Catalog :




Detail Article

Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi

ISSN 2301-7090

Vol. 8 / No. 2 / Published : 2019-06

TOC : 1, and page :1 - 10

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Pengaruh electronic word of mouth (ewom) terhadap intensi pembelian produk pakaian pada konsumen muda melalui media online

Author :

  1. Sabrina Puspa Gassany*1
  2. Fendy Suhariadi*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth atau eWOM terhadap intensi pembelian produk pakaian pada konsumen muda melalui media online. Electronic word of mouth adalah semua komunikasi informal yang diarahkan pada konsumen melalui teknologi berbasis Internet yang terkait dengan informasi mengenai penggunaan atau karakteristik barang dan jasa tertentu, atau penjual (Litvin, Goldsmith, & Pan, 2005). Sedangkan, intensi pembelian secara online adalah keinginan atau kemungkinan individu untuk melakukan pembelian melalui situs atau terlibatnya individu dalam sebuah transaksi secara online (Yoo & Donthu, 2001). Total responden sebanyak 126 dengan usia 15-20 tahun. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Electronic Word of Mouth Scale dan Purchase Intention Scale. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara electronic word of mouth dengan intensi pembelian secara online. Koefisien korelasi antara kesejahteraan psikologis dengan keterlibatan karyawan adalah sebesar 0,286 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 (p<0,05). Sehingga, jika electronic word of mouth meningkat, maka intensi pembelian secara online juga akan meningkat.

Keyword :

electronic word of mouth, intensi pembelian secara online, konsumen muda,


References :

  1. Wolny, J., & Mueller, C., (2013). Analysis of fashion consumers' motives to engage in electronic word-of-mouth communication through social media platforms.. 562-583 : Journal of Marketing Management


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 8 / No. : 2 / Pub. : 2019-06
  1. Pengaruh electronic word of mouth (ewom) terhadap intensi pembelian produk pakaian pada konsumen muda melalui media online
  2. Hubungan work value terhadap adaptabilitas karir pada mahasiswa tingkat akhir fakultas psikologi universitas airlangga
  3. Hubungan antara emotional labor dengan job performance pada divisi operation dan incoming aiesec jawa timur
  4. Hubungan antara kecerdasan emosional dengan resistensi terhadap perubahan pada karyawan pt. x
  5. Hubungan self-perceived employability dengan komitmen organisasi pada karyawan generasi y
  6. Hubungan job demands dengan presenteeism pada guru
  7. Pengaruh work life balance terhadap burnout pada perawat rumah sakit