. 62nd  IFLA  General  Conference  –  Conference     Proceedings.  Evan, G Edward. Saponaro, Zarnosky Margaret. 2005 . Developing Library and     Information Center Collection. United States of America.  Faisal, Sanapaih 2005. Format-Format Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo    Pustaka.  Geneva. 2005 , IMAS Mine Risk Education  Best Practice Guidebook 2: Data    Collection and Needs Assements. United Nation.  Gregory, V.L. 2001, Collection  Development and Management for 21st Century     Library Collections: An Introduction,  Neal-Schuman  Publishers,     NewYork/London.  Har Singh & Preeti Mahajan Library Collection Assements: A Case Study of Two     Universities in the region of Punjabh, India. Panjabh University: Chandigarh    India.  Hales-Mabry, C. 1993. The world of The  Aging Information Needs and Choice.     Chicago:  American  Library  Assosiaation.  Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok  Materi Metodelogi Penelitian dan     Aplikasinnya.Bogor:  Ghalia  Indonesia   Husa’ada, Miftah.2017. Peranaan Perpustakaan SMA Plus Negri 17 Palembang    dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Informasi Pustaka.Palembang:  UIN     Raden Patah  Aprapti, Ida Ayu Gede. dkk .2017. Analisis  Kebutuhan Informasi Prngguns di     Perpustakaan  SMK  Negri  3  Denpasar. Denpasar  Jendela.data.kemdikbud.go.id.2018, Jenjang Pendidikan SMA Indonesia ( di akses    3 oktober 2018)  Jendela.data.kemdikbud.go.id. 2018, Jumlah kondisi perpustakaan SMA di    indonesia ( di akses 3 oktober 2018)  Lasa Hs.2007 .Manajemen Perpustakaan  Sekolah.  Yogyakarta: Pinus  Book    Publisher  M. Syaikhul. 2017. Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pemustaka. Surabaya:     Universitas Airlangga.  Masri Singarimbun & Sofyan Effendi,  1995. Metode Penelitian Survei, Edisi    Revisi,.Jakarta: PT. Pustaka LP3ES  Mediana, Rizka. 2017. Pemanfaatan  Sumber Informasi oleh Pemustaka di    Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah  Messner, Angelina. 2009. Need Assements and Analysis Methods University of    WisconsinStout.  Morissan. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta:  Kencan  Nurlaili. 2017. Pengaruh Ketersediaan Koleksi Terhadap Kunjungan  Pemustaka    di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Makasar. Makasar :  Univesitas     Islam Negri Alauddin.  Paramjeet K. Walia, Esmat Momeni.  Collectiom Development in Public  Library     and Information Sciene University of Delhi, Delhi, India  Pawit, M. Yusuf dan Subekti Priyo. 2010.  Teori  dan  Praktik  Penelusuran  Informasi     Information  Retrieval),  Jakarta: Kencana  Prabowo, Aan. 2015. `Analisis  Pemanfaatan Buku Elektronik (E-book) Oleh     Pemustaka di Perpustakaaan SMA Negri 1 Semarang. Semarang:  Universitas     Diponegoro.  Prastowo, Andi. 2012. Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional.  Jogjakarta:     Diva Press.  Pratama, Sandi. 2014. Analisis Kebutuhan  Siswa dan Ketersediaan Koleksi di     Pepustakaan Politeknik Pertanian  Negeri Pangkep. Makassar: Universitas    Islam Negeri Alauddin  Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian PR dan Komunikasi. Jakarata : PT. Raja    Grafindo Persada.  Samnurlita, Asrul dan Jaya,Saidin. 2016.  Ketersediaan Koleksi Buku Dalam     Meningkatkan  Minat  Kunjungan Siswa Di Perpustakaan  SMAN 1  Binongko.     Sulawesi Tenggara.  Santrock (2003) John W. Adolescene.  Perkembangan Remaja. Edisi Keenam.    Jakarta: Erlangga.  Setia, Henny. 2016. Kebutuhan Informasi dan Pemenuhan Kebutuhan akan  Informasi: Studi Kasus Remaja Kota  Sinagar, Dian . 2011. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Bandung:  Bejana   Sugiyono. 2012. Metode Penelitian dan Kuantitatif Kualitatif dan R&D.  Bandung:     Alfabeta.  Sukmawati. 2016. Analisis Relevansi Koleksi Perpustakaan dengan  Kebutuhan     Informasi MTs. Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya  Ogan     Ilir. Sumatera Selatan: Universitas Islam Raden Patah.  Surianti. 2017. Persepsi Siswa Tentang  Ketersediaan Koleksi Di Perpustakaan     Sma  Muhammadiyah  Kalosi  Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang.  Makasar:     Universitas Islam Negri Alauddin.  Syaifullah, Rian. 2018. Perilaku Penemuan  Informasi Murid SMA Sederajat    Dalam Menentukkan Studi Lanjut. Surabaya: Universitas Airlangga.  Talita. 2017. Ketersediaan Koleksi Perpustakaan SMA 3 Depok dalam    menumbuhkan minat baca. Perpustakaan Universitas Bunda  Mulia.  Jakarta     Utara  Todd, R., Kuhlthau, C. 2004. Ohio Confirms Libraries Play Major In  Student     Learning. Teachet-Librarianm vol.31  , Iss.4.  Yuli Astria. 2012. Pengembangan Koleksi  Perpustakaan  Untuk  Memenuhi     Kebutuhan Informasi Siswa Kelas X Di Sma Negeri 3. Semarang  





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 7 / No. : 2 / Pub. : 2019-02
  1. Privacy Concern Perlindungan Informasi Pribadi Pada Media Sosial Dikalangan Pengguna Usia Dewasa Di Kota Surabaya
  2. Analisa Paired Reading Antara Ibu Dan Anak Dalam Menumbuhkan Gemar Membaca Anak
  3. Peran Pustakawan Dan Perilaku Membaca Siswa-siswi Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Buduran Sidoarjo
  4. Partisipasi Pustakawan Dalam Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi (studi Kasus Pada Pustakawan Anggota Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (fppti) Jawa Timur)
  5. Kesenjangan Digtal Di Kalangan Pengelola Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (umkm) Surabaya
  6. Perilaku Penemuan Informasi Di Kalangan Pendaki Pemula Di Surabaya
  7. Kebutuhan Informasi Siswa Kelas X Sma Dr Soetomo Surabaya