UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 7 / No. 2 / Published : 2019-02

Order : 13, and page :1 - 13

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Peran pustakawan dan perilaku membaca siswa-siswi di sekolah menengah kejuruan negeri 3 buduran sidoarjo

Author :

  1. Amirul Mukminin Ahsanitaqwim*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Peran Pustakawan dan Perilaku Membaca Siswa- Siswi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pustakawan dan perilaku membaca siswa-siswi di SMKN 3 Buduran Sidoarjo. Penelitian  dilakukan  di  Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, karena ingin mengetahui bagaimana peran pustakawan dan perilaku membaca siswa-siswi di SMKN 3 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana. Penelitian ini dilakukan kepada 100 responden siswa- siswi SMKN 3 Buduran Sidoarjo. Fenomena yang terjadi saat ini adalah rendahnya minat baca di kalangan siswa- siswi Indonesia, khususnya siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan. Dalam penelitian   ini   memperoleh   data   bahwa peran  pustakawan  memiliki  tiga  (3) kategori  yaitu  dalam  promosi perpustakaan, responden siswa-siswi SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo mengetahui bahwa pustakawan melakukan pemberitahuan koleksi-koleksi baru di perpustakaan dan pemberian penghargaan untuk pemustaka dilakukan 2 kali dalam 1 tahun. Dalam koleksi perpustakaan, responden   siswa-siswi   SMK   Negeri   3 Buduran Sidoarjo sering menemukan koleksi-koleksi ter-update yang paling ditunggu dan sesuai dengan kebutuhan pemustaka. Dalam kerjasama pustakawan perpustakaan sekolah dengan kepala sekolah  dan  guru  mata  pelajaran, responden   siswa-siswi   SMK   Negeri   3 Buduran  Sidoarjo  memang  banyak  yang mengetahui bahwa Kepala Sekolah pernah menghimbau untuk memanfaatkan perpustakaan SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Selain itu, responden siswa-siswi SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo memang banyak   yang   mengetahui   bahwa   Guru Mata Pelajaran juga pernah menghimbau untuk memanfaatkan perpustakaan SMK Negeri  3  Buduran  Sidoarjo.  Selain  itu juga, responden siswa-siswi SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo memang banyak yang mengetahui bahwa Pustakawan Perpustakaan Sekolah pun juga pernah menghimbau untuk memanfaatkan perpustakaan SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Dalam perilaku membaca siswa- siswi, responden siswa-siswi SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo lebih sering membaca jenis bacaan novel di perpustakaan SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Sedangkan dalam genre buku, responden siswa-siswi SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo paling menyukai buku yang bergenre Pengetahuan. Dalam alasan memilih genre bacaan tersebut, responden siswa-siswi SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo lebih memilih beralasan Isinya Menarik. Dalam perilaku   membaca   berdasarkan   jumlah buku yang dibaca dan intensitas dalam membaca, responden siswa-siswi SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo adalah tipe Moderate Readers (Pembaca Agak Rutin) yaitu membaca 1 buku (dalam 1 bulan). Dalam perilaku membaca berdasarkan alokasi waktu untuk membaca, responden siswa-siswi SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo menghabiskan waktu Kurang dari 30 Menit untuk membaca buku setiap harinya.   Sedangkan,   responden   siswa- siswi SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo menghabiskan     waktu     Jarang     untuk membaca Majalah atau Koran setiap harinya.  Kata  kunci  :  Siswa-Siswi  SMK,  Peran Pustakawan, Perilaku Membaca    ABSTRACT This study is entitled Role of Librarians and Reading Behavior of Students in the State Vocational School 3 Buduran Sidoarjo. This study aims to find out how the role of librarians and reading behavior    of   students    in    Buduran    3 Vocational High School in Sidoarjo. The study was conducted in Sidoarjo Regency, East Java, because it wanted to know how the role of librarians and reading behavior of students in Buduran 3 Vocational High School in Sidoarjo. This research was conducted by descriptive quantitative method with a simple random sampling technique. This research was conducted on 100 respondents of students of Vocational School 3 Buduran Sidoarjo. The current phenomenon is the low interest in reading among Indonesian students, especially Vocational High School students. In this study obtained data that the role of librarians has three (3) categories, namely in the promotion of libraries, respondents students of Vocational School 3 Buduran Sidoarjo know that librarians notify new collections in the library and award awards for visitors is done two times in 1 year. In the library collection, respondents from the students of Vocational School 3 Buduran Sidoarjo often find the most awaited updated collections and  according to the needs of users. In the collaboration of the school library librarians and principals and subject teachers, there were indeed many respondents of the students of Vocational School 3 Buduran Sidoarjo who knew that the Principal  had  appealed to  utilize the library of Vocational School 3 Buduran Sidoarjo. In addition, there were many respondents  from  Vocational  School  3 Buduran Sidoarjo students who knew that Subject Teachers had also appealed to use the library of Vocational School 3 Buduran Sidoarjo. In addition, there were also many respondents  from  the  students  of Vocational  School  3  Buduran  Sidoarjo who knew that the School Library Librarians had also appealed to use the library of Vocational School 3 Buduran Sidoarjo. In students' reading behavior, the respondents of the students of Vocational School  3  Buduran  Sidoarjo  more  often read the types of novel reading in the library of Vocational School 3 Buduran Sidoarjo. Whereas, in the genre of books, respondents of students of Vocational School 3 Buduran Sidoarjo are most fond of books of the Knowledge genre. In the reason for choosing the reading genre, the respondents of the students of Vocational School   3   Buduran   Sidoarjo   prefer   to reason the contents are interesting. In reading behavior based on the number of books read and the intensity of reading, the respondents of the students of Vocational School 3 Buduran Sidoarjo are the type of Moderate  Readers,  which  is  reading  1 book (in 1 month). In reading behavior based on time allocation for reading, respondents of students of Vocational School 3 Buduran Sidoarjo spend less than  30 minutes reading a book every day. Meanwhile, respondents of Vocational School 3 Buduran Sidoarjo students spend less time to read magazines or newspapers every day.    Keywords: Vocational High School Students,  Librarion  Role,  Reading  Behavior 

Keyword :

perilaku membaca, peran pustakawan, amirul mukminin, ilmu informasi dan perpustakaan, fisip unair,


References :

Clark, Christina. Stephen Torsi dan Julia Strong. 2005. “Young people and reading: A school study conducted by the National Literacy Trust  for  the  reading  champion initiative”.  (http://www.literacytrust.org.uk/research/n lt_research/274_young_people_and_readin g)  Darmawan, Deni. Manajemen Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rodaskarya. 2016.    Sugiyono. (2013). Metode Penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta    Suroto. 2000. Media Pustakawan: Peranan Pustakawan dalam Upaya Memotivasi Siswa untuk Memamfaatkan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Deputi Pengkajian dan Pengembangan Informasi dan Komunikasi Badan  Informasi  dan  Komunikasi  Nasional.    Yaminfirooz, Mousa; Siamian, Hasan; Shahrabi, Afsaneh. 2013. Librarians Role In Development and Achievement of Central  Library  Users  Informations Literacy (a Case Study:  Iran) on journal Mater     Socio-medica     ed.2013     Dec; 25(4):238-241.  





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 7 / No. : 2 / Pub. : 2019-02
  1. Privacy Concern Perlindungan Informasi Pribadi Pada Media Sosial Dikalangan Pengguna Usia Dewasa Di Kota Surabaya
  2. Analisa Paired Reading Antara Ibu Dan Anak Dalam Menumbuhkan Gemar Membaca Anak
  3. Peran Pustakawan Dan Perilaku Membaca Siswa-siswi Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Buduran Sidoarjo
  4. Partisipasi Pustakawan Dalam Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi (studi Kasus Pada Pustakawan Anggota Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (fppti) Jawa Timur)
  5. Kesenjangan Digtal Di Kalangan Pengelola Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (umkm) Surabaya
  6. Perilaku Penemuan Informasi Di Kalangan Pendaki Pemula Di Surabaya
  7. Kebutuhan Informasi Siswa Kelas X Sma Dr Soetomo Surabaya