UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Palimpsest

ISSN 2086-0994

Vol. 10 / No. 2 / Published : 2019-12

Order : 17, and page :1 - 17

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Pengaruh faktor personal dan faktor lingkungan terhadap intensitas berbagi melalui sosial media pada komunitas earth hour surabaya

Author :

  1. Fauziah Silvana Putri*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Aktivitas berbagi informasi di media sosial saat ini merupakan kegiatan yang sangat populer dilakukan oleh para individu di kalangan usia dewasa muda. Hal ini dapat terjadi karena adanya dukungan perkembangan teknologi seperti media sosial. Media sosial merupakan perkembangan teknologi yang dapat dimanfaatkan sebagai media komunikasi tanpa ada batasan jarak, ruang dan waktu. Fungsi media sosial saat ini juga telah berkembang sebagai salah satu media untuk mendapatkan dan berbagi informasi. Fitur berbagi pada aplikasi-aplikasi media sosial membuat setiap orang dengan mudah mendapatkan informasi serta dapat juga membagikan informasi tersebut untuk orang lain dengan cepat tanpa harus bertatap muka. Aktivitas berbagi informasi ini dalam media sosial ini tidak dapat terlepas dari dalam diri seseorang dan lingkungannya sekitarnya. Peneliti melakukan penelitian ini untuk mencari tahu adanya pengaruh antara faktor personal dan faktor lingkungan terhadap intensitas berbagi informasi melalui media sosial pada komunitas. Penelitian ini mengadopsi penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Kim, Lee dan Elias (2015), yang menunjukkan adanya pengaruh faktor personal dan lingkungan terhadap perilaku berbagi informasi, yang mana objek penelitiannya pada mahasiswa. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif dengan teknik pengumpulan sampel purposive sampling. Hasil temuan olah data dalam penelitian menunjukkan bahwa faktor personal dan faktor lingkungan secara bersama memiliki tingkat pengaruh sebesar 65,5% terhadap intensitas berbagi informasi melalui media sosial, yang mana dalam hasil nilai koefisisen determinasi menunjukkan bahwa faktor personal memiliki nilai pengaruh sebesar 65% dan faktor personal memiliki pengaruh 6.5% terhadap intensitas berbagi informasi, sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor personal dan faktor lingkungan memiliki pengaruh terhadap intensitas berbagi informasi di media sosial.

Keyword :

berbagi informasi, faktor personal, faktor lingkungan, intensitas berbagi informasi, media sosial,


References :

Lee, Jieun dan Ilyoo Hong,(2015) Predicting Positive User Responses To Social Media Advertising: The Roles Of Emotional Appeal, Informativeness, And Creativity Vol. 36, No. 3, Hal.360-373 : International Journal of Information Management





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 10 / No. : 2 / Pub. : 2019-12
  1. Dimensi Kualitas Ruang Perpustakaan Sma Swasta Di Kota Surabaya
  2. Strategi Knowledge Sharing Pada Pelatih Kalistenik Di Stellar Power House Surabaya
  3. Analisis Penerimaan Aplikasi Ruang Guru Sebagai Media Pemenuhan Informasi Kademik Siswa Sma Dii Kota Surabaya Ditinjau Dari Model Utaut2
  4. Makna Membaca Komik Conan Di Kalangan Anak Muda
  5. Pengaruh Faktor Personal Dan Faktor Lingkungan Terhadap Intensitas Berbagi Melalui Sosial Media Pada Komunitas Earth Hour Surabaya