Jurnal Palimpsest
ISSN 2086-0994
Vol. 10 / No. 1 / Published : 2019-12
Order : 13, and page :1 - 13
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Analisis elemen epic pada promosi perpustakaan universitas airlangga surabaya melalui media sosial (instagram, facebook, twitter, line)
Author :
- Miqdah Mumtazah*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Dengan perkembangan teknologi internet yang sangat pesat saat ini membuat perpustakaan melakukan promosi tidak hanya melalui media massa. berbagai cara dilakukan oleh perpustakaan untuk menarik minat mahasiswa berkunjung ke perpustakaan sehingga segala bentuk layanan dan fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan dapat digunakan oleh mahasiswa, salah satunya promosi melalui media sosial. Saat ini media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Line sering digunakan oleh mahasiswa, sehingga untuk mempertahankan eksistensi perpustakaan diperlukan promosi perpustakaan melalui Instagram, Facebook, Twitter, dan Line. Untuk menghasilkan promosi melalui Instagram, Facebook, Twitter, dan Line lebih menarik diperlukan elemen dalam sebuah rumus yang disebut EPIC. Penelitian ini dilakukan kepada 100 responden yang berada di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah promosi melalui Instagram dengan menggunakan elemen EPIC pada elemen empathy/empati sebesar 3.49%, pada elemen persuation/persuasi sebesar 3.43%, pada elemen impact/dampak sebesar 3.43%, pada elemen communication/komunikasi sebesar 3.44%. Promosi melalui Facebook dengan menggunakan elemen EPIC pada elemen empathy/empati sebesar 2.79%, pada elemen persuation/persuasi sebesar 2.97%, pada elemen impact/dampak sebesar 2.88%, pada elemen communication/komunikasi sebesar 3.16%. Promosi melalui Twitter dengan menggunakan elemen EPIC pada elemen empathy/empati sebesar 2.7%, pada elemen persuation/persuasi sebesar 2.7%, pada elemen impact/dampak sebesar 2.88%, pada elemen communication/komunikasi sebesar 2.81%. Promosi melalui Line dengan menggunakan elemen EPIC pada elemen empathy/empati sebesar 2.7%, pada elemen persuation/persuasi sebesar 1.75%, pada elemen impact/dampak sebesar 1.57%, pada elemen communication/komunikasi sebesar 1.86%.
Keyword :
References :
Siddhi BP, Putranto IA,(2013) Pengaruh keterkaitan pada tampilan iklan layanan jejaring sosial (LINE) di televisi terhadap pemanfaatan LINE di ponsel pintar pada mahasiswa ilmu komunikasi FISIP UAJY angkatan 2010 1 : Jurnal UAJY
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 10 / No. : 1 / Pub. : 2019-12 |
|