Catalog :




Detail Article

Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi

ISSN 2301-7090

Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-12

TOC : 5, and page :163 - 168

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Kepercayaan organisasi pada karyawan kebun binatang surabaya

Author :

  1. Wildansyah Ahady Faza*1
  2. Dr. Seger Handoyo*2
  1. -
  2. -

Abstract :

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran kepercayaan organisasi pada karyawan Kebun Binatang Surabaya. Kepercayaan Organisasi merupakan kerelaan organisasi, berdasarkan pada budaya dan perilaku berkomunikasi dalam hubungan dan transaksi, untuk menjadi rentan terhadap individu, kelompok, atau organisasi lain atas dasar keyakinan bahwa mereka kompeten, terbuka dan jujur, peduli, reliabel, dan teridentifikasi dengan tujuan, norma, dan nilai  (Shockley-Zalabak dkk., 2000) Penelitian ini dilakukan di Kebun Binatang Surabaya. Subjek pada penelitian ini berjumlah 73 orang yang merupakan karyawan Kebun Binatang Surabaya. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner kepercayaan organisasi yang diadaptasi dari Shockley-Zalabak dkk. (2000) yang berjumlah 29 aitem. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 20.Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa sebanyak 82,19% subjek memiliki kepercayaan organisasi dalam kategori sedang. Sedangkan sisanya sebanyak 12,33% termasuk dalam kategori tinggi dan 5,48% termasuk  dalam kategori rendah. Dimensi dengan subjek dengan kategori tinggi paling banyak terdapat pada dimensi reliability. Dari hasil analisis aitem juga dapat diketahui bahwa karyawan memiliki tingkat kepercayaan yang cenderung lebih tinggi terhadap atasan langsungnya. Sedangkan dengan manajemen puncak karyawan cenderung memiliki kepercayaan organisasi yang lebih rendah.

Keyword :

kepercayaan organisasi, Kebun Binatang Surabaya,


References :

  1. Bungin, B, (2001). Metodologi Penelitian Sosial Format-format Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya : Airlangga University press


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-12
  1. The effect of shopping orientation toward online purchase intention of apparel product in online shopper
  2. Perbedaan penilaian tingkat kepentingan dimensi kualitas layanan ditinjau dari persepsi resiko (perceived risk) dan loyalitas pelanggan online shop di facebook
  3. The relation between organizational support and trait anxiety with performance pump it up speeder player in surabaya
  4. Makna kerja (meaning of work) suatu studi etnografi abdi dalem keraton ngayogyakarta hadiningrat daerah istimewa yogyakarta
  5. Kepercayaan organisasi pada karyawan kebun binatang surabaya
  6. Relationship between customer satisfaction with word of mouth for customer on beauty clinic london beauty centre
  7. The relationship between work engagement and work-family conflict on working women
  8. Hubungan antara keadilan distributif dengan perilaku kerja kontraproduktif pada sales pt. united indo surabaya dengan mengontrol leader member exchange (lmx)